20 Aktivitas Wisata Seru di Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara, Ibukota Baru Indonesia

Pasti sudah tahu kan kalau Ibukota Indonesia akan segera pindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur? Tepatnya di Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara, kedua daerah tersebut secara resmi diumumkan oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo sebagai pengganti Jakarta, ibukota saat ini, pada Agustus 2019 lalu. Dengan keputusan tersebut, tentu saja banyak orang yang dibuat penasaran dengan keindahan yang dimiliki oleh Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara, tak terkecuali destinasi wisata yang mengagumkan.

Mulai dari bangunan sejarahnya, pantai-pantainya yang tenang, hingga air terjun tersembunyi, berikut 20 sederet aktivitas wisata seru di Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara yang semuanya sangat worth it untuk ada di bucket list liburanmu! Asyik jalan-jalan ke Ibukota baru nih.

Wisata Kutai Kertanegara

Nama Kutai Kertanegara sendiri mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu. Selain karena catatan sejarah yang sangat kuat, Kutai Kertanegara juga akan menarik perhatianmu dari keindahan wisata yang dimilikinya. Sebelum pergi mengunjungi Penajam Paser Utara, mari mulailah perjalananmu di Kutai Kertanegara dengan mengunjungi destinasi wisata yang beragam serta merasakan langsung aktivitas seru yang bikin liburanmu makin tak terlupakan!

Cara menuju ke Kutai Kertanegara:

Ada dua cara untuk bisa sampai ke Kutai Kertanegara. Pertama, untuk jalur darat, kamu bisa menggunakan transportasi umum seperti bus antar daerah atau antar provinsi dengan berbagai tujuan di Kutai Kertanegara.

Sedangkan, jika kamu berada di luar Pulau Kalimantan atau berada di pulau ini namun ingin menghemat waktu, maka gunakanlah pesawat dan pilihlah tujuan Bandara Sepinggan di Balikpapan – bandara terdekat sekaligus gerbang masuk menuju Kutai Kertanegara. Dari bandara, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan transportasi darat untuk menuju Kutai Kertanegara selama 2,5 hingga 3 jam.

1. Dibuat takjub dengan keindahan Pantai Tanah Merah

Image credit: @iqbalajhj

Hamparan pasir putih, langit serta air laut yang berwarna biru senada, rasanya sulit untuk kamu untuk tidak jatuh cinta dengan Pantai Tanah Merah. Hal yang lebih menyenangkan adalah kamu bisa bermalam di pinggir pantai sambil berkemah dan melihat indahnya ketika matahari terbit hingga tebernam. Jika langit sudah gelap, cobalah untuk keluar untuk melihat cantiknya langit malam.

2. Menengok kehidupan orang utan di Samboja Lestari

Image credit: @situmorang599

Kawasan Samboja, tepatnya di Samboja Lestari adalah tempat bagi perlindungan satwa liat, salah satunya orang utan yang asli dari Indonesia. Hewan yang kini jumlah populasinya semakin berkurang ini dapat hidup bebas di alam terbuka sehingga para orang utan dapat hidup dengan nyaman dan aman.

Image credit: @bosfoundation

Bagi kamu para pecinta hewan, khususnya hewan-hewan langka, kamu dapat menghubungi Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) untuk info lebih lanjutnya. Selama acara, kamu akan diajak untuk melihat kehidupan orang utan di habitat aslinya yang tentunya akan menyadarkanmu untuk selalu menjaga bersama menjaga mereka dari ancaman kepunahan.

3. Menguji adrenalin dengan berjalan di atas jembatan Bukit Bangkirai

Faktanya Bukit Bangkirai ini merupakan salah satu jutan hujan tropis sekaligus habitat bagi ragam flora dan fauna yang sangat kaya. Tempatnya yang masih sangat alami, asri, dan sangat terjaga, membuat destinasi ini jadi tempat pelarian bagi traveler yang menginginkan suasana sejuk. Berbagai fasilitas juga dihadirkan seperti kolam renang, cottage, dan jembatan yang sangat instagrammable.

Image credit: @dika.mahendra

Yang membedakan jembatan di sini dengan lainnya adalah dimana jembatan menghubungkan 5 pohon Bangkirai sekaligus dengan panjang hingga 64 meter. Nah bagi kamu yang penasaran, memiliki nyali besar, dan pastinya tidak takut dengan ketinggian, maka cobalah rasakan sensasi berjalan di atas ketinggian 30 meter. Tertarik?

4. Merasakan nostalgia masa kecil dengan melompat ke tengah Danau Semayang

Pernah membayangkan bagaimana bahagianya melepaskan semua rasa penat yang ada di tubuh dan pikiranmu dengan melakukan sesuatu yang seru? Bagaimana sejenak kembali melakukan sesuatu yang pernah dilakukan oleh anak-anak kecil lainnya seperti dengan terjun bebas dari ketinggian lalu berenang di tengah danau? Seru bukan? Dijamin semua rasa penatmu hilang seketika!

Image credit: @pijapuyu

Mungkin aktivitas kecil itu hanya sebentar saja yang bisa kamu lakukan di Kutai Kertanegara, tapi memori itu akan selalu teringat sampai kapanpun. Bahkan bisa bikin kamu kecanduan untuk mengunjunginya lagi. Apalagi saat matahari terbenam, dengan tenangnya laut serta warna langit, akan jadi waktu yang tepat untuk kamu berenang di sini. Ah senangnya!

5. Berburu matahari terbit dari atas ketinggian di Bukit Batu Dinding

Image credit: @yukianggia

Perlu sedikit perjuangan untuk mencapai puncak, namun percayalah semuanya akan terbayar lunas ketika kamu sampai. Pergilah beberapa jam sebelum matahari benar-benar terbit agar kamu bisa melihat penampakan matahari yang mulai muncul perlahan dengan sempurna. Langit gelap akan seketika berubah menjadi warna oranye, dan tentu saja menjadi putih kebiruan tanda hari sudah mulai siang. Nampak pepohonan yang tadinya tidak terlihat menjadi lebih hijau.

6. Menenangkan pikiran sejenak di Pantai Ambalat

Image credit: @iqbalina18

Amborawang Laut merupakan kepanjangan nama dari Pantai Ambalat, salah satu destinasi di Kutai Kertanegara yang selanjutnya untuk kamu kunjungi. Uniknya, pasir pantai di sini berwarna kecoklatan yang tidak kalah menarik dari pantai lainnya. Pepohonan pinus yang mengelilingi pantai membuat suasana pantai ini semakin terasa sejuk dan segar. Mau yang lebih menarik? Di sini kamu akan melihat beberapa pohon yang berada di pinggir pantai dengan air laut yang melewatinya.

7. Berpetualang menyusuri sungai dengan perahu di Sungai Hitam Lestari

Image credit: @mariaselena_

Berpetualang ke pedalaman seperti adegan di film-film memang sangat seru untuk dilakukan. Namun sebelum untuk merasakannya, kamu harus menyewa perahu terlebih dahulu dengan biaya sekitar 100,000-200,000 IDR dan mampu menampung hingga sepuluh orang dalam satu perahu. Untuk menghemat, kamu bisa berbagi dengan traveler lainnya atau mengajak rombonganmu untuk berlibur bersama. Di sepanjang perjalanan, akan ada pemandangan menarik yang disuguhkan seperti rumah apung, hewan bekantan, dan tentunya pepohonan hijau yang menyegarkan mata serta pikiranmu.

8. Menggali sejarah di Museum Mulawarman

Image credit: @hendbasz

Ke Kutai Kertanegara rasanya akan terasa kurang jika belum mempelajari sejarahnya. Memang daerah ini seringkali disebut sebagai bagian sejarah penting bagi negara Indonesia yang banyak diceritakan di buku sejarah. Melalui Museum Mulawarman, kamu akan diajak untuk melihat berbagai jenis koleksi benda bersejarah, patung-patung pahlawan, serta deretan cerita panjang didalamnya.

Image credit: @anisanuradnin

Dahulunya, bangunan ini merupakan Istana Kesultanan Kutai Kertanegara dan dialihfungsikan sebagai museum pada tahun 1976. Kini museum yang letaknya sangat strategis di dekat Sungai Mahakam ini masih terus berdiri dan menjadi salah satu destinasi wisata populer di Kutai Kertanegara. Jangan lewatkan juga untuk melihat teater boneka Bali yang merupakan sumbangan dari Sultan Yogyakarta.

9. Sejenak melihat langit oranye saat matahari terbenam di Danau Jempang

Image credit: @innalrahman

Jika dilihat sekilas, danau Jempang lebih terlihat seperti pantai yang tenang. Hal ini terjadi karena danau ini memiliki luas sekitar 15,000 hektar dan dinobatkan sebagai danau terbesar di Kalimantan Timur. Salah satu cara untuk menikmatinya adalah dengan berdiam diri sejenak di atas ayunan di tengah danau sambil melihat perginya matahari menjelang malam. Segera abadikan momen cantik ini dengan jepretan kameramu ya!

10. Melihat rumah pohon dengan sentuhan khas Kalimantan Timur di Ladang Budaya

Image credit: @tituswisnuwinarto

Ladang Budaya atau Ladaya, dalam singkatnya, merupakan sebuah taman wisata yang dilengkapi oleh kebun binatang mini dan spot-soot menarik yang instagrammable seperti rumah pohon. Di dalam kebun binatang mini, kamu akan berjumpa dengan fauna khas Kalimantan Timur seperti Burung Enggang, Uwa-uwa, Beruang Madu, serta Burung Merak. Sedangkan bagi kamu yang mencintai dunia fotografi, maka bawa terus kameramu karena setiap sudut taman ini begitu menarik mata, apalagi rumah pohon yang sangat unik.

11. Merasakan angin semilir di tepi Pantai Pangempang

Image credit: @achmadi.idink

Untuk menuju Pantai Pangempang kamu bisa menyewa perahu kecil seharga 15,000 IDR per orang. Sesampainya di sini kamu akan disambut dengan putihnya pasir pantai dan semilir angin yang menyegarkan. Agar makin merasakan chill secara maksimal, kamu bisa mendirikan tenda di pinggir pantai dan berjalan menyusuri hutan bakau yang rindang.

12. Menjelajahi perut bumi di Goa Batu Gelap

Image credit: @robiatfahlevie

Bagi para petualang sejati, menyusuri perut bumi di Goa Batu Gelap ini akan terasa menyenangkan. Cahaya matahari yang menembus celah-celah bebatuan serta stalagmit dan stalagtit pada dinding, membuat pemandangan di dalam goa terasa menakjubkan. Namun menariknya, goa ini memiliki sejarah atau legenda rakyat tentang saat pesta panen jaman dahulu, terdapat penduduk desa yang menabuh genderang dengan ekor ikan pari dan menjadikannya sebagai kutukan. Bebatuan di dalam goa yang menyerupai bentuk meja, kursi, manusia yang terlihat seperti memiliki posisi duduk ini dipercaya merupakan hasil kutukan tersebut.

13. Berfoto sepuasnya di spot-spot instagrammable di Pulau Kumala

Image credit: @wulanlailirahmi

Satu pulau berjuta wisata, rasanya tepat untuk menggambarkan Pulau Kumala ini. Letaknya dekat Sungai Mahakam, pulau kecil ini dapat kamu tuju dengan melintasi Jembatan Repo-repo yang panjang dengan warna kuningnya yang menarik perhatian. Karena keindahannya, banyak traveler berfoto-foto di jembatan yang instagrammable ini.

Image credit: @cindypriscillialufti

Siap dibuat kagum lagi? Naiklah Sky Tower yang memiliki ketinggian hingga 100 meter dan lihatlah pemandangan kota yang terbentang indah. Tak hanya itu saja berbagai bangunan menarik, taman bermain, hingga kereta gantung yang menghubungkan Pulau Kumala dengan daratan ini pastinya akan membuatmu makin betah untuk berlama-lama.

Wisata Penajam Paser Utara

Berkunjung wisata ke Kutai Kertanegara, maka tak lengkap jika belum bertandang ke kabupaten lainnya yang juga menjadi Ibukota baru bagi Indonesia, yaitu Penajam Paser Utara. Diberkati keindahan alam yang luar biasa serta letaknya yang dikelilingi oleh laut, tentunya daerah ini adalah surga bagi para pecinta alam. Tak lupa juga berbagai festival penting baik nasional maupun internasional juga kerap kali diselenggarakan di sini.

Cara menuju ke Penajam Paser Utara:

Salah satu cara paling mudah bagi traveller menuju Penajam Paser Utara yaitu dari Balikpapan. Namun setidaknya terdapat 4 opsi transportasi yang bisa kamu pilih untuk menuju Penajem Paser Utara. Pertama, speedboat merupakan transportasi yang paling cepat dibandingkan lainnya. Tidak perlu berjam-jam, hanya 5 hingga 10 menit saja kamu dapat menjajaki Penajem Paser Utara dengan speedboat yang tentunya akan menghemat waktu perjalananmu. Speedboat bisa kamu sewa dari Pelabuhan Kampung Baru atau Pelabuhan Chevron di Balikpapan dengan tujuan Pelabuhan Penajem, Penajem Paser Utara dengan harga yang bervariasi.

Kedua, masih dengan jalur laut, kamu bisa menggunakan perahu klotok atau perahu kayu yang dikenakan biaya lebih murah dibandingkan dengan speedboat. Untuk waktu tempuhnya kamu akan menghabiskan sekitar 20 hingga 25 menit dalam sekali perjalanan. Kapal ini beroperasi setiap hari dari Pelabuhan Kampung Baru, Balikpapan dengan tujuan Pelabuhan Penajem, Penajem Paser Utara yang banyak dipilih oleh traveller karena harganya yang masih ramah di kantong.

Ketiga, gunakan kapal feri jika kamu ingin merasakan perjalanan laut dengan waktu yang lebih lama yaitu sekitar 2 hingga 3 jam. Kapal ini berangkat dari Pelabuhan Kampung Baru, Balikpapan dengan tujuan Pelabuhan Penajem, Penajem Paser Utara dengan biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan perahu klotok.

Keempat, ini merupakan satu-satunya jalur darat yang bisa kamu pilih. Dengan mobil pribadi atau sewa, kamu akan menempuh jarak 2 hingga 4 jam dari Balikpapan ke Penajem Paser Utara. Namun yang harus perlu diketahui bahwa lama perjalanan jalur darat ini bisa menjadi lebih lama jika kondisi jalanan sedang tidak baik.

14. Membasahi tubuh di Air Terjun Niagara Tembinus yang instagrammable

Image credit: @dika.mahendra

Jika kamu mencari destinasi wisata di Penajam Paser Utara, maka akan banyak situs yang membawamu ke Air Terjun Niagara Tembinus. Namanya yang sangat dikenal karena pemandangannya yang buat siapapun akan merasa takjub. Dibandingkan dengan Kutai Kertanegara, Penajam Paser Utara memang memiliki lebih banyak wisata air terjun yang populer bagi traveler. Untuk menemukannya, kamu harus berjalan kaki selama kurang lebih satu jam. Namun tak perlu ragu, karena semua itu akan terbayar lunas ketika kamu sampai di sana. Ketika sampai, segeralah mandi di bawah air terjun yang menyegarkan ini.

15. Merelaksasikan pikiran sejenak di Pantai Corong

Image credit: @hendriwlss

Duduk sejenak di gasebo dengan pohon kelapa yang menjulang tinggi di sekelilingnya serta tentunya pemandangan air laut di depan mata akan menjadi obat stressmu yang sangat ampuh. Tak hanya traveler saja, Pantai Corong juga masih menjadi favorit bagi warga lokal yang ingin berlibur. Di pantai ini juga menjadi tuan rumah bagi acara besar seperti Festival Layang-layang bertaraf interasional lho!

16. Menyusuri Ekowisata Mangrove Kampung Baru yang rindang dan menenangkan

Image credit: @xvivxcviii

Selain bebas biaya masuk, Ekowisata Mangrove Kampung Baru ini begitu digemari oleh traveler karena pemandangannya yang menyegarkan. Pepohonan hijau membuat kamu akan merasa damai seketika saat menyatu dengan alam. Setiap sudut di area ini, khususnya jembaran panjangnya dengan pohon mangore yang mengelilingan menjadi salah satu andalan spot berfoto. Pastikan membawa partner traveling terbaikmu untuk ke sini dan mengambil gambarmu dengan latar belakang pohon mangrove ya!

17. Memberi makan gerombolan rusa di Penangkaran Rusa Penajam

Image credit: @mc.danyghfrn

Penangkaran Rusa Penajam ini merupakan rumah bagi banyak spesies Rusa Sumbar (Cervus Unicolor Brokei) dan Rusa Timor (Cervus Timorensis) yang jumlahnya sekitar 200 ekor. Tempat ini banyak dikunjungi oleh traveler yang ingin berjumpa dengan hewan imut bertanduk sambil memberi makan kepada rusa-rusa tersebut. Sederhana, namun aktivitas ini dapat membuat pikiran dan tubuhmu kembali rileks kembali.

18. Menanti senja di Pantai Nipah Nipah

Image credit: @anakmudapenajam

Faktanya, jika Kutai Kertanegara identik dengan sejarah yang kuat, maka Penajam Paser Utara dikelilingi oleh laut sehingga tak lengkap jika kamu belum menengok keindahan wisata pantainya. Pantai Nipah-nipah, salah satu pantai populer sekaligus favorit traveler karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota. Jika kamu datang di saat yang tepat, maka kamu akan menyaksikan berbagai pagelaran penting yang kerap kali diadakan oleh pemerintah setempat. Jika kamu menyukai sendunya senja, maka bertahanlah sejenak sampai matahari benar-benar pergi.

19. Mandi di bawah Air Terjun Rimbawan yang indah

Image credit: @mila.aminah

Ada dua cara untuk menemukan Air Terjun Rimbawan ini yaitu kamu bisa menggunakan perahu klotok dari Balikpapan atau melalui jalur darat dari Kabupaten Penajem Paser Utara. Berada di area Hak Guna Usaha PT ITCI Hutani Manunggal dan termasuk salah satu kawasan konservarsi hutan, sehingga setiap traveler wajib menjaga kebersihan alam. Walaupun namanya tidak sepopuler Air Terjun Tembinus, namun kamu tidak perlu meragukan akan keindahannya. Sangat worth it untuk dikunjungi!

20. Melepas rasa lelah perjalanan di Taman Bunga Rozeline

Image credit: @idursphoto

Letkanya di dekat Kantor Bupate Penajam Paser Utara, Taman Bunga Rozaline tentu saja sangat mudah kamu kunjungi. Berhenti sejenak sambil menanti datangnya senja bisa kamu lakukan di sini apalagi banyak pepohonan di sekelilingnya yang rindang dan danau di tengah taman yang tenang. Jika kamu sudah lelah dengan perjalanan panjang wisata liburanmu di Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara, maka tak ada salahnya untuk mengakhirinya di taman ini.

Baca juga: 8 Destinasi Wisata Bontang, Kota Industri yang Indah

Itulah keindahan wajah wisata dari Kutai Kertanagara Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur yang nantinya akan menjadi Ibukota baru bagi Indonesia. Nah, sebelum dua daerah ini menjadi lebih sibuk dengan hiruk pikuk seperti Ibukota sebelumnya, mari kita menengok keindahan potensi wisatanya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru