9 Festival dan Acara Yang Tidak Boleh Dilewatkan Untuk Merayakan Keberagaman Budaya Singapura

Singapura memiliki kekayaan dan keragaman budaya yang menarik bagi wisatawan dari berbagai latar belakang. Setiap tahun, Negeri Singa merayakan berbagai festival dan acara budaya yang menampilkan keunikan yang beragam dengan penuh antusias. Mulai dari perayaan Tahun Baru Imlek yang membuat seluruh kawasan Chinatown menjadi merah hingga bazaar Ramadhan yang semarak di Kampong Gelam selama bulan Ramadhan menjelang Hari Raya, selalu ada sesuatu yang mengesankan untuk dinikmati.

Berikut adalah beberapa festival budaya terbaik di Singapura yang digelar sepanjang tahun. Bersiaplah untuk menyelami perpaduan beragam budaya yang dinamis di negara ini!

Baca juga: Singapore Art Festival: Panduan Mengikuti Pekan Seni Singapura dan Even Lain Untuk Pecinta Seni

Festival budaya di Singapura yang tidak boleh dilewatkan

1. Tahun Baru Imlek

Tahun Baru ImlekImage credit: Image credit: Singapore Tourism Board

Image credit: Singapore Tourism Board

Kapan: Januari - Februari 2024

Dimana: Chinatown; River HongBao di Gardens by the Bay

Tahun Baru Imlek atau Tahun Baru China merupakan salah satu perayaan terbesar di Singapura. Warna merah yang menghiasi kota dengan berbagai bentuk ornamen melambangkan keberuntungan dan kemakmuran dalam tradisi China.

Tidak ada tempat yang lebih baik untuk merasakan kemeriahan Tahun Baru Imlek selain di Chinatown dan River HongBao di Gardens by the Bay. Beberapa minggu sebelum Imlek berbagai rangkaian acara interaktif, pertunjukan, dan bazaar kuliner akan meramaikan Chinatown.

Salah satu kegiatan yang tak boleh dilewatkan Street Light-Up yang digelar di sepanjang New Bridge Road, Eu Tong Sen Street, dan South Bridge Road. Kamu akan dibuat takjub dengan banyaknya instalasi lampu yang indah, lentera pahatan buatan tangan, bunga, dan masih banyak lagi! Nikmatilah pertunjukan budaya di Chinatown Festival tahunan dan juga kunjungi Buddha Tooth Relic Temple yang ikonik.

Tahun Baru Imlek

Image credit: Singapore Tourism Board

Tak haya Chinatown, rasakan keseruan lainnya di acara tahunan di River HongBao seperti permainan, karnaval, pertunjukan tradisional China, camilan lezat, dan yang paling ditunggu-tunggu pertunjukan lentera!

2. Pongal Festival

Pongal Festival

Image credit: Facebook resmi LiSHA

Kapan: Januari 2024

Dimana: Little India

Pongal Festival adalah festival untuk merayakan panen tradisional yang dirayakan oleh masyarakat Tamil. Di Singapura festival ini dimulai dengan perayaan selama sebulan dengan menampilkan acara seperti Pongal Light-Up Ceremony di Little India, pertunjukan harian bertema Pongal, dekorasi jalanan yang penuh dengan hiasan bermotif seperti pot, tebu, dan ternak, hingga program lainnya seperti aktivitas dan tur berpemandu.

Kunjungi Campbell Lane, Kinta Road, dan Sri Senpaga Vinayagar Temple di Little India untuk menyaksikan tarian budaya, kompetisi massal memasak Pongal yang menegangkan, dan membeli beberapa souvenir unik.

3. Chingay Parade

Chingay Parade

Image credit: Singapore Tourism Board

Kapan: 23 & 24 Februari 2024

Dimana: F1 Pit Building

Salah satu festival budaya paling meriah dan hidup di Singapura yang harus kamu rasakan adalah Chingay Parade. Festival ini mempertemukan warga Singapura dari berbagai latar belakang lalu yang menampilkan warisan multikultural. Istilah Chingay sendiri identik dengan ungkapan Mandarin 'zhuang yi' (妆艺) yang berarti ‘seni kostum dan topeng’ dalam dialek Hokkien.

Diadakan di F1 Pit Building, acara tahunan ini berlangsung selama Tahun Baru Imlek dengan menampilkan pertunjukan seni, musik, tarian lokal, kendaraan hias, tarian naga, dan pertunjukan manusia egrang. Festival semakin meriah dengan instalasi cahaya penuh warna dan musik yang membuat para pengunjung semakin terhibur. Satu hal yang harus kamu tahu, kamu juga bisa berfoto dengan beragam kendaraan hias yang penuh warna!

4. Hari Raya

Hari Raya

Image credit: Singapore Tourism Board

Kapan: Maret - April 2024

Dimana: Kampong Gelam; Geylang Serai

Hari Raya Idul Fitri menambah festival budaya besar lainnya yang harus kamu kunjungi di Singapura. Idul Fitri merupakan Hari Raya untuk menandai berakhirnya bulan suci Ramadhan yang penuh dengan kegiatan ibadah, berbagi, dan puasa selama satu bulan. Selama bulan Ramadhan, pengunjung dapat menikmati kemeriahan festival lengkap dengan bazaar hidangan Melayu yang nikmat di Geylang Serai.

Hari Raya

Image credit: Singapore Tourism Board

Selama acara berlangsung, banyak orang akan menuju Kampong Gelam yang meriah dengan adanya Bazaar Ramadhan yang diadakan setiap tahun. Kunjungi berbagai kios makanan dan pakaian, pertunjukan lampu di bagian depan Masjid Sultan, hingga komunitas prakarsa. Menariknya daerah ini juga dikenal sebagai surga bagi pecinta kuliner, rumah bagi beragam masakan lokal dan internasional, pertunjukan musik live, serta galeri seni.

5. Dragon Boat Festival

Dragon Boat Festival

Image credit: Wesbite resmi Singapore Tourism Board

Kapan: Juni 2024

Dimana: Bedok Reservoir; Kallang River; DBS Marina Regatta

Dragon Boat Festival merupakan warisan yang telah berlangsung sekitar 25 abad. Diadakan setiap tahun, perlombaan perahu naga digelar untuk memperingati kematian Qu Yuan, seorang penyair China dan pejabat State of Chu selama Era Warring States (Era Negara-negara Berperang) yang menenggalamkan dirinya setelah diasingkan dan mengetahui invasi ke tanah airnya. Faktanya tradisi makan dumpling nasi saat musim perayaan yang mengenang kembali kisah tragis Qu Yuan.

Selain menikmati berbagai jenis dumpling beras ketan yang lezat dan manis, kamu juga dapat melihat keseruan lomba perahu naga di Bedok Reservoir dengan menampilkan para peserta dari seluruh dunia. Tak hanya itu, rasakan permainan seru di Kallang River atau liburan keluarga yang menyenangkan dengan mengikuti olahraga air di DBS Marina Regatta.

6. Qixi Festival

Qixi Festival

Image credit: Facebook resmi Qixi Fest

Kapan: Agustus 2024

Dimana: Chinatown

Qixi Festival secara tradisional dirayakan pada hari ke-7 bulan tujuh dalam kalender lunar setiap tahun untuk memperingati pasangan legendaris asal China yakni Zhinü and Niulang. Festival ini juga seringkali disebut sebagai Hari Valentine China. Acara ini biasa dirayakan oleh Majies (pembantu rumah tangga) dan pekerja perempuan di Singapura sejak abad ke-19. Meskipun demikian tradisi tersebut perlahan-lahan menghilang pada 1970an karena banyak dari mereka yang pensiun.

Untuk menghidupkan kembali tradisi ini, Festival Qixi kembali diadakan di Chinatown. Pada tahun 2023, acara ini berlangsung sukses dengan berbagai kegiatan seperti talkshow, workshop, pameran, dan tur karnaval besar selama 2 hari. Beberapa acara utamanya seperti workshop "Make a Wish Magpie" atau "Membuat Burung Murai Permintaan" mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam tradisi "Qiqiao" (乞巧, yang berarti “memohon kepintaran”) dengan membuat boneka rajutan, melihat pertunjukan opera Kanton, dan menyaksikan pertunjukan workshop puisi China.

7. My Community Festival

My Community Festival

Image credit: Facebook resmi My Community

Kapan: Agustus 2024

Dimana: Chinatown

Sesuai dengan semangat pepatah China yang memiliki arti “Mengenal tetangga dan lingkungan terdekat lebih penting daripada memiliki saudara jauh,” My Community Festival digelar untuk merayakan keindahan masyarakat dan tempat-tempat di lingkungan Singapura yang sering diabaikan. Festival ini mengundang warga lokal dan teman-teman dari luar negeri untuk melihat sisi lain yang kurang dikenal di lingkungan Singapura, aktivitas setelah jam kerja, praktik keagamaan, hingga mengunjungi para pemilik rumah untuk makan malam dan pertukaran budaya.

8. Mid-Autumn Festival

Mid-Autumn Festival

Image credit: Website resmi Singapore Tourism Board

Kapan: September - Oktober 2024

Dimana: Chinatown; Gardens by the Bay

Kue bulan yang lezat, lentera yang cantik, dan lilin yang menghidupkan Mid-Autumn Festival ini juga dikenal sebagai Festival Kue Bulan untuk menandai berakhirnya panen musim gugur. Festival dirayakan secara luas oleh komunitas Tionghoa, keluarga dan teman dengan berkumpul untuk makan, melihat pesta bulan, serta menikmati hidangan musiman seperti kue bulan dan jeruk bali. Kemeriahan semakin terasa dengan banyaknya anak-anak yang bersenang-senang bermain lampion kertas, lampion plastik, atau lampion menyala dengan baterai yang menggambarkan keragaman jenis lampion.

Rasakan kegembiraan Mid-Autumn Festival di Chinatown yang menggelar kompetisi melukis lentera dan bazaar kuliner yang memanjakan lidah. Pengunjung juga dapat menghabiskan malam yang indah di Kreta Ayer Square untuk menyaksikan pertunjukan panggung yang menyenangkan. Berjalanlah di sepanjang jalanan New Bridge Road, Eu Tong Sen Street, South Bridge Road dan Upper Cross Street yang dihiasi lentera yang menakjubkan dan dekorasi yang meriah. Jadi pastikan untuk mengunjungi dan menyelami festival tradisional Tiongkok ini!

9. Deepavali

Deepavali

Image credit: Singapore Tourism Board

Kapan: Oktober - November 2024

Dimana: Little India

Saat berada di Singapura, festival budaya lainnya yang tidak boleh dilewatkan tentu saja adalah Festival Cahaya, Deepavali. Festival ini digelar untuk merayakan kemenangan kebaikan atas kejahatan dengan menghiasi rumah dengan Rangoli atau Kolam (seni nasi warna-warni) yang dilakukan oleh komunitas Hindu yang dipercaya dapat membawa keberuntungan dan untuk menyambut Dewi Kekayaan.

Deepavali

Image credit: Singapore Tourism Board

Festival ini membuat Little India menjadi lebih hidup dengan dekorasi warna-warni, lampu jalanan yang cantik, hingga kios yang menjual perhiasan, pakaian tradisional India, karangan bunga, dan lainnya. Terdapat juga zona budaya interaktif di mana para pengunjung dapat membuat tato henna temporer dan mempelajari lebih jauh tentang perayaan dan adat istiadat masyarakat melalui pertunjukan budaya.

Lokasi terbaik untuk mengunjungi festival Deepavali adalah Sri Veeramakaliamman Temple, salah satu kuil Hindu tertua di Singapura dengan arsitektur yang indah dan megah. Selain itu ada pula bazaar Deepavali Festival Village untuk melihat keindahan dekorasi dan mencicipi camilan musiman. Mustafa Centre juga menjadi tempat lainnya untuk merasakan kemeriahan Deepavali dengan berbelanja! Menariknya semua tempat ini berada di Little India.

Baca juga: Mengapa Singapura Harus Jadi Pilihan Utama Kamu Untuk Liburan Keluarga Berikutnya

Rangkaian festival budaya terbaik di Singapura ini setidaknya harus kamu lihat dan rasakan minimal sekali dalam hidup! Dari dekorasi cantik, kuliner lezat, hingga menyelami budaya lain, jelajahilah Negeri Singa di mana beragam acara dan budaya menanti kedatanganmu. Mari nikmati lebih banyak acara yang digelar sepanjang tahun dengan mengunjungi Singapura.


Dipersembahkan oleh Singapore Tourism Board

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru