5 Negara Terbaik Untuk Petualangan Solo Backpacker di Asia, Murah dan Aman!

Liburan dan berjalan-jalan sendiri ala backpacker mungkin bagi sebagian orang masih terlihat aneh. Tapi tahukah kamu bahwa ada beberapa manfaat dari menjadi seorang solo backpacker? Selain bisa lebih bebas dalam perjalanan, berwisata ala solo backpacker juga bisa melatih jiwa kepemimpinan serta membantu mengenal kepribadianmu lebih jauh.

Dengan menjadi pemain tunggal dalam suatu perjalanan liburan, kamu akan dipaksa untuk keluar dari zona nyaman. Apalagi jika tujuan liburanmu ke luar negeri. Sudah pasti akan banyak tantangan yang akan kamu hadapi, baik dari segi bahasa, budaya hingga navigasi perjalanan.

Nah, kalau kamu masih ragu untuk melakukan solo backpacker ke luar negeri. Kamu bisa memulainya dari negara-negara di Asia yang memiliki tingkat keamanan tinggi dengan nilai tukar mata uang yang tidak terlalu tinggi terhadap rupiah. Ini dia daftar 5 negara terbaik untuk liburan ala solo backpacker di Asia yang dirangkum berdasarkan Global Peace Index (GPI) serta nilai tukar mata uangnya terhadap rupiah. Dijamin murah dan aman!

Catatan: Indonesia menempati ranking 55 untuk GPI. Nilai tukar terhadap rupiah yang tercantum adalah nilai per tanggal ketika tulisan ini dibuat. Nilai tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Lakukan pengecekan kembali sebelum merencanakan liburan ya.

1. Jepang (GPI = 9, 1 JPY = 132.03 IDR)

solo backpacker di asia

Menduduki posisi ke-9 dalam GPI membuat Jepang menjadi negara teraman di Asia. Dengan tingkat kriminalitas yang rendah, Jepang sangat cocok untuk kamu yang baru pertama kali melakukan solo backpacker. Destinasi wisata yang ditawarkan Jepang pun sangat beragam, mulai dari wisata alam dan budaya hingga tren kekinian Jepang yang unik.

solo backpacker di asia

Dari sisi nilai mata uang, 1 Yen Jepang memang tergolong rendah jika dikonversikan ke dalam Rupiah. Apalagi WNI bisa mendapatkan fasilitas visa waiver dengan e-paspor. Namun, untuk bisa menekan biaya wisata ala backpacker kamu tetap harus memperhatikan tips dan trik liburan hemat ke Jepang, mulai dari membeli tiket saat low season, menggunakan railway pass, memilih tipe akomodasi hingga membeli voucher tempat-tempat wisata.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Jepang Wajib Kunjung dan Tips Jalan-jalan

2. Taiwan (GPI = 34, 1 TWD = 492.23 IDR)

Meski masih memberlakukan visa bagi WNI, Taiwan tetap bisa jadi alternatif negara di Asia yang cocok untuk solo backpacker. Selain memiliki posisi ranking GPI yang cukup aman, Taiwan juga banyak menyediakan akomodasi, tempat makan hingga aktivitas wisata yang ramah untuk kantong backpacker. Jangan lupa, Taiwan adalah surganya street food.

Jika kamu memiliki visa Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jepang, Australia, Selandia Baru, Korea Selatan dan Schengen, baik yang masih berlaku maupun tidak, maka kamu bisa langsung mengajukan aplikasi visa online tanpa dikenai biaya tambahan lho! Tertarik mengunjungi Taiwan?

Baca juga: 29 Aktivitas Seru Di Taipei Untuk Liburan yang Berkesan

3. Laos (GPI = 46, 1 LAK = 1.76 IDR)

Berlokasi di Asia Tenggara, sudah pasti WNI bebas keluar masuk Laos tanpa perlu mengajukan visa. Nilai tukar mata uang yang rendah juga menjadikan Laos sebagai salah satu negara tujuan wisata murah. Meskipun begitu, ternyata tingkat keamanan di Laos juga termasuk bagus lho karena berada dalam 50 besar ranking GPI.

Di sini, kamu bisa menikmati bangunan bersejarah untuk agama Hindu dan Budha yang eksotis. Selain itu, pemandangan alam yang dramatis juga menjadi daya tarik tersendiri untuk aktivitas liburan yang menyenangkan. Sebut saja Air Terjun Kuang Si hingga deretan bukit tinggi menjulang di Nong Khiaw.

4. Mongolia (GPI = 46, 1 MNT = 5.95 IDR)

Apa yang kamu bayangkan pertama kali mengenai Mongolia? Genghis Khan? Ya, Mongolia memang terkenal dengan kekuatan perang beserta panglima pengatur strategi yang handal. Selain itu sebanyak 30 persen penduduk Mongolia menggunakan sistem hidup nomaden, lho! Tidak heran bila masyarakatnya sangat menghargai para backpacker yang berwisata ke sana.

Berada di antara Rusia dan China, Mongolia memiliki iklim yang unik dengan salju di musim dingin serta kering di musim panas. Bentangan alam yang indah juga tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke sini, seperti bukit merah Bayanzag atau Otgontenger yang memiliki salju abadi di puncaknya.

Untuk mengurus visa, terlebih dahulu kamu harus mendapatkan surat undangan dari travel agent di Mongolia lalu memprosesnya di kedutaan besar Mongolia di Indonesia. Tenang saja, surat undangan tersebut memang diperjualbelikan oleh travel agent di sana sehingga kamu tidak harus mengikuti agenda liburan dari travel agent tersebut.

5. Korea Selatan (GPI = 49, 1 KRW = 13.47 IDR)

Terakhir, ada Korea Selatan. Dengan tingkat keamanan yang cukup baik, kamu tidak perlu terlalu takut untuk solo backpacker ke Korea Selatan. Hampir sama seperti Jepang, banyak tips dan trik yang bisa kamu gunakan untuk menekan pengeluaran liburan selama di Korea Selatan. Baca di sini untuk mengetahui lebih jauh itinerary liburan ke Korea Selatan.

Terlebih, banyak aktivitas liburan gratis yang bisa kamu nikmati di sana seperti mengunjungi Desa Bukchon Hanok atau berjalan-jalan sepanjang Sungai Cheonggyecheon. Jika ingin bebas visa, kamu bisa khusus menjelajahi Pulau Jeju yang indah. Jadi, kapan solo backpacker ke Korea Selatan?

Baca juga: 7 Tips dan Trik Mencari Tiket Murah Pesawat Untuk Liburan Hematmu

Semoga daftar negara di atas bisa menghapus keraguanmu terhadap agenda solo backpacking ke luar negeri ya. Yuk, rencanakan liburan ala solo backpacker!

 

 

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru