PPKM Mikro Diperpanjang Hingga 8 Maret 2021, Traveler Diminta Sabar

Pemerintah memutuskan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, atau PPKM Mikro Jilid II di Jawa dan Bali diperpanjang dari 23 Februari hingga 8 Maret 2021. Sebelumnya aturan PPKM Mikro hanya berlaku hingga 22 Februari 2021.

PPKM Mikro diperpanjang karena dari hasil evaluasi menunjukkan adanya penurunan jumlah kasus aktif Covid-19 secara signifikan, terutama di lima provinsi, yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta dan Jawa Timur.

Dalam keterangan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartanto, PPKM Mikro ini berlaku di 123 kabupaten dan kota di tujuh provinsi yang ada di Jawa dan Bali. Peraturan PPKM Mikro juga akan dipertahankan.

Bagi traveler, aturan yang harus diperhatikan adalah penggunaan transportasi umum, di mana operasionalnya akan disesuaikan dengan kondisi wilayah terkait pengaturan kapasitas dan jam operasional. Operasional sejumlah fasilitas umum, seperti taman dan alun-alun kota, tempat wisata dan banyak lainnya, juga akan dihentikan untuk sementara waktu.

Pusat perbelanjaan atau mall diizinkan tetap beroperasi hingga pukul 21.00 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sementara restoran diizinkan untuk membuka layanan dine in dengan jumlah pengunjung maksimal 50% dari total kapasitas yang ada. Layanan pesan antar tetap dikedepankan.

Operasional perkantoran juga menyesuaikan dengan ketentuan Surat Edaran Menpan RB, yaitu menerapkan 50% work from home. Untuk kegiatan belajar mengajar akan dilakukan secara online. Untuk layanan sektor esensial dan kegiatan konstruksi akan beroperasi 100% dengan protokol kesehatan, sedangkan tempat ibadah maksimal diisi 50% dari kapasitas maksimal.

Baca juga: Diperpanjang, Arab Saudi Tutup Perbatasan Hingga 17 Mei 2021

Bagi traveler bertanggung jawab seperti kamu, ikut bantu pemerintah menurunkan risiko penyebaran Covid-19, ya! Mari kita juga berusaha semaksimal mungkin untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat, menjaga kondisi fisik tetap bugar menerapkan 3M, yaitu mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, mengenakan masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

  • Google Flights Luncurkan Fitur Baru Untuk Berhemat dari Tiket Pesawat

    Pernah mengecek harga tiket pesawat ke destinasi tertentu dan bertanya apakah kamu harus membelinya sekarang atau menunggu harganya lebih murah? Well, kamu bukan satu-satunya orang yang memiliki pertanyaan demikian. Mereka yang sesekali bepergian menggunakan pesawat pada waktu tertentu biasanya mencari tiket pesawat dengan harga termurah. Masalahnya, tidak semua harapan mendapatkan tiket dengan harga terjangkau bisa […]

Artikel Terbaru