Penerbangan Internasional Ke Arab Saudi Kembali Dibuka Pada 17 Mei

Otoritas Umum Penerbangan Sipil Arab Saudi (GACA) mengumumkan bahwa mulai 17 Mei 2021 akan membuka kembali jalur penerbangan internasional dari dan ke luar negeri, sekaligus mengembalikan operasional bandara di seluruh kerajaan.

Dilaporkan Saudi Gazette, Jumat (12/3), GACA telah menginformasikan kepada semua maskapai yang beroperasi di bandara Saudi mengenai perubahan waktu keberangkatan, yang membolehkan warga negara Saudi untuk bepergian ke luar negeri. Secara resmi, penerbangan internasional dari dan ke Arab Saudi akan kembali dibuka efektif pada pukul 1.00 dinihari WIB pada 17 Mei 2021.

Sebelumnya GACA sempat membuka pintu penerbangan internasional pada 12 Januari lalu sebelum kemudian melakukan penundaan dan penutupan layanan hingga 31 Maret 2021. Pintu perbatasan laut, darat dan udara juga ditutup oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi setelah munculnya kasus virus Covid-19 varian baru di sejumlah negara.

Selain itu, alasan lain pemerintah Kerajaan Arab Saudi memperpanjang masa penutupan wilayah adalah keterlambatan datangnya pasokan vaksin Covid-19.

Dalam keterangan lanjutan, otoritas penerbangan sipil Arab Saudi tersebut menekankan pentingnya semua pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dan langkah pencegahan serta instruksi yang jelas untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19 di wilayah Kerajaan Arab Saudi.

Selain itu, otoritas pemerintah Kerajaan Arab Saudi juga tidak mengizinkan semua warga negara asing masuk ke wilayahnya. Komite penanganan Covid-19 di Arab Saudi masih akan menentukan negara yang warganya diizinkan atau dilarang masuk, mempertimbangkan bagaimana penanganan pandemi Covid-19 di negara tersebut masuk dalam kategori terkendali atau tidak.

Kebijakan untuk membuka kembali penerbangan internasional ke Arab Saudi ikut membuka peluang untuk kembali digelarnya ibadah umrah dan haji di tahun 2021 ini, mengingat sebelumnya penyelenggaraan ibadah tersebut sempat ditunda untuk sementara waktu. Namun demikian, belum ada keterangan resmi dikeluarkan Kementerian Haji dan Umrah mengenai hal tersebut.

Baca juga: Sempat Dihentikan, Visa Turis Arab Saudi Diterbitkan Lagi Mulai 2021

Bagi yang sudah tidak sabar untuk bisa segera ke Arab Saudi, baik untuk wisata, umrah maupun haji, untuk sementara harus bersabar dulu dan menunggu vaksin Covid-19 agar bisa lebih aman dalam bepergian.


Image credit: Amien Taryamin

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru