Panduan Membuat e-Visa India Bagi WNI

Siapa yang memiliki keinginan jalan-jalan ke India? Melihat Taj Mahal, mengunjungi Bollywood, menyantap kari khas India yang terkenal itu, langsung di negara yang terkenal dengan Sungai Gangga ini?

Well, jika kamu tertarik berkunjung ke negara ini, alangkah lebih baik membuat e-visa India terlebih dahulu. Tidak perlu berpikir mahal, ribet dan memakan waktu panjang karena semuanya bisa diajukan dengan mudah, murah dan cepat.

Image credit: Rajesh Vijayarajan

Bahkan, pada Mei lalu, pemerintah India memberikan fasilitas bebas visa untuk WNI untuk kunjungan wisata hingga 30 hari. Kesepakatan ini merupakan hasil penting dari kunjungan kerja pertama PM Modi ke Indonesia dan diharapkan mampu mempererat hubungan Indonesia dan India yang telah dibangun sejak tahun 1950.

Baca juga: Indonesia Kini Bebas Visa Ke India

Meski mendapat fasilitas bebas visa, kamu tetap harus memegang surat izin untuk tinggal sementara di India tersebut. Untuk membuat e-visa India juga tidak sulit kok, dan keuntungan yang didapatkan juga jauh lebih banyak. Misalnya, jika mengajukan permohonan melalui Konsulat Jenderal India, kamu akan mendapatkan fasilitas bebas visa 30 hari. Namun bila membuat e-visa India, kamu bisa mendapatkan durasi tinggal yang lebih panjang hingga 60 hari.

Namun begitu, e-Visa ini bisa berlaku dengan durasi maksimal apabila kamu melewati 25 bandara dan lima pelabuhan yang sudah ditunjuk, yaitu Ahmedabad, Amritsar, Bagdogra, Cochin, Calicut, Chennai, Chandigarh, Coimbatore, Delhi, Goa, Guwahati, Gaya Hyderabad, Jaipur, Kolkata, Lucknow, Mangalore, Mumbai, Nagpur, Pune, Trivandrum, Tiruchirapalli, Bengaluru, Vishakhapatnam, dan Varanasi. Sedangkan lima pelabuhannya antara lain Cochin, Chennai, Goa, Mangalore, dan Mumbai.

Dokumen Yang Dibutuhkan Untuk Membuat e-Visa India

Seperti halnya prosedur membuat visa ke negara lain, membuat e-Visa India juga harus menyertakan sejumlah dokumen pendukung untuk melengkapi semua persyaratan yang ada. Dokumen yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak dan ribet, lho!

Ada pun dokumen yang dibutuhkan tersebut antara lain:

  1. Foto 5×5 dengan latar belakang berwarna putih dalam bentuk file .jpg/jpeg dengan ukuran tidak lebih dari 1 MB
  2. Hasil pemindaian halaman bio data paspor, yang menunjukkan foto dan informasi detail pemohon pada paspor yang masih berlaku, minimal enam bulan. Pemindaian dipindai dalam format .pdf dengan ukuran maksimal 300 KB
  3. Hasil pemindaian tiket pesawat pulang-pergi dalam bentuk .pdf dengan ukuran maksimal 300 KB
  4. Itinerary perjalanan selama berada di India

Langkah Membuat e-Visa India

Berbekal dokumen yang sudah disiapkan, kamu tinggal mempersiapkan komputer dengan koneksi yang cukup stabil untuk melakukan pendaftaran secara online. Langkah-langkahnya bisa kamu lihat di bawah ini, ya!

  1. Masuklah ke laman https://indianvisaonline.gov.in/evisa/tvoa.html untuk melengkapi data yang diperlukan.
  2. Setelahnya, kamu akan mendapatkan nomor Temporary Application ID (warnanya merah cerah). Catat dan simpan nomor tersebut, karena sangat penting dalam melengkapi data di tahap selanjutnya.
  3. Kamu harus mengisi data penunjang, mulai dari unggah foto, hasil pemindaian paspor, data diri sendiri, data diri ayah dan ibu, dan data lain yang dibutuhkan. Isi dengan data yang benar dan jelas, ya!
  4. Mengisi data referensi orang di India yang kamu kenal. Jika kamu datang dengan undangan, masukkan nama, alamat dan nomor kontak yang bisa dihubungi dari pihak yang mengundang. Jika datang sendiri, kamu bisa menuliskan nama, alamat, dan nomor telepon hotel tempat menginap.
  5. Pastikan semua data dan pertanyaan sudah diisi dengan benar sebelum mengklik confirm. Setelah semua data dilengkapi, kamu tinggal menunggu kabar melalui email. Normalnya, kurang dari 24 jam, kamu akan mendapatkan jawaban atas permohonan e-visa kamu.
Taj Mahal yang fenomenal

Baca juga: Panduan Membuat E-Paspor Dengan Mudah

Dengan Taj Mahal di Agra, Benteng Merah di Delhi dan Pink City di Jaipur yang begitu memesona, dan kemudahan mendapatkan visa, apakah kamu tertarik jalan-jalan ke India dalam waktu dekat?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru