Bukan Kedelai, Tempe Ini Mendadak Viral Karena Dibuat Dari Indomie

Tempe merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang banyak dikonsumsi sebagai lauk makan sehari-hari. Selain murah dan mudah ditemukan, makanan berbahan dasar kedelai ini juga memiliki kaya akan vitamin baik untuk tubuh. Namun belum lama ini dunia maya kembali dihebohkan dengan postingan dari Instagram Indonesian Tempe Movement @tempemovement yang berhasil melakukan inovasi membuat tempe dari Indomie, salah satu merek mie instan.

Seorang ilmuwan pangan sekaligus pendiri Tempe Movement bernama Dr. Driando Ahnan-Winarno lah yang berhasil menciptakan tempe berbahan dasar selain kedelai melainkan mie instan. Bahkan tempe ini tampilannya seperti tempe biasa yang dibalut oleh daun pisang dan mie instan berhasil berfermentasi dengan baik.

“Workshop sukses fermentasi tempe mie instan oleh @driando & @widawinarno untuk merangsang inovasi dengan menyadari bahwa kamu bisa bermain dengan banyak bahan! Kami berharap ini akan menciptakan inovasi baru di masa mendatang berikutnya: membuat tempe menggunakan kacang lokal?,” tulis akun @tempemovement yang sudah diartikan ke dalam Bahasa Indonesia.

Tempe dari Indomie

Walaupun tempe ini dibuat bukan dari bahan aslinya, tapi rasa dari resep tempe mie instan ini tak kalah lezat. Akun @tempemovement juga menyarankan untuk mencelupkan bumbu mie instan ke dalam potongan tempe mie sebelum digoreng sehingga rasanya lebih maksimal.

Untuk nutrisi, mereka menjelaskan bahwa manfaat fermentasi tempe biasanya menaikkan kadar protein, memunculkan vitamin-vitaminB, dan membuat nutrisi lebih mudah dicerna secara umum. Walaupun begitu, mereka juga menambahkan bahwa nutrisi tempe mie inovasi mereka ini belum diteliti langsung kandungannya.

Tentu saja inovasi terbaru akan menjadi terobosan besar bagi siapapun yang rindu dan ingin makan tempe namun terhalang oleh adanya bahan baku kedelai. Apalagi harga mie instan cukup murah dan mudah didapatkan sehingga dapat dicoba oleh banyak orang tak terkecuali para Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di luar negeri.


Karena inovasi yang unik, postingan dari akun @tempemovement ini banyak dibagikan oleh netizen dan topik perbincangan hangat. Tak sedikit pula netizen mengomentari postingan ini dengan rasa penasaran hingga kagum.

“Waw! Keren bgt ini inovasinya, gapernah kepikiran Indomie tempeh,” tulis akun @dekkuliner.

“Uwooow. Kak Benny aku mau resepnya dong!,” tulis akun @kefirlime.

“Coba tempe edamame min,” tulis akun @faridfarochi.

Baca juga: Chef di Australia Buat Macaroon dari Indomie Goreng

Dengan adanya inovasi yang cukup unik ini, apakah kamu tertarik untuk mencoba membuat sendiri? Tempe dari mie instan atau Indomie ini tentu saja cocok untuk kamu yang merupakan anak kos atau sedang merantau di luar negeri yang sulit mendapatkan tempe.

 

All image credit: Akun resmi Instagram Indonesian Tempe Movement

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru