Pernah Terkena Covid-19, Liburan Ke Islandia Tidak Perlu Karantina

Jika ingin liburan ke luar negeri, Islandia bisa menjadi negara yang menarik untuk dikunjungi. Selain alamnya yang indah, budaya yang keren dan warganya yang bersahabat, Islandia juga memiliki aturan tidak mengharuskan karantina, khusus untuk traveler yang pernah terkena Covid-19 dan bisa sembuh atau pulih.

Dilaporkan CNN, Islandia menerapkan aturan karantina selama 14 hari bagi warga negara asing yang datang dari luar negeri, seperti halnya negara lain. Opsi lainnya, warga asing tersebut bisa melakukan karantina mandiri selama lima hari dengan catatan bersedia melakukan dua kali tes Covid-19 dalam periode waktu tertentu.

Namun, mulai 10 Desember 2020, traveler yang pernah terkena Covid-19 dan bisa pulih atau sembuh, dan bisa membuktikan infeksi yang dialaminya, bisa datang ke Islandia dan tidak perlu melakukan karantina.

Bukti pernah tertular Covid-19 bisa didapatkan dari laboratorium yang berada di Kawasan Ekonomi Eropa atau kawasan Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa, atau dari kepala epidemiologis Islandia.

Kebijakan baru yang diterapkan Islandia tersebut dilatarbelakangi hasil penelitian yang dilakukan para ahli, yang menyebutkan bahwa mereka yang pernah tertular Covid-19, sangat kecil peluangnya kembali mendapat Covid-19.

Dari esai yang diterbitkan di The Conversation, Lara Herrero, pemimpin penelitian di Virology and Infectious Disease Griffith University di Australia menyatakan, bahwa laporan adanya reinfeksi, dalam artian adanya infeksi baru, bukan infeksi yang sama dalam waktu lama atau terputus-putus, nyaris tidak pernah terjadi. Bahkan dari laporan tercatat mengindikasikan hanya ada 26 kasus reinfeksi di seluruh dunia.

“Bukti yang kami miliki dari virus corona lainnya menunjukkan risiko terjadinya reinfeksi mungkin sangat rendah di 90 hari pertama setelah infeksi untuk pertama kalinya,” demikian menurut laporan tersebut.

Baca juga: CDC Pangkas Masa Karantina Bagi Traveler Yang Ke Amerika Serikat

Dengan regulasi baru yang bakal berlaku di Islandia mengenai kewajiban karantina ini, apakah kamu tertarik untuk liburan ke negara yang sangat dingin ini?


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru