Packing Baju, Cara Dan Tips Dari Pramugari Ini Bisa Kamu Praktekkan

Sudah terbiasa bepergian, tapi merasa belum menemukan cara yang tepat, efektif dan efisien untuk packing baju di tas, koper atau backpack kamu? Tenang, kamu bukan satu-satunya orang yang merasa demikian. Mengepak baju memang membutuhkan keterampilan khusus agar tidak membuat barang yang kamu bawa berantakan. Selain itu, mengetahui cara mengepak baju dengan tepat juga bisa membuat kamu memaksimalkan ruang yang ada di tas atau koper kamu.

Salah satu profesi yang mengharuskan memiliki pengetahuan mengenai cara packing baju di koper yang tepat adalah para pramugari dan pramugara. Secara konsisten, mereka melakukan perjalanan hampir di setiap saat dan harus membawa semua keperluan dalam tas atau koper mereka. Idealnya, karena sering melakukan perjalanan, mereka tahu cara mengepak baju secara efektif dan efisien. Jadi, tidak ada salahnya belajar dari mereka mengenai cara mengepak baju ke dalam tas atau koper, bukan begitu?

Di bawah ini adalah tips dan cara packing baju di koper atau tas dengan tujuan semua barang bawaan bisa tertata rapi, terorganisir dan tidak berantakan saat harus mengambil sesuatu di dalam tas!

1. Ketahui terlebih dahulu kebijakan maskapai terkait bagasi

Kebijakan setiap maskapai mengenai bagasi berbeda-beda. Bahkan dalam satu maskapai sekalipun, kebijakan terkait bagasi, baik itu berat maupun dimensi bisa sangat variatif. Tentunya akan sia-sia jika kamu bisa mengepak baju secara efektif dan efisien, namun bobot atau dimensi bagasi kamu terlalu besar dan berat untuk masuk ke dalam pesawat.

Karena itu, periksa kembali kebijakan bagasi maskapai yang ingin kamu naiki. Khusus untuk maskapai budget, aturan mengenai bagasi biasanya jauh lebih ketat. Pahami kebijakan mereka, ya!

2. Tempatkan barang yang berat di bagian paling bawah

Barang-barang yang jarang dipakai dan memiliki bobot berat sudah seharusnya diletakkan di posisi paling dasar, seperti sepatu boot, jaket tebal atau yang lainnya. Jika diposisikan tidak di paling bawah, ada kemungkinan bisa menimpa barang lain, seperti pakaian, yang pastinya akan membuat baju menjadi kusut. Kamu tidak ingin hal semacam ini terjadi, kan?

Cara lain, kamu tidak perlu menyimpan barang-barang tersebut di dalam koper atau tas. Kamu bisa mengenakan sepatu boots atau jaket kamu untuk menghemat tempat.

3. Packing baju terbaik, maksimalkan semua ruang!

Cara terbaik dalam mengepak baju ke dalam koper adalah dengan memaksimalkan ruang yang ada di dalamnya. Jika kamu berencana untuk memasukkan sepatu di dalam koper, kamu bisa mengisi ruang kosong di dalam sepatu dengan barang-barang lainnya, seperti kaos kaki, dalaman, botol parfum kecil, jam tangan dan banyak lagi lainnya. Khusus untuk ikat pinggang, cara terbaik untuk memasukkannya ke dalam tas bawaan adalah dengan tetap membiarkannya terkulai, tidak dalam posisi tergulung karena hal tersebut pastinya menyita ruang.

4. Menempatkan barang bawaan secara vertikal

Menempatkan barang secara vertikal memungkinkan kamu bisa mendapatkan ruang ekstra di bagian atas. Meskipun tidak besar, ruang ini cukup untuk barang-barang berukuran kecil, seperti shampo, sabun dan peralatan toilet lainnya.

Tips yang harus diikuti adalah dengan memasukkan peralatan toilet tersebut dalam kantung khusus. Hal ini harus dilakukan untuk meminimalkan kemungkinan peralatan itu bocor, sehingga tidak merusak bawaan lainnya.

5. Rencanakan secara seksama barang bawaan kamu

Penting sekali untuk merencanakan secara matang barang yang akan kamu bawa sebelum packing baju. Jika perlu, hamparkan semua barang bawaan sebelum memasukkannya ke koper atau tas. Biasanya kamu bisa melakukan sortir barang kembali sebelum mengambil keputusan final terkait barang yang akan dimasukkan.

Tipsnya, kamu bisa membuat perencanaan baju yang akan dipakai di setiap hari, dan mengepaknya secara khusus per hari. Dengan demikian, kamu tidak perlu membongkar seluruh isi tas untuk mengenakan baju yang akan digunakan.

6. Siapkan ruang khusus untuk tempat baju kotor

Jangan sampai lupa menyiapkan dan membawa tas khusus untuk tempat baju kotor, agar tidak tercampur di dalam koper kamu.

7. Packing baju dengan menggulung baju

Untuk bisa menghemat ruang, kamu bisa menggulung baju untuk membuat ruang kosong yang lebih banyak untuk barang lainnya.

8. Memiliki traveling bag untuk packing baju bisa sangat membantu

Ya, ada banyak traveling bag organizer yang dijual di pasaran yang bisa sangat membantu untuk membuat barang bawaan kamu lebih tertata di dalam koper atau tas. Harganya pun bisa dikatakan sangat terjangkau. Salah satunya dari Uniso dalam produk Uniso 6-in-1 Travelling Bag Organizer Pouch, yang tidak hanya cantik dan praktis, tapi juga sangat berguna.

CEK HARGA DI SHOPEE

Baca juga: Kehilangan Bagasi, Ini Tujuh Cara Menghindari Kemungkinan Terburuk Tersebut!

Jadi, sudah tahu cara packing baju yang efektif dan efisien, bukan? Semoga tips dan petunjuk yang dibagi oleh para pramugari ini bisa membantu kamu, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru