Tempat Wisata Di Kalimantan Timur Yang Eksotis Dan Memikat Hati

Kalimantan Timur menjadi provinsi di Indonesia yang mencuri perhatian dalam dua tahun terakhir karena salah satu kabupaten yang ada di sana, Penajem Paser Utara, dipilih sebagai ibu kota baru Indonesia. Selain itu, provinsi ini juga populer berkat beragam tempat wisatanya yang indah. Wisata Kalimantan Timur bahkan layak menjadi destinasi liburan utama di Indonesia.

Terletak berbatasan dengan Malaysia, kamu bisa menikmati pemandangan laut yang eksotis, hutan hingga pedesaan yang alami dan masih banyak hal menarik lain yang layak untuk dijelajahi. Untuk sekedar berjalan-jalan santai pun ada pilihan destinasi yang menyenangkan di Kalimantan Timur. TripZilla Indonesia memiliki deretan rekomendasi tempat wisata kalimantan Timur yang wajib kamu sambangi. Cek saja di sini!

1. Bukit Bangkirai, sekelumit hutan tropis yang mempesona

wisata kalimantan timur
Image credit: PT. Inhutani | UMJWH

Berlibur ke Kalimantan, sangat sayang kalau kamu melewatkan trekking di hutan tropis. Gerah akibat cuaca panas dan lembab bisa terobati dengan menyapukan pandang ke teduhnya pepohonan yang masih alami.

Bukit Bangkirai, salath satu spot wisata Kalimantan Timur | Image credit: @aldiriandana

Kamu dapat menemukan flora dan fauna yang khas dan juga menyeberangi jembatan kanopi yang mendebarkan. Hutan yang didominasi pohon bangkirai ini sudah dikelola dengan baik dan punya aneka fasilitas. Ada tempat penyewaan kostum adat Dayak dan penginapan yang nyaman, jadi kamu bisa lebih lama menikmati keindahan hutan ini.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta Km. 38, Samboja, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WITA – 16.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 30,000 IDR

2. Bukit Steling, lokasi menikmati sunrise hingga sunset yang mantap

wisata kalimantan timur
Image credit: @ahmd_hmdaa

Bukit Steling atau dikenal juga sebagai Bukit Selili adalah tempat yang pas bagi kamu pemburu momen matahari terbit dan terbenam. Kedua momen itu sama-sama menakjubkan jika dilihat dari puncak bukit ini.

Image credit: @kentang_manis8

Angin yang sejuk terasa menerpa ketika kamu berdiri di Bukit Steling. Dari kejauhan, pemandangan danau dan kota Samarinda terbentang dan menjadi suguhan yang menarik. Tentunya saat matahari terbenam, kamu perlu menyiapkan kamera karena pemandangannya akan menjadi semakin cantik!

Lokasi: Selili, Samarinda Ilir, Samarinda, Kalimantan Timur
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

3. Koleksi kekayaan alam yang seru di Kebun Raya Balikpapan

Image credit: @gclassborneo

Walau gratis, bukan berarti Kebun Raya Balikpapan tidak bagus untuk dikunjungi. Justru tempat ini menjadi rumah bagi kekayaan flora dan fauna yang menarik untuk diamati.

Image credit: @fransmichaelpesirerron

Terdapat koleksi tumbuhan kayu yang memang dilestarikan di sini, embung dan restoran yang menjadikan tempat ini layak untuk berwisata. Bila kamu mengajak si kecil, Kebun Raya Balikpapan dapat menjadi tujuan yang sarat ilmu pengetahuan. Ada pula rumah anggrek dan rumah paranet yang jadi tempat pelestarian berbagai jenis anggrek dan tumbuhan paku. Seru kan?

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta Km. 15, Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Balikpapan, Kalimantan Timur
Jam Buka: Senin – Jumat pukul 08.00 WITA – 13.00 WITA, Sabtu – Minggu pukul 08.00 WITA – 14.00 WITA
Harga Tiket: Gratis

4. Diam dan menyejukkan diri di tengah keasrian Danau Nyadeng

wisata kalimantan timur
Image credit: @callme_mamed

Danau Nyadeng berlokasi di dalam Kampung Merabu dan menjadi bagian dari ekoturisme. Danau cantik ini biasa dibandingkan dengan Labuan Cermin yang lebih populer. Tentunya kamu perlu menyaksikan sendiri keindahannya ya!

Wisata Kalimantan Timur | Image credit: @exotickaltim

Terletak di kaki Gunung Ketepu, kamu dapat melakukan aktivitas seperti berenang atau river tubing di sini. Selain jernih dan bersih, banyak ikan yang hidup di danau ini dan bisa menjadi pemandangan menyenangkan. Kalau kamu gemar mengoleksi foto pemandangan alam, Danau Nyadeng sangat instagrammable karena dari sini, kamu pun bisa melihat tebing karst dengan leluasa. Hati-hati, bisa bikin lupa waktu lho!

Lokasi: Kampung Merabu Kec.Kelay, Merabu, Tj. Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

5. Danau Aco yang akan membuatmu betah duduk santai

Image credit: @iyaanmelapeh

Air yang tenang, langit biru cerah dan rimbunnya tumbuhan di sekeliling, siapa yang tidak suka melihat pemandangan seperti ini? Suasana ini dapat kamu temukan di Danau Aco, destinasi yang cocok untuk kamu yang ingin bersantai melepas lelah.

wisata kalimantan timur
Image credit: @apriliren

Selain cantik, sudah ada fasilitas yang tersedia untuk menikmati Danau Aco. Kamu dapat menyewa sepeda air, perahu karet atau sekedar mengobrol di dalam gazebo. Danau ini juga penuh ikan seperti haruan, lele dan nila. Tidak perlu repot mencari tempat yang keren untuk mengisi waktu senggang, ke Danau Aco saja!

Lokasi: Linggang Melapeh, Kec. Linggang Bigung, Kab. Kutai Barat, Kalimantan Timur
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WITA – 17.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

6. Cantik yang serba ada, ya Pantai Tanah Merah

wisata kalimantan timur
Image credit: @josua_billyater 

Pantai Tanah Merah menjadi salah satu pantai yang kondang di Kalimantan Timur. Sebab tidak hanya cantik dengan pasir putih lembut, tapi juga sudah banyak fasilitas yang asyik di sini.

Pantai ini punya deretan pohon cemara yang juga keren untuk selfie dan sejuk untuk dilihat. Aktivitas yang bisa kamu lakukan di antaranya memancing, berkemah hingga mencari kepiting dan udang. Mengasyikkan dan tentunya akan membuat waktu berlari tanpa terasa.

Lokasi: Samboja, Tanjung Harapan, Kec. Samboja, Kab. Kartanegara, Kalimantan Timur
Jam Buka: Setiap hari, 07.30 WITA – 18.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

7. Sekeping panorama laut dekat pusat kota, ada di Pantai Melawai

Image credit: @mata_langitku

Jika kamu tidak punya waktu untuk pergi ke pantai yang jauh, maka Pantai Melawai bisa menjadi alternatif yang bagus. Pantai ini dekat dengan pusat kota Balikpapan dan aksesnya pun mudah.

Image credit: @adifarizi_03

Pemandangan pantainya menyenangkan untuk melewati sore hari. Kamu bisa mengisi perut sambil menatap ombak laut yang bergulung,  sekaligus mengamati aktivitas para nelayan. Di sekitar pantai banyak penjaja makanan yang siap menghilangkan rasa laparmu. Tentu tidak afdol pergi ke pantai tanpa mencicipi hidangan lautnya bukan?

Lokasi: Jl. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Balikpapan, Kalimantan Timur
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

8. Tingginya pepohonan yang akan memikat matamu di Pulau Manimbora

wisata kalimantan timur
Pulau Manimbora, spot destinasi wisata Kalimantan Timur yang eksotis | Image credit: @caswanassegaf

Pulau Manimbora menawarkan keindahan yang akan membuatmu tercengang. Bahkan pulau ini sampai dijuluki Spongebob Island, karena pohon-pohon kelapanya yang menjulang mengingatkan pengunjungnya dengan gambaran pulau di film kartun itu.

Image credit: @nike.obek

Tidak seru kalau tidak melihat kecantikan Pulau Manimbora dengan mata kepala sendiri. Air lautnya sangat jernih dan ikan-ikan di dalamnya dapat terlihat dengan mudah. Selain lanskap indah, kamu pun bisa menemukan tumpukan tulang belulang. Asalnya dari Suku Bajau yang memiliki tradisi menguburkan jenazah di Pulau Manimbora. Eksotis dan unik!

Lokasi: Ampen Medang, Batu Putih, Kab. Berau, Kalimantan Timur
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

9. Pemandangan menarik yang akan kamu kenang di Pulau Beras Basah

wisata kalimantan timur
Image credit: @iin_marbai

Pulau Beras Basah merupakan sebuah pulau yang berada di Selat Makassar. Pemandangan di pulau ini menarik dengan papan nama dan mercu suar yang terlihat dari kejauhan.

Image credit: @aditarmn

Pulau Beras Basah menjadi tempat menyelam dan juga berburu foto yang digemari. Tidak sulit untuk menemukan sudut-sudut kece untuk latar foto. Kalau tidak ingin hanya selonjoran, kamu bisa mencoba wahana permainan seperti parasailing yang bakal memompa detak jantungmu.

Lokasi: Bontang Lestari, Kalimantan Timur
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WITA – 17.30 WITA
Harga Tiket: Gratis

10. Keunikan dua jenis air di Danau Labuan Cermin

Image credit: @rio_septrio

Tidak salah kalau danau ini dinamai Labuan Cermin, karena airnya memang sebening cermin. Uniknya, air yang ada di dalam danau terdiri dari air tawar dan air asin.

wisata kalimantan timur
Tempat wisata Kalimantan Timur paling populer, Danau Labuan Cermin | Image credit: @wartawisata.id

Di bagian atas, danau ini memiliki air asin sedangkan air tawar ada di bagian bawahnya. Danau berkedalaman hingga 5 meter ini juga dapat kamu selami. Asyiknya, kamu bisa menemukan makhluk hidup yang berbeda-beda karena adanya dua jenis air. Siapkan dirimu untuk melakukan pemotretan di bawah air karena hasilnya dijamin keren!

Lokasi: Giring-Giring, Biduk Biduk, Kab. Berau, Kalimantan Timur
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WITA – 17.00 WITA
Harga Tiket: Gratis

11. Berekreasi bersama keluarga makin menyenangkan di Rumah Ulin Arya

Image credit: Rumah Ulin Arya

Rumah Ulin Arya adalah tempat rekreasi serba ada. Ajak si kecil, orangtua atau sahabatmu ke sini. Pasti semua bisa menikmati fasilitas wisata yang bikin liburanmu makin menyenangkan.

Bawalah baju ganti karena kamu dapat berenang di sini. Atau kamu dapat melihat hewan-hewan menggemaskan di mini farm dan wisata kuliner di Cocoon Cafe. Rekreasimu bakal terasa semakin mantap jika kamu menyewa tenda dan menginap di camping ground yang ada. Dengan menginap, kamu akan punya lebih banyak waktu untuk menjajal semua fasilitas di Rumah Ulin Arya

Lokasi: Jl. Teluk Batu / Teluk Ambulung,  Desa Bayur, Kec. Samarinda Utara, Samarinda, Kalimantan Timur
Jam Buka: Rabu – Senin, 08.00 WITA – 16.30 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 30,000 IDR

12. Mempelajari sejarah Kalimantan di Museum Mulawarman

wisata kalimantan timur
Image credit: @jukutsalai

Museum yang dulunya bernama Museum Kutai ini menyimpan ribuan koleksi bersejarah. Kamu akan puas mengulik sejarah dan menambah wawasan mengenai Kesultanan Kutai Kartanegara.

Image credit: @lek_moemoen

Di depan museum saja kamu sudah dapat melihat patung Lembuswana, yang merupakan lambang dari kerajaan. Apabila sudah masuk ke dalamnya, kamu akan disambut dengan singgasana Raja Kutai, diorama, totem, koleksi keramik dan masih banyak lagi. Dijamin tidak sia-sia mengisi liburan di museum!

Lokasi: Jl. P. Diponegoro No 26, Panji, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Jam Buka: Setiap hari, 08.30 WITA – 16.30 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

13. Melihat keelokan tradisi Suku Dayak di Desa Budaya Pampang

Image credit: @dutawisatasamarinda

Suku Dayak sebagai salah satu suku asli di Kalimantan memiliki banyak aspek kebudayaan yang menarik. Kamu wajib menyambangi Desa Budaya Pampang yang akan memamerkan keberagaman budaya khas suku Dayak.

Image credit: Desa Budaya Pampang

Kamu dapat melihat tarian, baju adat, rumah adat hingga seni rupa dengan mudah. Selain itu, ada pula tempat untuk membeli buah tangan khas Dayak. Tentunya akan lebih berkesan bagi penerimanya, atau malah kamu ingin mengoleksinya sendiri?

Lokasi: Jl. Wisata Budaya Pampang No. 32 RT.03, Kec. Samarinda Utara, Samarinda, Kalimantan Timur
Jam Buka: Setiap hari, 08.30 WITA – 17.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

14. Taman Wisata Graha Mangrove, tempat pelestarian alam yang sejuk dan instagrammable

wisata kalimantan timur
Image credit: @aris_kumbara

Kamu pasti sudah akrab dengan tanaman mangrove yang penting untuk menjaga lingkungan. Di Taman Wisata Graha Mangrove bahkan terdapat sekitar 89 jenis mangrove yang bisa kamu amati.

Image credit: @malayulhar

Tidak hanya kesejukan dari rimbunnya mangrove yang ada, kamu pun bisa melihat pemandangan yang instagrammable. Mulai dari dekorasi hingga warna-warni perahu atau jembatan menuju hutan mangrove, semuanya terlihat cantik di mata. Ada pula iguana dan musang yang dipamerkan ke pengunjung, juga kolam pancing untuk bersantai sejenak.

Lokasi: Jl. Gn. Binaya No.6, Gn. Elai, Kec. Bontang Utara, Bontang, Kalimantan Timur
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WITA – 21.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 7,500 IDR

15. Menggali keberagaman etnis lewat bangunan di Taman Budaya Sentawar

wisata kalimantan timur
Image credit: @jelajahi.kubar 

Bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak mengenai beragam etnis yang ada di Kalimantan, maka perlu memasukkan Taman Budaya Sentawar ke dalam agendamu. Taman yang diresmikan sejak tahun 2012 ini juga digemari warga lokal untuk berwisata lho!

Image credit: Taman Budaya Sentawar

Terdapat enam bangunan yang menjadi simbol dari enam suku yang ada yaitu suku Dayak Benuaq, Dayak Tunjung, Dayak Bahau, Dayak Aoheng, Dayak Kenyah dan etnis Melayu lainnya. Setiap hari Sabtu malam juga diadakan pentas tarian atau musik tradisional di panggung besar yang ada. Pastikan kamu tidak melewatkannya ya!

Lokasi: Jl. Sendawar Raya, Kec. Barong Tongkok, Kab. Kutai Barat, Kalimantan Timur
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WITA – 18.00 WITA
Harga Tiket: Gratis

16. Melebur ke dalam alam liar di Taman Nasional Kutai

wisata kalimantan timur
Image credit: Taman Nasional Kutai

Satu lagi destinasi yang akan membawamu melebur ke dalam indahnya alam liar di Kalimantan. Taman Nasional Kutai, tidak sekedar taman namun juga punya banyak area yang bisa kamu kunjungi.

Image credit: Taman Nasional Kutai

Ada gua karst yang indah dan wajib diabadikan, Bontang Mangrove Park,  Sangkima Jungle Park serta Prevab. Di tiap area kamu akan mendapati kekayaan flora dan fauna yang mengesankan. Prevab sendiri adalah habitat dari orangutan, jadi kamu bisa melihat keberadaan kera besar yang menarik ini. Nikmati juga pesona hutan hujan tropis dan suara kicau burung-burung di sini. Indah dan memikat!

Lokasi: Sangkima Lama, Kec. Sangatta Selatan, Kab. Kutai Timur, Kalimantan Timur
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WITA – 16.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

17. Menyaksikan penangkaran penyu di Pulau Sangalaki

wisata kalimantan timur
Image credit: @bksda_kaltim

Pulau Sangalaki bukan cuma tersohor dengan garis pantainya yang menawan. Di pulau ini juga terdapat penangkaran penyu, selain titik-titik selam yang cantik dan berbagai satwa liar.

Image credit: @bksda_kaltim

Kamu bisa mencari petunjuk kapan waktu yang tepat untuk menyaksikan penyu bertelur. Kalau kamu datang di pagi hari atau menjelang senja, maka sempatkan diri menikmati pesona matahari terbit atau terbenam. Di pulau seperti ini, tentunya pemandangannya akan semakin memanjakan mata!

Lokasi: Kab. Berau, Kalimantan Timur
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

18. Deretan mural menarik untuk latar fotomu di Kampung Warna Warni

Image credit: @fachriansyah_hidayat

Balikpapan punya tempat wisata instagrammable yang kocak dan menarik yaitu Kampung Warna Warni. Kamu dapat mengambil banyak foto dengan latar-latar yang ada, tinggal siapkan gaya yang seru saja!

Image credit: @_ivonnyyy

Sekedar berfoto di depan dinding dan pintu yang berwarna cerah ini sudah terlihat keren kan? Jika capai berjalan, jangan ragu untuk duduk santai di gazebo yang banyak tersedia. Kampung Warna Warni ini pun terletak dekat dengan Teluk Seribu dan kamu bisa melanjutkan wisata ke teluk setelahnya.

Lokasi: Manggar Baru, Balikpapan Timur, Balikpapan, Kalimantan Timur
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WITA – 16.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 3,000 IDR

Baca juga: 20 Aktivitas Wisata Seru di Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara, Ibukota Baru Indonesia

Wisata Kalimantan Timur memang sangat bervariasi dan sesuai untuk semua kalangan. Sekali datang ke sini, pasti kamu ingin datang lagi!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru