Program Mudik Gratis 2020 Kemenhub Dibatalkan Karena Virus Corona

Kementerian Perhubungan secara resmi menyatakan program mudik gratis 2020 dibatalkan. Kebijakan itu diambil untuk meminimalkan potensi penyebaran virus corona Covid-19 pada Lebaran 2020.

Keputusan tersebut diambil setelah dilangsungkan diskusi internal bersama dengan Menteri Perhubungan Ad Interim, Luhut Binsar Pandjaitan, seperti diungkapkan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi.

Image credit: Rizky Bayu Aditya

“Pemerintah mendorong sosialisasi untuk mengajak masyarakat untuk tidak mudik. Artinya, program mudik gratis 2020 ini akan dibatalkan, termasuk mudik gratis BUMN. Kita lebih baik di rumah masing-masing saja,” ungkap Budi Setiyadi, seperti dikutip Tempo.

Sebelumnya, Kemenhub sudah menyiapkan anggaran sebesar 34,48 miliar rupiah untuk program mudik gratis 2020 ini, lebih besar 6 persen dari tahun lalu.

Rencananya, Kemenhub akan menggunakan 1,317 bus dengan pembagian 117 unit bus pariwisata dengan kapasitas 50,625 penumpang dan 200 bus AKAP dengan kapasitas 900 penumpang. Selain itu, Kemenhub juga sudah menyiapkan 111 truk untuk mengangkut sepeda motor pemudik dengan daya tampung hingga 4,995 unit sepeda motor.

program mudik gratis 2020 dibatalkan
Image credit: Rizky Bayu Aditya

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga sudah mengeluarkan keputusan dengan menetapkan perpanjangan status keadaan tertentu darurat bencana wabah virus corona selama 91 hari, mulai 29 Februari hingga 29 Mei 2020.

Sejumlah maskapai dan PT KAI juga sudah mengeluarkan kebijakan khusus terkait refund tiket di masa darurat virus corona ini.

Baca juga: Biaya Refund Tiket Kereta Api Dikembalikan 100 Persen Selama Darurat Virus Corona

Karena potensi penyebaran virus corona yang terus mewabah, teman-teman harap bersabar dulu untuk mudik, ya! Ikuti kebijakan dan instruksi pemerintah demi keamanan diri, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru