Kamboja Izinkan Penerbangan Pesawat Dari Indonesia Ke Wilayahnya

Setelah sempat menutup diri dari dunia internasional, Kamboja akhirmua kembali membuka jalur penerbangan pesawat internasional ke wilayahnya, termasuk mencabut penerbangan langsung dari Indonesia, Malaysia dan Filipina.

Langkah tersebut diambil pemerintah Kerajaan Kamboja untuk mengembalikan geliat perekonomian dan aktivitas sosial masyarakat di wilayahnya. Kebijakan kembali membuka jalur penerbangan pesawat langsung dari Indonesia, Malaysia dan Filipina ke Kamboja secara langsung diambil setelah melihat situasi Covid-19 di negara-negara tersebut mulai terkendali.

Kepastian pembukaan kembali jalur penerbangan pesawat internasional ke Kamboja diumumkan Kementerian Kesehatan Kamboja pada 23 Oktober lalu, dan secara resmi berlaku segera. Sebelumnya, pemerintah Kamboja menutup jalur penerbangan langsung ke wilayahnya pada 11 Agustus 2020 lalu.

“Dengan persetujuan dari Perdana Menteri Hun Sen, Komite Penanganan Covid-19 Kamboja memutuskan untuk mencabut laragan penerbangan langsung dari Malaysia, Indonesia dan Filipina, dalam upaya untuk membuka kembali negara dan mengembalikan aktivitas perekonomian di segala sektor, termasuk penerbangan dan transportasi udara dalam konteks Covid-19,” demikian bunyi pernyataan tersebut.

Sebelumnya, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen menginstruksikan kepada jajarannya untuk mereview kembali kebijakan larangan untuk masuknya traveler internasional dan mempertimbangkan kembali, setidaknya wisatawan dan investor dari negara-negara di ASEAN.

“Kami sudah berhasil operasi di bandara kami dengan baik dan kami juga mengurangi periode karantina untuk traveler yang masuk untuk membuka kembali negara kami kepada wisatawan yang sudah divaksinasi,” demikian menurut Hun Sen.

Saat berita ini diturunkan, belum ada penerbangan langsung dari Jakarta ke Phnom Penh, Kamboja. Dari pencarian di Google, hanya ada dua maskapai yang melayani connecting flight dari Jakarta ke Phnom Penh, Kamboja, yaitu Jetstar dan Singapore Airlines dengan harga tiket mulai dari 3,5 juta IDR hingga 8,9 juta IDR, dengan durasi transit yang berbeda-beda.

Sampai saat ini, syarat masuk ke Kamboja belum berubah. Kamboja mewajibkan traveler yang masuk ke wilayahnya untuk melakukan karantina selama tujuh hari bagi yang sudah menjalani vaksinasi lengkap, dan 14 hari bagi yang belum. Pemerintah Kerajaan Kamboja juga sudah membuka masuknya permohonan visa turis.

Baca juga: Kamboja Siap Sambut Turis Asing Liburan Ke Wilayahnya Di Akhir 2021

Bagi yang berencana bepergian ke Kamboja dengan menggunakan pesawat, tak ada salahnya untuk memerhatikan semua persyaratan yang dibutuhkan untuk bisa masuk di sini.

 


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

 

Image Preview image credit: Paul Szewczyk | Unsplash

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru