Perbatasan Kembali Dibuka, India Akan Gratiskan 500,000 Visa Turis

Pintu perbatasan India sudah kembali dibuka sejak Senin lalu dan pemerintah setempat telah mengizinkan turis internasional masuk ke wilayahnya dengan menggunakan pesawat komersil. Namun, ada syarat wajib yang harus dipenuhi oleh turis asing yang ingin berwisata, yaitu wajib telah dua kali mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

Kementerian Kesehatan India dalam keterangannya menjelaskan, seperti dikutip Associated Press, turis yang berkunjung ke India, selain sudah menjalani vaksinasi Covid-19 secara lengkap, juga harus mengikuti semua protokol kesehatan yang disyaratkan. Selain itu, mereka juga wajib menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 72 jam sebelum perjalanan dilakukan.

Turis dari sejumlah negara juga masih harus kembali menjalani tes Covid-19 setibanya di bandara. Namun, beberapa negara yang sudah menjalin kesepakatan dengan India terkait sertifikat vaksin yang sudah disepakati, seperti Amerika Serikat, Inggris Raya dan sejumlah negara Uni Eropa, bisa langsung meninggalkan bandara tanpa harus menjalani tes Covid-19 di tempat, tentunya dengan terlebih dahulu memenuhi ketentuan umum yang sudah disyaratkan.

Dengan pintu perbatasan kembali dibuka, pemerintah India juga berencana memberikan stimulus untuk membawa turis asing masuk ke wilayahnya. Rencananya, mulai Maret 2022 mendatang, pemerintah akan menerbitkan 500,000 visa gratis, dengan harapan bisa meningkatkan perekonomian dari sektor pariwisata, yang sangat terpukul karena pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir.

Sebelumnya, pemerintah India sudah melakukan penutupan perbatasan dan lockdown ketat di wilayahnya sejak Maret 2020. Namun, India masih menjadi salah satu negara yang tercatat paling banyak memiliki kasus positif Covid-19, hingga mencapai lebih dari 35 juta kasus. Saat ini kasus aktif masih mencapai 134 ribu kasus, tercatat sebagai kasus terendah dalam 17 bulan terakhir, meski kasus harian masih mencapai 10,000 kasus per bulan.

Meski sudah melakukan penutupan dan lockdown ketat, setidaknya masih ada sekitar 3 juta turis luar negeri yang mengunjungi India di tahun 2020. Angka tersebut turun 75% dibanding 2019.

Pemerintah India juga sudah melakukan program vaksinasi Covid-19 dengan 79% orang dewasa di India sudah mendapatkan suntikan pertama dan 38% sudah sepenuhnya menjalani vaksinasi lengkap.

Baca juga: India Membuka Pintu Wisata Mulai 15 November, Siapa Mau Pergi?

Siapa mau jalan-jalan ke India?

 

 

Preview image credit: Ravi N Jha | Unsplash

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru