Soto Semarang Enak Ini Harus Dicoba, 10 Tempat Ini Wajib Jadi Jujukan!

Pernah mendengar tentang menu soto Semarang enak? Soto yang memang berasal dari kota Semarang ini sekilas nampak seperti soto ayam biasa. Namun sebenarnya ada beberapa perbedaan. Kuah soto semarang berwarna coklat bening, menggunakan bihun dan taburan bawang goreng serta diberi potongan daging sapi atau ayam.

Tentunya akan lebih seru jika kamu menyantap soto Semarang langsung di kota asalnya. Maka kamu tidak boleh melewatkan tempat-tempat makan yang kondang di sana. Catat lokasinya dari rekomendasi TripZilla Indonesia di sini, ya!

1. Soto Bangkong, soto dengan daging ayam yang nikmat

soto semarang enak
Image credit: @makankalap 

Meski namanya Soto Bangkong, isi dagingnya tidak menggunakan daging bangkong atau katak. Disajikan bersama dengan daging ayam, kuah soto ini berwarna kecoklatan karena campuran kecap. Uniknya, kecap yang dipakai adalah buatan sendiri sehingga terasa berbeda. Kamu bisa menyantapnya dengan nasi terpisah atau mencampurnya ke dalam mangkuk soto sehingga menyerap kuah yang ada. Datang dan rasakan kesegarannya, ya!

Lokasi: Ruko Bangkong Plaza, Jl. Brigjen Katamso No.1, Peterongan, Kec. Semarang Sel., Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 16,000 IDR

2. Soto Ayam Pak Ra’an, soto Semarang enak melegenda sejak 1970

Image credit: @handystummy 

Mau mencicipi soto Semarang yang legendaris? Kamu perlu mampir ke Soto Ayam Pak Ra’an yang mengklaim sudah berdiri sejak tahun 1970. Selain rasanya enak, harganya juga tetap terjangkau. Kamu bisa memilih menu satuan atau paket dengan harga yang lebih ekonomis. Rasanya akan semakin mantap bila ditambah dengan sate kerang, tempe yang garing dan banyak lagi lauk pendamping lain yang yummy.

Lokasi: Jl. Wage Rudolf Supratman X, Gisikdrono, Semarang Barat, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 05.30 WIB – 15.30 WIB
Harga: Mulai dari 13,000 IDR

3. Soto Bokoran, soto Semarang enak yang banyak penggemar

soto semarang enak
Image credit: @lets.go.eat

Membicarakan soto Semarang, tidak sah kalau belum menyebut nama Soto Bokoran. Tempat makan soto ini juga sudah melegenda karena berjualan sejak tahun 1949 dan tetap populer sampai sekarang. Ada yang berbeda dari soto ini, yaitu kuahnya yang berupa kuah kaldu dicampur dengan kuah sate. Jadi ketika kamu menyantapnya, tidak hanya gurih yang terasa tapi juga manis yang akan tertinggal di lidahmu. Disajikan dalam mangkuk kecil, dijamin kamu bisa menghabiskan lebih dari satu porsi!

Lokasi: Jl. Plampitan No.55, Bangunharjo, Kec. Semarang Tengah, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 14.00 WIB
Harga: Mulai dari 17,000 IDR

4. Soto Ayam Pak Darno, penampilan sederhana dengan rasa yang kaya

Image credit: @queenollay1023

Salah satu tempat makan soto Semarang yang juga menarik untuk dikunjungi adalah Soto Ayam Pak Darno. Meski penampilannya tampak sederhana, namun rasanya bisa membuat banyak orang jadi penggemarnya. Bihun yang lembut dengan daging ayam dan kuah yang gurih sudah terasa enak tanpa tambahan lainnya. Apalagi jika kamu menyantapnya dengan sate ayam atau sate telur, pasti akan makin mantap!

Lokasi: Jl. MH Thamrin No.88, Miroto, Kec. Semarang Tengah, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 20.30 WIB
Harga: Mulai dari 18,000 IDR

5. Soto Neon Pak Nie, bukan cuma soto Semarang enak yang bisa dicoba

soto semarang enak
Image credit: @semarangfoodmatters

Berawal dari berjualan di gerobak dengan lampu neon sebagai penerangnya, lahirlah Soto Neon Pak Nie. Saat ini kamu bisa menjumpai tempat makannya di bangunan yang nyaman dan mudah ditemukan di daerah Brumbungan. Soto Semarangnya tentu wajib dicoba namun kamu juga bisa mencicipi menu lain yang tidak kalah nikmat. Ada tahu gimbal, gado-gado dan ayam geprek untuk dipilih. Pasti menggoda apalagi jika disantap di malam hari.

Lokasi: Jl. Pringgading No.16, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

6. Soto Selan, tidak hanya ada di Semarang

soto semarang enak
Image credit: @e_ndro 

Soto Selan menjual soto semarang dengan rasa dominan manis. Ada pula gorengan seperti perkedel, tempe dan aneka sate yang bisa kamu tambahkan. Menggunakan daging ayam kampung, kamu bisa merasakan gurih dan lembut yang khas ketika menikmatinya. Bila kamu tidak sempat berkunjung ketika berada di Semarang, kamu pun bisa menjumpai cabangnya di Jakarta. Jadi tidak sulit untuk mengunjunginya bukan?

Lokasi: Jl. Depok No.36D, Kembangsari, Kec. Semarang Tengah, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 14.00 WIB
Harga: Mulai dari 30,000 IDR

7. Soto Ayam Bang Ari, soto Semarang enak yang berbeda tapi mengesankan

soto semarang enak
Image credit: @ny.rempong

Apa yang membuat Soto Ayam Bang Ari ini berbeda? Ternyata penjualnya masih memasak menggunakan tungku kayu bakar sehingga menghasilkan rasa yang khas. Kamu perlu mencoba sendiri untuk merasakan bedanya. Selain itu kamu juga bisa makan lunpia yang juga merupakan makanan khas Semarang lainnya. Menarik!

Lokasi: Jl. Wr. Supratman, Kalibanteng Kidul, Kec. Semarang Barat, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 14,000 IDR

8. Soto Ayam Khas Semarang Pak Man, semangkuk kesegaran yang banyak penggemarnya

Image credit: @ankiyusantiana

Bila menyebut Soto Ayam Khas Semarang Pak Man, maka orang akan mengingat tempat makan soto ini sebagai yang sering dikunjungi pejabat. Sandiaga Uno dan Erick Thohir konon merupakan dua orang yang mengisi perut di sini. Bagaimana dengan rasanya? Soto dengan kuah yang gurih dan bisa kamu tambahkan dengan perasan jeruk nipis dijamin anti gagal. Begitu juga dengan lauk pendampingnya seperti tahu bakso, sate hati dan beragam sate lainnya, pas banget untuk teman makan sotomu.

Lokasi: Jl. Pamularsih Raya No.32, Salamanmloyo, Kec. Semarang Barat, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 19.00 WIB
Harga: Mulai dari 18,000 IDR

9. Soto Ayam Dargo Pak Wito, sedapnya dapat dirasakan di setiap cabangnya

Image credit: @ricebucketummy

Soto Ayam Dargo Pak Wito memang sudah membuka banyak cabang sehingga mudah ditemukan di seantero Semarang. Bikin penasaran kan, seenak apa rasa soto semarangnya sampai bisa sepopuler itu? Seporsi soto dapat menjadi obat bagi rasa penasaran dan laparmu. Tambah dengan kecap dan jeruk nipis, sate kerang, bakwan jagung dan telur ayam untuk membuat rasa semakin ramai. Kamu tidak hanya akan merasa kenyang tapi juga senang karena enaknya.

Lokasi klik di sini
Jam Buka klik di sini
Harga: Mulai dari 16,000 IDR

10. Soto Angkring Mas Boed, sedapnya wajib kamu coba

Image credit: Soto Angkring Mas Boed

Usaha soto semarang yang awalnya merupakan usaha rumahan ini terbukti populer. Soto Angkring Mas Boed akan menawan lidahmu dengan rasanya yang kaya. Porsi yang pas akan membuat rasa bawang goreng dan kuah yang berbumbu terasa sempurna. Bila sudah puas dengan hidangan utama, maka kamu bisa mencoba es gunung durian lava untuk pencuci mulut. Makanan di sini tidak hanya terlihat menggiurkan tapi juga memuaskan di lidah dan kantongmu.

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman No. 103, Semarang Barat, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 14,000 IDR

Baca juga: 21 Destinasi Wisata Kuliner Malam Nikmat Untuk Dicicipi Di Semarang

Jadi jika berlibur ke Semarang, jangan hanya mencicipi lunpia saja. Ada juga soto semarang yang tidak kalah enaknya lho!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru