21 Destinasi Wisata Kuliner Malam Nikmat Untuk Dicicipi Di Semarang

Jauh-jauh ke Semarang, jangan lupa berkeliling kota sampai puas dari pagi hingga malam hari. Ketika lapar menyerang di malam hari, kamu dapat mencari tempat pengisi perut di se-antero Semarang. Tidak perlu khawatir karena Semarang punya banyak lokasi wisata kuliner malam yang seru!

Kamu dapat menikmati makanan dengan harga yang merakyat dan rasa khas Semarang di tempat-tempat ini. Lokasi yang umumnya berupa warung akan membuatmu semakin merasakan kentalnya nuansa tradisional Jawa. Ingin merasakan wisata kuliner malam yang membuat liburanmu di Semarang makin berkesan? Berbagai tempat rekomendasi TripZilla Indonesia di sini layak untuk kamu kunjungi, lho!

1. Mengakhiri hari di akhir pekan dengan nongkrong di Waroeng Semawis

Image credit: Waroeng Semawis Semarang

Lokasi yang juga biasa disebut Pasar Malam Semawis ini adalah gudangnya menu-menu khas Semarang. Hanya dibuka saat akhir pekan, kamu tidak boleh berlibur ke Semarang tanpa mengunjungi tempat ini! Begitu memasuki kawasan Waroeng Semawis, kamu akan disambut jajaran tenda penjual makanan yang dapat membuat perutmu bernyanyi keroncongan.

kuliner malam semarang
Image credit: @foodbuddies.id

Menu unik yang bisa kamu coba di antaranya adalah gurita bakar dan sate gurita. Melihat daging gurita yang dilumuri bumbu yang kelihatan sedap dijamin membuat air liurmu menetes. Ada pula penjual aneka tahu walik seperti tahu walik berisi daging ayam, ikan atau udang. Untuk membuat mulutmu terasa manis, cobalah dawet beras durian yang segar!

Lokasi: Jl. Gang Warung No. 50, Kauman, Semarang
Jam Buka: Jumat – Minggu pukul 18.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

2. Mencoba menu kuliner dari malam sampai subuh di Nasi Kucing Pak Gik Gajahmada Semarang

Image credit: @ridwanpradana

Warung nasi kucing ini legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1960an. Kalau kamu belum mengantuk atau masih penasaran ingin mengeksplorasi kota Semarang pada tengah malam, maka kamu bisa mampir ke Nasi Kucing Pak Gik Gajahmada. Buka hingga pukul 4 pagi, lauk-pauk yang ada bakal jadi pengusir kantuk yang mantap.

Image credit: Angkringan Pak Gik Semarang

Harganya murah meriah dan jenis lauk hingga nasi kucingnya sangat beragam.  Terdapat sekitar 16 macam nasi semisal nasi rambak, nasi kuning, nasi rempelo dan masih banyak lagi yang bikin bingung saat memilih. Tambah lagi dengan deretan gorengan semacam tahu bacem, mendoan atau martabak. Dari nasi yang porsinya dianggap seperti untuk porsi makan kucing ini, kalau tidak hati-hati, bisa-bisa kamu pulang dengan kekenyangan!

Lokasi: Jl. Inspeksi, Gabahan, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 21.00 WIB – 04.00 WIB
Harga: Mulai dari 1,000 IDR

3. Menjajal kuliner di malam yang luar biasa di Seafood Pak Jari Semarang

Image credit: Seafood Pak Jari Owner

Bisa jadi kamu sudah pernah mendengar tentang Seafood Pak Jari . Tempat ini memang kondang hingga di luar Semarang, berkat variasi hidangan lautnya yang lengkap dan harganya yang bersahabat. Apalagi nikmatnya daging seafood ditambah dengan hembusan angin malam dikenal sebagai kombinasi yang sulit ditolak?

Image credit: @infosemarangkuliner

Salah satu menu unggulan dari Seafood Pak Jari adalah serimping yang dapat diolah dengan berbagai bumbu, misalnya serimping saos padang. Lengkapi dengan menu lainnya seperti kepiting asam manis atau udang bakar kecap dilengkapi sayur cah kangkung bawang yang akan menggoyang lidahmu.  Bisa lupa waktu kalau tanganmu sudah mulai menyentuh nasi panas dan lauknya di sini!

Lokasi: Jl. Simpang Lima, Pleburan, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 17.00 WIB – 05.00 WIB
Harga: Mulai dari 6,000 IDR

4. Mencicipi rasa yang tidak sesederhana penampilan di  Nasi Ayam Bu Sami

Nasi ayam sudah jelas isinya adalah nasi dengan lauk ayam. Meski demikian, jangan meremehkan hidangan yang terdengar sederhana ini.  Tempatnya berupa warung di mana kamu bisa makan sambil lesehan dan melihat sang penjual meracik nasi dengan lauknya. Awas, bisa bikin makin lapar, lho!

kuliner malam semarang
Image credit: @semarangfoodmatters

Nasi yang digunakan adalah nasi liwet dengan lauk opor ayam, krecek, telur pindang dan tahu. Kalau enaknya rasa dari hidangan ini membuatmu ingin nambah, coba juga lauk tambahannya seperti sate jeroan, kepala ayam atau sate daging. Penasaran dengan rasa nasi ayam yang sudah buka sejak tahun 1975 ini? Mampir dan buktikan kelezatannya, ya!

Lokasi: Pojok Matahari Simpang Lima, Karangkidul, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 23.00 WIB – 06.00 WIB
Harga: Mulai dari 3,000 IDR

5. Jangan kalap melihat aneka lauk pendamping di Nasi Ayam Bu Wido

Image credit: @food.journey_

Lokasi wisata kuliner malam di Semarang bermenu nasi ayam lain yang bisa kamu sambangi adalah Nasi Ayam Bu Wido. Memasuki warungnya, matamu pasti akan tertumbuk ke lauk-pauk yang terpampang di etalasenya. Apabila memesan seporsi nasi ayamnya, kamu akan langsung mendapat nasi dengan lauk ayam suwir, krecek, telur dan sayur labu yang disiram dengan kuah opor.

kuliner malam semarang
Image credit: @avielanitakarina

Tentunya kamu tidak akan puas hanya melihat aneka jenis sate seperti sate usus, sate rempelo ati dan sate telur puyuh yang menggoda. Coba juga menyantap nasinya dengan tambahan kepala ayam atau sayap ayam. Semakin nikmat dan mengenyangkan, pas untuk kamu yang tidak bisa tidur kalau lapar!

Lokasi: Jl. Melati Selatan, Brumbungan, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 16.30 WIB – 23.00 WIB
Harga: Mulai dari 3,000 IDR

6. Menjajal kuliner nasi gandul yang tidak dipikul saat malam di Nasi Gandul Pak Memet Semarang

Konon katanya, nama nasi gandul berasal dari penjual nasi yang awalnya menggunakan pikulan sehingga dagangannya terlihat gandul atau menggantung. Tapi di masa kini, kamu bisa mencoba enaknya makan nasi gandul tanpa harus menunggu pedagang dengan pikulan lewat. Salah satu tempat yang tersohor di Semarang adalah nasi gandul Pak Memet.

kuliner malam semarang
Image credit: @foo.ga

Kekhasan nasi gandul ini terletak pada kuahnya yang terasa gurih berempah. Enak banget untuk disantap malam hari! Ditambah dengan lauk yang bisa dipilih sendiri  semisal kikil, otak sapi hingga lidah sapi, rasanya akan makin semarak di mulutmu. Menggoda, bukan?

Lokasi: Jl. Dr. Cipto No. 12, Bugangan, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 16.00 WIB – 21.30 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

7. Menghirup gurihnya bumbu di Nasi Liwet Bu Widodo

kuliner malam semarang
Image credit: @ditmannfood

Nasi liwet juga menjadi santapan yang dapat kamu temukan di Semarang.  Nasi Liwet Bu Widodo yang dijajakan di kawasan Simpang Lima menjadi tempat yang bisa kamu kunjungi untuk melepas kangen dengan nasi liwet di malam hari. Warung yang sudah berdiri sejak sekitar 30 tahun yang lalu ini tetap banyak penggemarnya hingga kini.

Setelah mendapat seporsi nasi liwet, kamu bebas memilih lauk pendampingnya seperti telur bacem, sayur labu dan tentu saja ayam suwir. Suasana khas kaki lima menciptakan atmosfer yang bisa bikin makan terasa lebih nikmat, lho!

Lokasi: Jl. Simpang Lima, Karangkidul, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 17.00 WIB – 24.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

8. Nikmatnya rempah yang terasa dalam semangkuk Soto Pak No

kuliner malam semarang
Image credit: @lexilexifx

Soto Pak No menyajikan soto ayam dengan kuah yang terasa segar dan bikin nagih. Punya banyak isian, tidak heran kalau warung soto ini sangat digemari. Selain itu, menyeruput kuah soto yang panas di malam hari pasti akan membuat rasanya semakin nikmat. Kalau tidak puas hanya dengan semangkuk soto ayam kampungnya, kamu dapat menambah lauk dengan sate kerang, tempe goreng hingga sate usus. Nyam!

Lokasi: Jl. Kaligarang Raya, Barusari, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 3,000 IDR

9. Butiran bakso padat yang bikin lapar mata di Bakso Doa Ibu

kuliner malam semarang
Image credit: @hannyhakim5257

Harga yang terjangkau menjadi daya tarik dari warung Bakso Doa Ibu. Tapi tidak hanya itu. Coba saja lihat ukuran baksonya yang besar dan seporsi bakso yang penuh dengan isi. Tentu saja rasanya juga enak sehingga cocok untuk jadi pilihan jajan malammu di Semarang.

Menyeruput kuah bakso terasa makin asyik karena kamu bisa minta penjual menambahkan jeroan semisal iso babat ke dalam mangkukmu. Gurihnya kuah berpadu dengan daging bakso membuat malam berjalan tidak terasa. Apakah semangkuk akan cukup untukmu?

Lokasi: Jl. Sompok Baru No. 57, Peterongan, Semarang
Jam Buka: Selasa – Sabtu 24 jam, Minggu – Senin pukul 11.30 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 1,000 IDR

10. Mencomot aneka kuliner di malam hari sambil mendengar musik di Angkringan Blendoek – RENOOZ© Semarang

Image credit: @kokodemenkuliner

Apa yang membuat acara makan di angkringan itu ngangenin? Selain harganya terjangkau, lauk-pauk yang beragam sangat menggoda untuk dicomot. Asyiknya lagi kalau kamu makan di Angkringan Blendoek, ada juga hiburan musik yang enak didengar. Bikin betah menghabiskan malam di sini!

Image credit: @kokodemenkuliner

Nasi udang, nasi empal, nasi ayam bumbu bali, nasi babat gongso hingga sederet pilihan nasi kucing lainnya dapat kamu cicipi. Tidak hanya kenyang mencoba aneka pilihan nasi, kamu juga disuguhi berbagai jenis gorengan, sate hingga kue-kue untuk hidangan penutup. Sebagai pelepas dahaga, wedang uwuh atau teh tarik yang manis juga tersedia.

Lokasi: Jl. Gajahmada No. 138, Gabahan, Semarang
Jam Buka: Senin – Jumat pukul 17.00 WIB – 22.30 WIB, Sabtu – Minggu pukul 17.00 WIB – 23.00 WIB
Harga: Mulai dari 3,000 IDR

11. Mengenyangkan perut dengan dim sum hangat di Warung Dim Sum (Wardim)

Warung Dim Sum yang sering disebut Wardim ini berlokasi di dalam Hotel Horison dan buka sepanjang hari. Walau namanya warung, tetapi lokasinya sangat nyaman dengan dekorasi khas China yang kental. Kamu bisa melewatkan malam sambil mengunyah berporsi-porsi dim sum hangat dan kenyal menggiurkan di sini.

kuliner malam semarang
Image credit: @kokodemenkuliner

Tentu saja kamu bisa makan banyak karena beragam dim sum dijual dengan harga yang terjangkau. Siomay udang, bakpao, kaki ayam atau onde-onde kacang merah hanya beberapa jenis dim sum yang ada. Kamu bisa juga memesan tom yam goong atau nasi tim jika ingin makan dengan porsi lebih besar. Menggiurkan!

Lokasi: Jl. MT. Haryono 32-38, Purwodinatan, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 8,000 IDR

12. Makan si hitam manis yang sedap di Tahu Petis Prasojo

Image credit: Tahu Petis Prasojo

Berdiri sejak tahun 1980an, enaknya Tahu Petis Prasojo bakal membuatmu kembali lagi dan lagi. Dimakan saat malam hari, isian petis yang terbuat dari udang dan bumbu-bumbu akan membuat air liurmu menetes. Tahu Petis Prasojo juga tersedia dalam kemasan agar kamu dapat membawanya pulang untuk buah tangan.

kuliner malam semarang
Image credit: Tahu Petis Prasojo

Selain tahu petis, kamu juga dapat mencicipi menu-menu lainnya. Tahu berontak, tahu isi atau tahu susur adalah jenis-jenis olahan tahu yang juga tersedia. Menu selain tahu seperti  rolade goreng isi daun singkong yang unik dan montok ini  juga menarik untuk disantap.

Lokasi: Pleburan, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 15.00 WIB – 01.00 WIB
Harga: Mulai dari 2,000 IDR

13. Menikmati kelezatan dan kegurihan kuliner khas, Lunpia Semarang 24 Jam

Image credit: LUNPIA SEMARANG 24 JAM

Kalau sedang di Semarang, pasti kamu mencari lunpia untuk disantap. Tidak hanya di siang hari, lunpia juga tersedia sampai pagi buta di Lunpia Semarang 24 Jam. Siap-siap merasakan renyahnya rebung berpadu telur yang disiram dengan saus khas lunpia ya!

Tidak hanya lunpia goreng, ada pula lunpia basah yang bisa kamu coba. Selain yang sudah jadi, kamu pun bisa membeli lunpia beku. Ditambah dengan taburan bawang merah, bawang putih serta daun bawang, rasa lunpia akan semakin segar di mulutmu. Kudapan yang bakal bikin lidahmu menari-nari nih!

Lokasi: Jl. Pemuda No.30, Pandansari, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 12,000 IDR

14. Pisang Plenet Pak Yuli, si kecil menggemaskan yang tidak cukup satu

kuliner malam semarang
Image credit: @semarangfoodmatters

Duduk di pinggir jalan di tengah malam? Pasti berani kalau duduknya di warung Pisang Plenet Pak Yuli. Enaknya pisang yang digepengkan akan menggodamu untuk menyambangi warung ini ketika lapar di malam hari. Sejak tahun 1970, pisang ini sudah dijajakan, lho!

Rasa smokey akan menyertai setiap suapan pisangmu. Pisang yang sudah digepengkan akan dibakar, kemudian diberi topping seperti keju dan cokelat sebelum dihidangkan. Harganya juga terjangkau, jadi jangan ragu untuk beli beberapa porsi sekaligus!

Lokasi: Jl. Gajahmada No. 13, Kembangsari, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 17.00 WIB – 24.00 WIB
Harga: Mulai dari 6,000 IDR

15. Satu lagi menu kuliner malam yang sayang untuk dilewatkan, Nasi Gandul Pak Subur Semarang

kuliner malam semarang
Image credit: @separuhakulemak

Ingin berpesta nasi gandul dengan aneka jeroannya? Datangi saja warung Nasi Gandul Pak Subur yang juga kondang di Semarang. Duduk di tenda pada malam hari terasa menyenangkan apalagi sambil mengunyah sepiring nasi gandul yang bercampur kuah.

Kuahnya terasa gurih dengan irisan daging sapi yang menggoda. Dijamin kamu akan menambah pesananmu dengan lauk seperti lidah, limpa, babat atau kikil yang menambah citarasa. Ambil juga aneka kerupuk seperti kerupuk terung atau emping manis untuk sensasi kriuk yang asyik.

Lokasi: Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 39, Karangkidul, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 17.00 WIB – 22.30 WIB
Harga: Mulai dari 3,000 IDR

16. Menikmati kuliner yang disukai sejuta umat kala malam di Nasi Goreng Babat Hengky Semarang

kuliner malam semarang
Image credit: @horizonhoman

Siapa yang tidak suka nasi goreng? Nasi yang umumnya berwarna coklat karena kecap manis ini disukai semua kalangan, terutama jika disantap di malam hari. Asap yang mengepul dari nasi panas yang tertiup angin malam akan membuatmu ingin cepat-cepat mencicipinya.

Nasi goreng babat Hengky ini menyediakan nasi dengan isian babat yang digoreng menggunakan kayu bakar. Tentu saja aroma bakaran akan menambah semarak rasa nasi gorengnya. Satu piring akan habis tanpa terasa, lho! Cicipi saja kalau tidak percaya!

Lokasi: Jl. Puri Anjasmoro Blok K, Tawangsari, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 17.00 WIB – 23.00 WIB
Harga: Mulai dari 25,000 IDR

17. Berputar-putar untuk mencari yang dingin di Es Puter Cong Lik

Image credit: @kulinerteruz

Malam hari seharusnya tidak jadi penghalang bagimu untuk mengudap hidangan dingin. Pasalnya, di Semarang ada Es Puter Cong Lik yang lezat dan legendaris. Sudah dijajakan sejak tahun 1982, pastinya ada sesuatu yang bikin hidangan ini banyak penggemarnya kan?

kuliner malam semarang
Image credit: @evelfoodstory

Ada berbagai varian rasa seperti cokelat, durian, kelapa muda dan alpukat yang tersedia. Tidak hanya es saja yang kamu dapatkan melainkan juga aneka isian seperti kolang kaling, mutiara dan potongan roti. Bahkan ada pula yang ditambahkan dengan potongan buah durian. Mantap pokoknya!

Lokasi: Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 11, Karangkidul, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 18.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

18. Mengunyah nasi rames murah meriah di Warung Makan 86

kuliner malam semarang
Image credit: @semarangfoodmatters

Warung Makan 86 ini menjual menu unggulan nasi rames yang penuh dengan lauk-pauk. Kalau kamu keroncongan saat sedang berkeliling Semarang di malam hari, maka sepiring nasi ini pas untukmu. Harganya pun terjangkau karena kamu bisa memperoleh nasi rames dengan harga mulai dari 10,000 IDR saja. Kamu pun dapat membeli minuman hangat seperti STMJ atau hidangan penutup seperti ketan susu yang legit dan manis. Setelah makan di sini, energimu pasti penuh untuk lanjut berjalan-jalan lagi!

Lokasi: Jl. Abdulrahman Saleh, Kalibanteng Kidul, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 17.00 WIB – 02.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

19. Kuliner malam di tempat yang hits di RV Cafe Semarang

Image credit: RV Cafe 24 Hours Semarang

RV Cafe terletak di tepi jalan dan punya banyak tempat duduk luar ruang. Selain itu, penataannya pun nyaman dengan pencahayaan yang trendy ala kafe. Jadi kalau kamu ingin makan tapi sedang tidak ingin ke warung, maka arahkan kakimu ke RV Cafe ini.

Banyak menu dari hidangan Barat hingga Nusantara yang bisa dipilih. Iga bakar, tuna sandwich, sup buntut atau banana rosela akan membuatmu penasaran dengan rasanya. Jadi kamu punya selera makan lokal atau mancanegara nih?

Lokasi: Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 6, Pekunden, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 16,000 IDR

20. Menu mi dan roti yang tidak pernah salah di Sedap Malam (Warung Internet dan Roti Bakar) Sumur

Image credit: @explorefoodsmg

Warung ini menjadi tempat nongkrong favorit bagi para mahasiswa di Semarang. Harga terjangkau, lokasi di pinggir jalan dan tentunya menu yang disukai semua orang jadi daya tariknya. Menu utamanya tentu saja mi dengan aneka topping dan roti bakar yang sulit untuk ditolak.

Meski olahan mi di sini dibuat dari mi instan, tapi rasanya bisa berbeda dengan mi instan buatanmu di rumah lho! Supaya makin puas, kamu dapat memesan juga roti kornet atau roti nanas sesuai keinginanmu. Tutup dengan meneguk es ovaltin keju atau es jeruk untuk menyegarkan tubuhmu di malam hari.

Lokasi: Jl. Ngesrep Tim. V, Sumurboto, Kec. Banyumanik, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 17.00 WIB – 03.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

21. Menghangatkan tubuh di malam hari dengan kuliner serba kambing di Sate Kambing Pak Untung Semarang

kuliner malam semarang
Image credit: @makandisemarang

Tidak semua orang menyukai daging kambing karena bila pengolahannya tidak benar, maka daging kambing dapat berbau kurang sedap. Tetapi di warung Sate Kambing Pak Untung, kamu bisa merasakan nikmatnya sate dan tongseng kambing yang hanya mengeluarkan bau sedap dari bumbu-bumbunya.

Image credit: @moniqcen

Tongseng kambing dengan kuahnya yang kental akan menerbitkan air liurmu. Racikan daging kambing lainnya seperti tengkleng dan bestik kambing juga menanti untuk dicicipi. Akan makin asyik kalau kamu berkunjung ramai-ramai supaya bisa memesan banyak menu sekaligus!

Lokasi: Jl. MT. Haryono No. 273, Jagalan, Semarang
Jam Buka: Senin – Sabtu pukul 17.00 WIB – 24.00 WIB
Harga: Mulai dari 40,000 IDR

Baca juga: Tahu Gimbal Enak Semarang Yang Bakal Membuat Lidahmu Bergoyang

Sudah siap menyusun itinerary wisata ke Semarang dari pagi hingga malam, atau bahkan subuh? Tidak ada yang akan melarangmu untuk lapar di malam hari karena semua kuliner yang nikmat ini mudah untuk kamu temukan di Semarang!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru