Viral Perbedaan Bumbu Indomie Goreng di Pulau Jawa dan Luar Jawa

Jika membayangkan soal mie instan mungkin banyak dari kita yang langsung teringat dengan mereka Indomie. Salah satu mie instan legendaris ini bahkan seringkali jadi penyelamat anak kos dan orang-orang di akhir bulan karena siapapun bisa makan enak dengan harga murah. Apalagi bumbu Indomie goreng yang khas ini sangat bersahabat di lidah orang Indonesia. Namun sejak lama seringkali terdengar adanya perbedaan pada bumbu Indomie goreng yang ada di Pulau Jawa dan luar Jawa. Apakah hal ini benar terjadi?

Beberapa waktu lalu jagat dunia maya dihebohkan dengan beberapa postingan dari pengguna Twitter dan TikTok yang membandingkan antara Indomie goreng yang diproduksi di Pulau Jawa dan di luar Pulau Jawa. Terlihat jelas perbedaan antara kemasan, ukuran, dan bumbu pada keduanya. Namun yang paling menarik perhatian adalah bahwa kabar perbedaan bumbu itu ternyata memang ada dan terlihat sangat jelas. Tak sedikit pula yang merasa terkejut dengan hal ini.

Pulau Jawa dan Pulau Sumatera

Seorang warganet bernama Tria dengan nama akun Twitter @trialogy ini membagikan foto perbedaan kedunya hingga menjadi viral dengan mendapat respon dari warganet lainnya sebanyak 1.800 komentar dan disukai lebih dari 28 ribu.

Terlihat Indomie goreng yang dijual di Pulau Jawa ini memiliki bumbu berupa bumbu bubuk, bawang goreng, minyak, kecap, dan saus. Sedangkan Indomie goreng yang dijual di Pulau Sumatera ini tidak memiliki saus dan bawang goreng melainkan digantik dengan bubuk cabai.

Selain Tria, pengguna TikTok bernama Erwin Putra @erwinptr juga turut membagikan video perbedaan keduanya tepatnya Indomie goreng di Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera, khususnya Palembang. Tak hanya memperlihatkan perbedaan pada kedua bumbunya, ia pun juga memasaknya dan mencicipi untuk merasakan perbedaan rasa.

Nah setelah gue cobain dari kedua mi goreng ini, itu sebetulnya mirip-mirip. Ya iyalah namanya juga Indomie goreng. Cuma menurut gue enak yang dari Pulau Jawa guys. Karna menurut gue lebih gurih aja dan terbiasa makan yang dari Pulau Jawa ini,” ungkapnya.

@erwinptrdikirain gua selama ini, indomie di seluruh indonesia sama aja😌♬ Squidville – EJ!

Pulau Jawa dan Pulau Kalimantan

Selain di Pulau Sumatera, perbedaan bumbu Indomie goreng ini juga terjadi di Pulau Kalimantan, tepatnya Banjarmasin. Hal ini terlihat dari unggahan pengguna TikTok bernama Inggrid Rya dengan akun @extraordinarygirlll. Sama dengan Pulau Sumatera, bumbu Indomie goreng di Kalimantan terdiri dari bumbu bubuk, kecap, minyak, dan bubuk cabai yang berarti tidak ada saus dan bawang goreng.

Selain bumbu perbedaan terlihat dari berat dan jumlah kalori keduanya. Indomie goreng dari Pulau Jawa memiliki  total berat 85 gram dan 350 kalori. Sedangkan dari Pulau Kalimantan memiliki total berat 80 gram dan 380 kalori.

@extraordinarygirlllAku sih pilih yang…. #indomie #indomiegoreng #part2 #drama #tiktokviral #tiktokindonesia #fyp #fypシ #foryou #fypchallenge♬ original sound – Inggrid Rya

Setelah melakukan review, ia juga memasaknya dan terlihat bahwa Indomie goreng dari Banjarmasin ini terlihat berwarna lebih gelap.

Aku sih cabe bubuk,” ungkapnya di akhir video yang menandakan bahwa ia lebih menyukai Indomie goreng dari Banjarmasin.

Perbedaan Indomie goreng di Malaysia

Menariknya perbedaan Indomie goreng tidak hanya terjadi di Indonesia saja melainkan juga terjadi di negara tetangga kita, Malaysia. Salah satu warganet bernama Kamal Firmansyah @mal_firmansyah ini mengaku bahwa terdapat dua varian berbeda dalam satu rasa Indomie goreng.

Baca juga: Bukan Kedelai, Tempe Ini Mendadak Viral Karena Dibuat Dari Indomie

Ternyata mie instan kesukaan orang Indonesia dan legendaris ini memiliki perbedaan bumbu pada varian rasa Indomie goreng yang dijual di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa. Apakah kamu sudah mencoba keduanya? Mana yang lebih kamu sukai?


Preview image credit: @trialogy | Twitter

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru