11 Perlengkapan Camping Yang Wajib Kamu Bawa

Camping bisa dikatakan sebagai cara berlibur paling hemat untuk menikmati pemandangan alam yang asri. Tak perlu banyak menguras dompet seperti staycation di hotel, kamu bisa merasakan sensasi serunya menginap di tengah alam seperti hutan dan pantai yang indah. Bahkan kegiatan ini bisa menjadi hal seru sekaligus edukasi untuk orangtua mengajarkan alam kepada si kecil. Perlengkapan camping

Hal penting yang harus dilakukan sebelum memulainya adalah menyiapkan perlengkapan agar dapat menikmati camping secara maksimal. Walaupun sedikit repot, tapi hal inilah yang membuat pengalaman camping semakin terasa mengasyikkan. Bahkan kini perlengkapan camping sangat mudah didapatkan di situs jual beli online dengan banyak pilihan dan harga yang ramah di kantong.

1. Tenda dan matras

Perlengkapan camping - Tenda dan matras
Image credit: Dave Hoefler

Yang membedakan camping dengan piknik adalah camping biasanya menginap, sedangkan piknik hanya beberapa jam saja dan tidak menginap. Jadi, salah satu perlengkapan yang wajib dipersiapkan adalah tenda untuk kamu beristirahat malam. Ada banyak jenis dan ukuran tenda yang bisa kamu pilih, namun kini tenda dome lebih banyak diminati karena lebih terjangkau, mudah dibawa dan didirikan. Tenda ini bisa menampung hingga 3 orang sekaligus sehingga cocok untuk rombongan keluarga atau teman.

Selain tenda, kamu juga harus membawa matras untuk alas tidur di dalam tenda sehingga melindungimu dari tanah. Selain itu, matras juga mudah digelar di luar tenda untuk kamu duduk-duduk santai, berkumpul, masak, hingga makan.

Beli tenda di Shopee
Beli matras di Shopee
Beli alas tenda matras foil di Shopee

2. Hammock

Perlengkapan camping - Hammock
Image credit: Daniel Thiele

Rasanya akan terasa kurang jika camping tidak memasang hammock. Tempat tidur gantung ini akan membiarkanmu melepas rasa lelah dan menikmati waktu santai sambil memandangi sekitar di bawah pohon rindang. Selain sangat ringan dan mudah dibawa, hammock juga cepat kering jika terkena air sehingga sangat nyaman digunakan.

Harga: 103,000 IDR
Beli hammock di Shopee

3. Perlengkapan masak dan makan

Perlengkapan camping - Perlengkapan masak dan makan
Image credit: Sage Friedman

Karena camping biasanya di ruang terbuka hijau atau pantai, maka akan cukup sulit untuk mencari penjual makanan. Selain itu sensasi camping akan lebih terasa jika kamu masak sendiri dengan stok makanan yang sudah kamu bawa. Perlengkapan masak dan makan yang harus kamu bawa adalah kompor kecil dan tabung gas portabel, panci kecil, piring, gelas, sendok, garpu, hingga pisau.

Beli kompor portabel bulat di Shopee
Beli kompor portabel kotak di Shopee
Beli tabung gas portabel di Shopee
Beli set panci, piring, dan gelas di Shopee
Beli set pisau, sendok, dan garpu lipat di Shopee

4. Alat panggang atau grill mini

Image credit: Izzy Jiang

Yang satu ini memang tidak wajib, namun jika kamu ingin merasakan sensasi lebih menikmati alam sambil panggang makanan kesukaanmu maka kamu bisa membawa alat panggang atau grill mini yang kini banyak dijual.

Ada dua jenis alat panggang yang bisa kamu pilih. Pertama, grill pan yang bisa ditaruh di atas kompor dan kamu bisa memasaknya di atas grill pan. Kedua, pemanggang portabel isi arang untuk membakar sate atau jagung bakar. Tak perlu repot, keduanya memiliki bentuk yang ringkas dan mudah dibawa kemanapun.

Beli grill pan bulat di Shopee
Beli grill pan persegi panjang di Shopee
Beli pemanggan portabel sate atau jagung bakar di Shopee

5. Sleeping bag atau kantung tidur

Perlengkapan camping - Sleeping bag
Image credit: Felix M. Dorn

Ketika malam tiba, maka kamu akan tidur di dalam tenda. Namun agar tidurmu semakin nyaman, maka pakailah sleeping bag atau kantung tidur yang berfungsi sebagai alas sekaligus selimut. Walaupun bentuknya yang kecil, namun ketika sleeping bag dibuka makan berubah menjadi besar dan sangat bermanfaat melindungi tubuhmu dari udara dingin. Apalagi kini sleeping bag semakin berinovasi dengan memiliki bantal kecil yang jadi alas kepalamu.

Harga: 120,250 IDR
Beli sleeping bag di Shopee

6. Senter, headlamp, dan lampu emergency

Perlengkapan camping - Senter, headlamp, dan lampu emergency
Image credit: Rahul Bhosale

Listrik dan pencahayaan merupakan hal yang seringkali sulit didapatkan ketika camping. Walaupun senter dari smartphone bisa membantu menerangi saat malam, namun itu saja tidak cukup. Kamu setidaknya harus membawa senter untuk berjalan-jalan saat malam, headlamp untuk digunakan di kepala saat beraktivitas, dan lampu emergency untuk digunakan di dalam tenda.

Beli senter di Shopee
Beli headlamp di Shopee
Beli lampu emergency lipat di Shopee

7. Jas hujan

Perlengkapan camping - Jas hujan
Image credit: Alesia Kazantceva

Seperti kata pepatah sedia payung sebelum hujan, kamu harus menyiapkan pelindungmu ketika hujan tiba-tiba turun. Karena payung tidak cukup praktis, maka gunakanlah jas hujan yang memudahkanmu bergerak. Pastikan taruh jas hujan di tempat yang paling mudah dijangkau karena cuaca di alam sulit diprediksi dan tidak tahu kapan datangnya hujan.

Harga: 119,000 IDR
Beli jas hujan di Shopee

8. Tisu

Perlengkapan camping - Tisu
Image credit: Towfiqu Barbhuiya

Kemanapun liburannya, tisu adalah barang penting yang harus kamu bawa. Ada dua jenis tisu yaitu kering dan basah. Untuk tisu kering bisa digunakan untuk membersihkan, mengeringkan alat masak, serta meniriskan minyak dari makanan setelah digoreng. Sedangkan tisu basah juga sangat diperlukan sebagai pembersih tubuh hingga saat harus buang air darurat ketika jauh dari sumber air.

Beli tisu kering di Shopee
Beli tisu basah di Shopee

9. Trash bag atau kantung sampah

Perlengkapan camping - Trash bag
Image credit: Jeremy Bezanger

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan meninggalkan sampah di area camping apalagi sampai sampah berceceran. Jaga alammu dengan membersihkan sampahmu, memasukkannya ke dalam trash bag atau kantung sampah, dan menaruhnya di tempat pembuangan sampah yang tersedia. Selain untuk sampah, trash bag ini juga bisa digunakan untuk baju kotor dan baju yang basah.

Harga: 8,245 IDR
Beli trash bag di Shopee

10. Obat-obatan

Perlengkapan camping - Obat-obatan
Image credit: Kristine Wook

Camping di alam terbuka seru tapi terkadang juga bisa mengakibtakna lecet jika tidak berhati-hati. Jadi, pastikan kamu menyiapkan obat-obatan untuk sebagai pertolongan pertama mengingat di sana jauh dari rumah sakit. Jika bingung apa yang harus kamu persiapkan, kamu bisa membawa paket lengkap P3K yang terdiri dari obat merah, plester, gunting, dan lainnya.

Harga: 22,500
Beli perlengkapan P3K di Shopee

11. Pisau lipat dan sekop

Perlengkapan camping - Pisau lipat dan sekop
Image credit: Jonathan Kemper

Perlengkapan lainnya yang serbaguna digunakan di luar ruangan adalah pisau lipat dan sekop. Pisau lipat atau saku bisa digunakan untuk memotong tali dan lainnya. Sedangkan sekop digunakan untuk menggali lubang dan membenturkan pasak tenda. Jadi, pastikan kamu membawanya karena alat-alat ini mudah dan ringkas untuk dimasukkan ke dalam tasmu.

Beli pisau lipat di Shopee
Beli sekop dan cangkul lipat di Shopee

Baca juga: 12 Tempat Camping Di Malang Yang Seru Dan Luar Biasa Indah

Walaupun cukup banyak yang diperlukan untuk camping, namun perlengkapan ini akan memudahkanmu liburan di tengah alam terbuka. Selain membuat liburanmu menjadi lebih seru, kamu bisa menikmati healing dengan menyegarkan pikiran dan tubuhmu dari rasa suntuk dari aktivitas sehari-hari.

 


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

 

Preview image credit: Vhince Benedict Chiu

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru