Rekomendasi Tempat di Samarinda untuk Wisata yang Menarik dan Berbeda

Bila mendengar wisata di Kalimantan Timur, mungkin yang langsung terlintas di kepalamu adalah keindahan Kepulauan Derawan. Namun tidak hanya itu, ternyata ibu kota Kalimantan Timur yaitu Samarinda, juga menyimpan sederet lokasi wisata yang asyik untuk dijelajahi. wisata samarinda

Samarinda menyajikan wisata alam dan juga budaya. Kamu bisa melihat sisi lain dari panorama Kalimantan Timur yang menarik dan juga pertunjukan budaya yang memperkaya wawasan. Jadi jangan sampai melewatkan berbagai lokasi yang direkomendasikan TripZilla Indonesia di bawah ini, ya!

1. Menikmati penghujung hari dengan lampion yang unik di Mahakam Lampion Garden

wisata samarinda
Image credit: MLG Mahakam Lampion Garden

Sesuai namanya, Mahakam Lampion Garden menjadikan aneka lampion yang dipamerkan sebagai daya tariknya. Selain itu, lokasinya yang tepat berada di tepi Sungai Mahakam dijamin dapat membuat acara santaimu terasa semakin menyenangkan.

Taman lampion yang dibuka mulai sore hari ini akan jadi tempat yang tepat untuk menghabiskan hari. Lampion yang ada memiliki beragam tema seperti binatang, ikon-ikon terkenal dari berbagai negara hingga nuansa horor. Ada juga wahana digital aquarium yang seru, apalagi jika dikunjungi bersama si kecil.

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No.75, Karang Asam Ilir, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur
Jam Buka: Setiap hari, 16.00 WITA – 23.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

2. Senja yang terasa romantis di Teluk Lerong Garden

wisata samarinda
Image credit: @zulsihaidir6666

Teluk Lerong Garden menyajikan sensasi yang berbeda jika dikunjungi saat siang dan sore hari. Berada di tepi Sungai Mahakam, tentunya kamu bisa bersantai sembari menatap permukaan sungai yang tenang dan meneduhkan. Pada siang hari, taman ini menyajikan keasrian pepohonan yang rindang dan tertata. Di sore hari ketika matahari terbenam, kamu dapat mencari sudut yang tepat untuk menyaksikan indahnya langit senja. Dijamin akan jadi pengalaman mengesankan!

Lokasi: Jl. RE Martadinata, Tlk. Lerong Ilir, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

3. Hamparan permadani hijau yang menyegarkan mata di Sawah Betapus

Image credit: @weldiana82

Sawah Betapus ini menjadi objek wisata yang terkenal di Samarinda. Bila kamu adalah warga Jakarta yang belum pernah mengunjungi persawahan, maka Sawah Betapus akan jadi pilihan menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menghabiskan waktu lebih lama sambil menyantap jajanan karena sudah banyak penjaja makanan yang ada di sini. Meski terlihat sederhana, tetapi hamparan sawah yang bak permadani hijau adalah obat yang ampuh untuk menghilangkan penat. Coba dan buktikan sendiri!

Lokasi: Jl. Usaha Tani, Lempake, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur
Jam Buka: Senin – Minggu, 15.00 WIB – 18.30 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 2,000 IDR

4. Menyaksikan pertunjukan budaya dan wisata yang unik di Taman Budaya Samarinda

Image credit: @johnlatimojongg

Taman Budaya Samarinda menjadi tujuan yang pas untuk penggemar kesenian. Di tempat ini seringkali dipentaskan tarian dan kesenian khas Samarinda lainnya yang bisa kamu tonton. Dekorasi bangunan yang menarik dan dihiasi ukiran khas Dayak juga dapat kamu nikmati di sini. Untuk diabadikan pun terlihat keren lho! Yang jelas, kamu tidak akan menyesal berkunjung ke sini.

Lokasi: Jl. Kemakmuran, Sungai Pinang Dalam, Kec. Sungai Pinang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur
Jam Buka: Setiap hari, 14.00 WITA – 17.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 25,000 IDR

5. Wisata dengan suasana nyaman khas pedesaan di Naureen Mini Garden Samarinda

Image credit: Naureen Mini Garden

Naureen Mini Garden menyajikan lanskap pedesaan yang juga instagramable. Kamu dapat menemukan sisi-sisi cantik untuk selfie dengan mudah, misalnya di tengah bunga-bunga matahari yang cerah ini.

Image credit: Naureen Mini Garden

Ada berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan seperti memberi makan ikan, wisata kuliner hingga berbelanja aneka tumbuhan. Bila kamu suka memancing, ada pula kolam pemancingan yang akan membuatmu betah menghabiskan waktu di sini. Lengkap dan menyenangkan untuk mengisi harimu di Samarinda.

Lokasi: Jl. Bersama, Sempaja Utara, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur
Jam Buka: Selasa – Minggu, 09.00 WITA – 18.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

6. Berkeliling sambil memanjakan mata di Taman Samarendah

wisata samarinda
Image credit: @ratihmoto

Taman Samarendah menjadi tempat yang populer untuk berjalan-jalan santai layaknya di taman dekat rumahmu. Namun bedanya, kamu bisa sambil melihat berbagai instalasi dan patung yang menarik di Taman Samarendah. Patung kuda dan monumennya menjadi spot yang ikonik di sini. Ketika malam tiba, taman menjadi semakin indah berkat pencahayaannya yang keren. Mau datang di siang atau malam hari nih?

Lokasi: Jl. Bhayangkara, Bugis, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

7. Wisata sambil menikmati lanskap kota Samarinda dari Tebing Lonceng

Image credit: @novarnte

Tebing Lonceng menawarkan panorama kota dari ketinggian. Jika hari masih terang, kamu dapat melihat kesibukan kehidupan di kota semisal kapal tongkang yang hilir mudik hingga deretan rumah penduduk. Tentunya kalau kamu datang di malam hari, maka pemandangan aktivitas kota akan digantikan dengan hamparan lampu yang seperti kunang-kunang. Semuanya punya sensasi masing-masing dan tinggal sesuaikan saja dengan jadwal liburanmu. Harga tiketnya juga terjangkau sehingga Tebing Lonceng layak jadi pilihan wisatamu di Samarinda.

Lokasi: Jl. Dwikora, Rapak Dalam, Kec. Loa Janan Ilir, Kota Samarinda, Kalimantan Timur
Jam Buka: Setiap hari, 05.30 WITA – 21.30 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 7,000 IDR

8. Jalur menantang bagi penyuka petualangan di Puncak Suryanata

wisata samarinda
Image credit: @harrie_e

Suka melihat lanskap kota dari ketinggian? Maka tempat wisata selanjutnya yang bisa kamu jajal adalah Puncak Suryanata. Akses masuknya cukup menantang karena jalanan yang menanjak belum tertata. Butuh usaha untuk mencapainya, namun tempat yang dijuluki Puncak Batu Putih ini menawarkan pemandangan menggoda yang sayang untuk dilewatkan. Suasana yang masih alami ditambah hamparan kota Samarinda yang elok bakal jadi imbalan setimpal setelah kamu berhasil tiba di puncaknya. Menarik!

Lokasi: Jl. P. Suryanata, Perum Graha Indah, Air Putih, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

9. Perpaduan sejuknya air dan suasana alami di Air Terjun Berambai

Image credit: @nor_jumuat_23

Kalau kamu suka dengan wisata air terjun, ada Air Terjun Berambai yang terkenal di Samarinda. Suasana tenang dan air yang sejuk membuat lokasi ini jadi tempat liburan favorit. Sepanjang jalan menuju ke air terjun, matamu juga akan disejukkan dengan rimbunnya pepohonan. Pilih waktu yang tepat karena biasanya Air Terjun Berambai cukup ramai pengunjung. Pastinya, kamu tidak boleh lupa mengabadikan diri saat berada di sini ya!

Lokasi: Sempaja Utara, Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

10. Rekreasi dan wisata sambil menghirup udara segar di Danau Harapan Baru Samarinda

Image credit: @emera_1811

Danau Harapan Baru di tengah Samarinda ini menyenangkan untuk dikunjungi. Selain berjalan atau sekedar duduk menikmati suasana, kamu pun bisa memancing dan menaiki perahu berkeliling danau. Tentunya pengalaman ini membuatmu bisa menikmati sisi lain dari kota Samarinda. Asyik juga untuk melewatkan sore hari sambil diterpa angin semilir di sini. Awas jadi malas gerak lho!

Lokasi: Harapan Baru, Loa Janan Ilir, Kota Samarinda, Kalimantan Timur
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

Baca juga: Tempat Wisata Di Kalimantan Timur Yang Eksotis Dan Memikat Hati

Nah, mana saja tempat wisata yang ingin kamu kunjungi di Samarinda?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru