7 Tips Dan Trik Mencari Tiket Murah Pesawat Untuk Liburan Hematmu

Tiket pesawat biasanya memakan porsi paling banyak dari alokasi dana liburan. Nah, agar liburan lebih terencana dan tidak menguras banyak tabungan, mencari tiket pesawat murah menjadi hal yang wajib dilakukan.

Khusus untuk penerbangan domestik, berburu tiket murah kini menjadi hal yang cukup sulit. Semenjak ditetapkannya tarif batas bawah dan atas untuk penerbangan domestik, tidak ada lagi perlombaan tarif antar maskapai. Dampaknya, tiket super murah jadi lebih sulit diperoleh.

Tapi, tenang saja, sulit bukan berarti tidak mungkin, kan? Berikut ini adalah tujuh tips dan trik mencari tiket pesawat murah. Tidak ada lagi alasan untuk tidak mendapatkan tiket pesawat murah.

1. Tentukan negara Atau tempat tujuan wisata

Negara atau tempat tujuan wisata akan menjadi penentu utama kapan waktu yang pas untuk memulai perjalanan. Mengapa? Sebab setiap negara dan tempat tujuan berlibur bisa jadi memiliki waktu high dan low season yang berbeda.

Hal tersebut biasanya dipengaruhi oleh musim, festival tahunan maupun liburan panjang di daerah yang bersangkutan. Sebagai contoh, bulan Juni merupakan musim terbaik untuk mengunjungi Asia dan Eropa. Tidak heran bila banyak orang bepergian lintas negara dan benua di sekitar bulan tersebut.

Sebaliknya, bulan Januari hingga Maret diprediksi menjadi bulan low season untuk dunia pariwisata secara umum. Nah, kamu bisa mengunjungi halaman situs resmi pariwisata negara atau daerah yang bersangkutan untuk melakukan riset sebelum bepergian.

2. Tips mendapatkan tiket pesawat murah, teliti jadwal keberangkatan

Ada beberapa rahasia umum yang bisa kamu gunakan sebagai panduan penentuan waktu keberangkatan. Di antaranya adalah menghindari jadwal keberangkatan saat akhir pekan dan hari libur. Karena sudah pasti banyak orang yang akan menggunakan waktu tersebut untuk bepergian, bukan? Sama halnya dengan hari Senin dimana banyak orang memulai perjalanan bisnisnya.

Jam keberangkatan biasanya juga memberikan perbedaan harga yang cukup signifikan lho. Khususnya untuk rute domestik yang sibuk seperti Jakarta dan Surabaya. Jam keberangkatan paling awal dan paling akhir cenderung dihargai lebih murah.

3. Survei dan riset rute perjalanan atau itinerary untuk mendapatkan tiket pesawat murah

Rute perjalanan juga akan mempengaruhi biaya perjalanan pesawatmu. Khususnya jika kamu memerlukan transit di suatu kota sebelum menuju tujuan utama. Sebagai contoh untuk penerbangan domestik dari Jakarta ke Sumba kamu bisa memilih penerbangan langsung dengan kisaran harga 1,500,000 IDR pada hari kerja. Namun ternyata kamu bisa berhemat kurang lebih 200,000 hingga 300,000 IDR jika melakukan penerbangan ke Sumba via Denpasar, Bali. Lumayan, kan?

Begitu pula dengan penerbangan internasional. Manfaatkan tiket transit untuk berjalan-jalan sebentar di negara persinggahan sebelum menuju tujuan utama. Baca di sini untuk mengetahui beragam program transit yang ditawarkan maskapai penerbangan internasional.

4. Lakukan pemesanan pada waktu yang tepat

Membeli tiket dadakan faktanya tidak membuat harga tiket pesawat jadi lebih murah. Oleh karena itu, hindari untuk memesan tiket pesawat kurang dari 30 hari sebelum waktu keberangkatan. Hal ini sudah pasti akan membuatmu mendapatkan harga yang cenderung mahal.

Selain itu, riset dari ARC (Airlines Reporting Corporation) dan Expedia membuktikan bahwa tiket yang dipesan dari Indonesia pada hari Selasa cenderung lebih mahal dibanding hari-hari lainnya. Jadi, hindari memesan tiket pesawat pada hari Selasa ya.

5. Cari info travel fair online dan offline

Meski penetapan tarif batas bawah angkutan udara telah diatur, namun operator maskapai tetap bisa menjual tiket promo kok. Coba pelajari agenda rutin travel fair suatu maskapai dan dapatkan tiket murah pesawat untuk rute-rute yang telah ditetapkan. Tidak ada salahnya berlangganan newsletter dari suatu maskapai pesawat terbang untuk mengetahui secara cepat informasi diadakannya travel fair baik online maupun offline.

6. Pilih jenis maskapai penerbangan yang akan digunakan

Jenis maskapai penerbangan yang kamu pilih tentunya akan sangat mempengaruhi harga tiket pesawat. Pilihlah maskapai jenis LCC (Low Cost Carrier) untuk pilihan tiket yang lebih murah. Namun tetap pelajari juga track record maskapai tersebut ya. Jangan sampai terjebak harga murah namun mengabaikan sisi keselamatan dan kenyamanan sebagai penumpang.

7. Gunakan aplikasi smartphone untuk bantuan notifikasi mendapatkan tiket pesawat murah

Saat ini sudah banyak aplikasi smartphone yang akan membantumu untuk menemukan harga tiket pesawat yang murah. Salah satunya adalah Hipmunk. Dengan memanfaatkan teknologi, kamu akan lebih mudah mendapatkan notifikasi tiket murah pesawat sesuai dengan rancangan perjalananmu. Mudah sekali, bukan?

Baca juga: Liburan Murah Ke Luar Negeri; Negara Bebas Visa Dengan Nilai Mata Uang Yang Rendah

Bagaimana? Sudah siap berburu tiket murah pesawat? Meskipun dibutuhkan kegigihan dan semangat yang tinggi untuk mendapatkannya tapi dijamin perjuanganmu tidak akan sia-sia. Akhirnya, selamat berburu dan semoga beruntung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru