Sambut Traveler Indonesia Yang Sudah Divaksin, Inilah 16 Destinasi Wisata Tersembunyi Di Spanyol

Mempertimbangkan wisata dan liburan ke Spanyol? Well, ada banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi, terutama yang ada di Barcelona dan Madrid, dua kota paling ikonik di Spanyol. Namun, selain dua kota tersebut, ada banyak destinasi wisata yang tidak kalah kerennya, yang tersebar di seluruh penjuru kota di Spanyol, tersembunyi dan menanti untuk dijelajahi.

Pesona pemandangan alam yang luar biasa, kekayaan sejarah dan budaya hingga keramahan masyarakatnya menjadi daya tarik tersendiri dari Spanyol. Lihat saja lanskap perbukitan dan pegunungan yang dimiliki Spanyol, pun demikian dengan pasir putih pantai hingga perkebunan hijau nan asri yang menanti untuk dikunjungi. Penasaran dengan pesona alam, sejarah dan budaya yang luar biasa serta lanskap alam yang istimewa dari Spanyol, di luar Barcelona dan Madrid? Jika iya, kota dan wilayah di Spanyol ini bisa jadi akan menarik perhatian dan bisa membujukmu untuk berkunjung, setelah semua kembali normal. Percaya deh!


Persyaratan Perjalanan Ke Spanyol

Update: Per tanggal 21 Oktober 2022, Spanyol telah mencabut semua persyaratan perjalanan terkait Covid-19.

Sebelum melakukan perjalanan ke Spanyol, menyusuri jalanan penuh sejarah di Madrid, atau berpetualang di kota Barcelona, penting sekali buat kamu untuk mematuhi semua persyaratan perjalanan yang sudah ditentukan otoritas setempat. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Traveler harus mengisi formulir kontrol kesehatan sebelum melakukan perjalanan. Kamu bisa melakukannya melalui website, atau melalui aplikasi Kesehatan Perjalanan Spanyol, yang tersedia di Android dan iOS.
  2. Setelah mengisi formulir tersebut, kamu akan menerima Kode QR. Pastikan untuk mengunduhnya, karena kamu harus menunjukkannya melalui smartphone atau alat elektronik lainnya saat melakukan boarding penerbangan dan setibanya di Spanyol.
  3. Tunjukkan sertifikat vaksin yang dikeluarkan oleh otoritas pemerintah Indonesia. Sertifikat ini harus diterbitkan setidaknya 14 hari setelah kamu mendapatkan dosis terakhir suntikan vaksin Covid-19.
    • Saat ini, Spanyol mengakui vaksin yang telah disetujui WHO untuk penggunaan darurat, antara lain Pfizer-Biontech, Moderna, AstraZeneca, Janssen/Johnson & Johnson, Sinovac dan Sinopharm.
    • Hanya anak berusia di bawah 12 tahun yang tidak diwajibkan menunjukkan sertifikat vaksin.
  4. Traveler akan menjalani pemeriksaan keamanan kesehatan setibanya di bandara, mulai dari pengukuran suhu badan, pemeriksaan dokumen dan pemeriksaan langsung secara visual oleh petugas.

Untuk informasi yang lebih lengkap mengenai persyaratan perjalanan ke Spanyol, dan juga update terbaru, langsung saja menuju ke situs TravelSafe Spanyol ini!


1. Estepona yang otentik

Estepona
Salah satu sudut kota Estepona yang penuh warna | Image credit: Harald Johnsen

Banyak perubahan terjadi di pantai selatan Spanyol, terutama terkait sektor pariwisatanya. Tapi Estepona tidak tersentuh dan mempertahankan keasliannya. Kota ini memiliki pemandangan yang indah, dan juga tidak terlalu ramai. Pantainya juga tidak kalah keren. Tempat untuk menikmati tapas dan minuman adalah Plaza de las Flores, dan daya tarik utamanya adalah Kebun Raya yang dimiliki kota ini. Bagi pecinta alam, gunung Sierra Bermeja bisa menjadi salah satu destinasi untuk dijelajahi. Dari puncak Pico de los Reales sebagai tujuan, yang memiliki ketinggian 1,449 mdpl, kamu bisa menyaksikan pemandangan Cosa del Sol, Rock of Gibraltar dan bahkan pantai utara Afrika.

Bisa dicapai dalam setengah jam berkendara dari Marbella, kota kecil yang indah ini adalah salah satu harta Costa del Sol yang tersembunyi, dengan jalan-jalannya yang dipenuhi bunga, yang pastinya menjadi hal paling romantis yang bisa kamu lihat di Andalusia. Memiliki dermaga dan marina dengan kapal yang bersandar, kamu akan mendapati pemandangan yang tiada tara. Berlayar dengan menggunakan kapal atau yacht kecil menjadi salah satu aktivitas yang wajib dilakukan di sini.

Tip: Ingin berlayar, menikmati pemandangan Estepona dari lautan dan menikmati keseruan lainnya, dapatkan semua infonya di sini!

2. Priego de Córdoba bagi yang mencari ketenangan

Priego de Cordoba, tempat wisata tersembunyi di spanyol
Pemandangan kebun zaitun di Priego de Cordoba

Sering disebut sebagai salah satu kota paling menarik di Spanyol, Priego de Córdoba merupakan tempat yang tepat bagi para wisatawan yang gemar ketenangan. Tempat ini terkenal sebagai rumah beberapa gereja Barok terindah di Spanyol, yang tersebar di sepanjang jalan yang berliku dan indah di Barrio de la Villa, kawasan tertua di Priego.

Lingkungan yang sudah berusia berabad-abad ini berada di puncak tebing, tempat di mana kamu bisa mengamati Taman Nasional Subbéticas yang luar biasa. Kamu juga bisa bersepeda di tengah kebun zaitun, menyusuri kota yang memiliki arsitektur yang unik, mengunjungi gereja Mayor de la Asuncion dan gereja La Aurora yang ada di sana, dan pastinya mengabadikan keseruan melalui foto kamu. Wisata kuliner lokal juga menjadi aktivitas yang tidak boleh dilewatkan. Bayangkan bisa menikmati kalkun yang dimasak dengan almond, salmorejo (sup dingin) dan masih banyak kuliner lokal lainnya. Yang wajib dicoba, pencuci mulut piñonates, kue pedas dengan madu dan biji pinus. Bagaimana rasanya, ya?

3. Kembali ke masa lampau di Pedraza

Pedraza, tempat wisata tersembunyi di Spanyol
Plaza Mayor, destinasi wajib yang harus dikunjungi

Kota ini merupakan kota yang berada di utara Madrid, yang bisa dikunjungi hanya dalam waktu satu jam perjalanan darat. Pedraza menjadi kota abad pertengahan dan menjadi salah satu destinasi wisata tersembunyi paling terjaga di Spanyol, tempat yang benar-benar memberi sensasi kembali ke masa lalu.

Rumah-rumah batu dengan balkon kecil penuh bunga dan pintu kayu berjejer di jalan-jalan sempit kota bisa kamu jelajahi, dan cepat atau lambat, semua akan berakhir di Plaza Mayor yang sangat menarik, yang telah menjadi saksi peradaban abad pertengahan. Duduklah di bangku kayu kecil di salah satu teras yang ada dan kamu bisa mengagumi alun-alun yang tidak rusak selama beberapa ratus tahun terakhir. Bagi pecinta seni, Museum Ignacio Zuloaga di Kastil Pedraza wajib masuk dalam daftar kunjungan. Alasannya? Karena memang istimewa!

4. Mengasingkan diri di Villanueva de la Concepción

El Torcal | tempat wisata tersembunyi di spanyol
El Torcal | Image credit: Mpmolero

Villanueva de la Concepción, desa bercat putih yang menawan ini hanya berjarak sekitar 45 menit berkendara dari Málaga. Destinasi wisata di Spanyol ini tersembunyi karena jauh dari jalur wisata.

Desa ini berada di lokasi yang spektakuler, yaitu di dasar El Torcal, yang merupakan lanskap karst unik yang dulunya adalah dasar laut, dan dikelilingi oleh ladang bergulir dan kebun zaitun. Pada hari yang cerah, kamu dapat melihat hingga Laut Mediterania saat menghadap ke selatan. Untuk tapas yang luar biasa dan sangat murah, pergilah ke Bar Meson Torfa, di mana kamu mungkin menjadi satu-satunya orang asing di sini.

5. Kota di atas awan ala Bubión

Pemandangan Bubión dari Pampaneira
Pemandangan Bubión dari Pampaneira | Image credit: Viajar Ahora

Bubión adalah salah satu desa di wilayah Alpujarra di Taman Nasional Sierra Nevada yang tidak berubah selama berabad-abad. Asyiknya lagi, bagi yang ingin menjelajah destinasi wisata tersembunyi di Spanyol, Bubión adalah kawasan yang sangat menarik perhatian, karena nuansa tenang, tidak ramai tapi menghadirkan pesona yang mengesankan.

Berada di tepi selatan Sierra Nevada, di kaki dua gunung tertinggi di daratan Spanyol, Bubión menawarkan pemandangan yang istimewa. Kesan berada di atas awan juga terasa ketika memandang gugusan mega melayang menyelinap di antara atap-atap rumah bercerobong asap yang mengepulkan kehangatan pada hawa dingin beraroma pinus. Epik banget!

6. Kota yang hangat, Écija

Palacio de Benameji
Palacio de Benameji | Image credit: Gonzius de madrid

Écija, kota memesona yang hanya berjarak satu jam berkendara dari Sevilla, dikenal sebagai La Sartén de Andalucia (Wajan-nya Andalusia). Soalnya suhu udara musim panas di kota ini bisa mencapai 52° C. Namun, di musim semi atau musim gugur, Écija menjadi destinasi wisata di Spanyol yang menyenangkan untuk dikunjungi. Julukan lainnya “city of towers”, karena memiliki 11 menara, sembilan di antaranya adalah menara gereja, dan yang lainnya adalah istana dan gardu pandang menjulang. Ecija juga menjadi kota yang memiliki banyak gedung bersejarah di kawasan Andalucia seperti Palacio de Benameji. 

Kota tua yang menawan ini memiliki menara gereja berornamen mosaic dan beberapa rumah besar abad ke-18 yang indah. Kamu harus mengunjungi Palacio de Peñaflor, yang terkenal dengan balkonnya yang panjang dan lukisannya di façade. Alun-alun dan air mancur melengkapi ansambel arsitektur dan perkotaan yang luar biasa indah ini. Jangan pula melewatkan Parroquia Mayor de Santa Cruz, yang pernah menjadi masjid utama kota ini. Masih terlihat ukiran huruf Arab di dindingnya, meski pernah dihantam gempa besar di tahun 1755.

7. Kota yang populer karena keindahannya, Peñíscola

Peñíscola adalah kota abad pertengahan yang terletak di pantai Orange Blossom Valencia, 56 km di utara Valencia. Kota ini menjadi jauh lebih terkenal dan populer setelah menjadi latar film Game of Thrones pada 2015.

Kota tua ini berada di cekungan tanah curam yang dilindungi oleh tembok batu yang kokoh. Kamu bisa naik ke puncak, dan akan mencapai kastil abad ke-14 yang merupakan daya tarik utama Peñíscola. Di istana ini terdapat balkon yang keren untuk kamu bisa menikmati pemandangan Mediterania dari ketinggian. Dari tempat yang sama pula, kamu bisa melihat pemandangan garis pantai yang indah. Jika datang di musim semi dan musim panas, kamu bisa ambil bagian dalam festival komik Spanyol dan festival musik oldies. Keren!

Ingin keseruan lainnya, mengapa tidak mampir di mercusuar dan Museum of the Sea. Bagi pecinta alam, mendaki gunung atau bersepeda di Taman Nasional Sierra de Irta bisa menjadi pilihan yang menarik.

Tip: Bagi yang tertarik menjelajah alam di Taman Nasional Sierra de Irta, ikuti turnya di sini!

8. Destinasi wisata alam di Cazorla

Lagoon Aguas Negras di Cazorla
Lagoon Aguas Negras di Cazorla | Image credit: Luis Daniel Carbia Cabeza

Kota Cazorla menjadi kota yang menarik, namun tidak jarang luput dari perhatian wisatawan. Terbentang di kaki Peña de los Halcones dan kastil Yedra, rumah dari Upper Guadalquivir Popular Arts dan Traditions Museum. Kota ini menawarkan banyak ragam keseruan untuk dinikmati, terutama bagi yang doyan petualangan alam karena lanskap Cazorla sangat menantang untuk dijelajahi.

Kota kecil yang romantis ini berada di perbatasan Sierras de Cazorla, Taman Nasional Segura y Las Villas yang merupakan cagar biosfer UNESCO – adalah kawasan hutan lindung terbesar di Spanyol. Ada beberapa jalur trekking yang sangat bagus untuk dijelajahi, dipenuhi dengan aliran sungai, air terjun, dan mata air sejernih kristal. Bisa dijelajahi dengan jalan kaki, sepeda atau menggunakan mobil 4×4, kamu bakal dibuat terkesima oleh keindahannya.

9. Kota yang tersembunyi di pegunungan, Albarracín

Albarricin, tempat tersembunyi di spanyol

Kota ini bisa dikatakan sebagai destinasi wisata tersembunyi di Spanyol karena lokasinya yang berada di tengah bukit berbatu yang gundul. Kota ini juga terdaftar sebagai Monumen Nasional sejak tahun 1961. Bekas ibu kota kerajaan Moorish (Taifa), Albarracin juga berhasil menjaga nuansa Islam dan era abad pertengahan.

Dilihat dari Teruel di Aragón, bangunan berwarna merah muda di Albarracín menyajikan pemandangan yang menakjubkan, tampak seperti naik secara bersama di atas sungai Guadalaviar. Menjelajah di jalanan berbatu kota ini, kamu akan dibawa ke dunia yang sepenuhnya berbeda, terputus dari dunia modern. Melihat keluar dari Torre del Andador, pemandangan yang kamu dapatkan ke segala arah adalah pegunungan berbatu yang gundul. Penggemar seni akan tertarik dengan koleksi berharga permadani flamenco yang ada di Museum Diocese, yang berada di dalam Istana Episcopal. Keren!

Tip: Ingin menjelajahi kota Albarracin yang penuh pesona, mengapa tidak ambil bagian dalam tur wisatanya di sini!

10. Villajoyosa, kota penuh warna

Villajoyosa | tempat wisata tersembunyi di spanyol
Image credit: Juan Carlos

Jika menyukai daerah yang penuh warna dan instagenik, Villajoyosa menjadi destinasi yang harus dikunjungi karena kota ini menyajikan banyak warna-warni di sepanjang pantai selatan Spanyol. Seperti banyak kota berwarna-warni lainnya di Eropa, bangunan-bangunan itu dicat dengan warna-warna cerah sehingga para nelayan yang berusaha mencari jalan bisa melihatnya. Lokasinya yang berada di pinggir pantai dengan pasir yang halus seperti sutra. Secara keseluruhan, ini adalah tempat liburan yang luar biasa.

Selain menikmati kota yang penuh warna, pastikan kamu juga mengunjungi Villajoyosa untuk perayaan Moors & Christians Fiesta untuk pengalaman yang tidak terlupakan. Kamu hanya harus memastikan berada di Villajoyosa pada pertengahan Juli. Bagi yang suka cokelat, industri cokelat di Villajoyosa, yang terkenal dan vintage, wajib masuk dalam itinerary wisata kamu. Asyiknya, pabrik-pabrik lokal bersedia membuka pintunya lebar-lebar untuk kunjungan wisatawan. Wow!

11. Altea, kota putih sejauh mata memandang

Altea

Pesona Altea terletak pada bangunan berwarna putih sejauh mata memandang. Setiap sudut kota dihiasi bunga-bunga yang indah serta memiliki pemandangan laut yang menakjubkan. Wajar jika banyak orang menganggap Altea seperti Santorini-nya Spanyol! Altea juga menjadi kota yang Instagenik, setiap sudut kota menarik untuk dijadikan latar berfoto. Ada banyak toko kecil di kota dan sejumlah restoran yang juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Ingin mendapatkan kesan mendalam di Altea, maka Agustus menjadi waktu yang tepat untuk berkunjung. Pesta kembang api Castell de L’Olla dilangsungkan di bulan tersebut dan menjadi salah satu acara tahunan yang paling menarik.

Tip: Ingin berlayar dengan kapal dan menikmati Altea dan alam sekitarnya dari laut, sambil berenang dengan lumba-lumba, ikuti turnya di sini!

12. Zahara, kota kecil yang asri

Rawa Zahara | tempat wisata tersembunyi di spanyol
Rawa Zahara | Image credit: Jose Ramirez

Zahara adalah kota kecil di tepi lereng bukit, dikelilingi oleh waduk terindah yang pernah kamu lihat. Seperti Altea, semua bangunan di kota itu berwarna putih. Saat berada di Zahara, kamu bisa mengambil banyak foto, menjelajahi reruntuhan Kastil Zahara de la Sierra, dan makan makanan lezat sambil menikmati pemandangan spektakuler.

13. Cies Islands, terpencil dan tersembunyi

Cies Islands
Image credit: Pedro

Cies Islands atau Kepulauan Cies menjadi destinasi wisata tersembunyi di Spanyol yang sebenarnya. Beberapa pulau di sini lokasinya paling terpencil di Spanyol, seperti Monteagudo, San Martino, dan Pulau Mercusuar, dengan Pantai Rodas menghubungkan dua yang terakhir. Untuk bisa sampai ke pulau ini, harus melakukan perjalanan dengan menggunakan perahu selama satu jam dari Vigo.

Pantai Rodas populer di kalangan banyak penulis dan seniman karena merupakan salah satu tempat paling terpencil di Spanyol. Sepertinya tempat yang bagus di mana kamu bisa mengisolasi diri dan sepenuhnya mengabdikan diri untuk berkreasi. Cies juga merupakan pilihan yang bagus untuk pengamat burung karena ia menjadi tuan rumah bagi koloni burung camar terbesar di dunia. Kawasan tersebut telah menjadi taman nasional sejak tahun 80-an namun wisatawan mancanegara rupanya masih belum mengetahui surga tersembunyi ini.

14. Cabo de Gata-Nijar, kota perbatasan yang penuh tantangan

Salah satu kota yang jarang mendapat perhatian wisatawan di Spanyol, karena lokasinya yang tersembunyi atau sulit dijangkau adalah Cabo de Gata-Nijar, kota di pinggiran Spanyol, yang terletak di ujung tenggara, berbatasan dengan satu-satunya semi-gurun di Eropa. Kota ini juga memiliki cagar alam Cabo de Gata-Nija, yang dinobatkan sebagai Cagar Biosfer pada 1997. Formasi geologi yang ada di cagar alam ini sangat unik dan menjadi salah satu yang terindar di pesisir Spanyol.

Kota ini memiliki pantai yang indah, tersembunyi di antara bebatuan tajam dan tebing berwarna kuning tua. Namun, akses jalan bergelombang dan berbahaya membuat kota ini jarang dikunjungi wisatawan. Padahal Cabo de Gata-Nijar menjadi salah satu lokasi pengambilan gambar film box-office Indiana Jones dan Lawrence of Arabia.

Tip: Spanyol memiliki banyak lokasi lain yang terkenal untuk pembuatan film seperti ini. Klik di sini untuk mengetahui semua film Hollywood yang scene-nya diambil di Spanyol.  

15. Cudillero, desa nelayan yang istimewa

Cudillero | tempat wisata tersembunyi di spanyol

Cudillero adalah salah satu desa nelayan dan destinasi wisata tersembunyi yang paling menawan di Spanyol. Kawasan ini mirip dengan kota di Italia, Riviera dengan jalan-jalannya yang penuh warna dan semarak, dipenuhi dengan bangunan dengan jendela yang juga berwarna berbeda, memudahkan nelayan menavigasi melalui lorong-lorong sempit dengan mengenali lingkungan.

Wilayah ini juga memiliki banyak jalan yang menawarkan pemandangan istimewa, termasuk rute menuju ke Mercusuar, La Garita, La Atalaya atau El Pico. Dua yang disebut terakhir merupakan dua bangunan penting dari gereja paroki Gothic, yang dibangun di abad 16.

Menjadi desa yang terkenal sebagai destinasi memancing, banyak pilihan makanan di Cudillero. Selain itu kamu juga dapat menemukan beberapa pantai terpencil yang indah yang belum terjamah wisatawan, serta pemandangan menakjubkan dari atap terakota.

16. Cerdanya, kota berlatar pegunungan bersalju

Cerdanya

Cerdanya merupakan wilayah di Catalonia seluas lebih dari 1.000 km2, yang terbagi rata antara Prancis dan Spanyol. Barisan pegunungan Pyrenees yang megah dengan puncak salju keperakan menjadi latar suasana pedesaan yang damai. Banyak orang mengakui pesona Cerdanya sejajar dengan kota-kota di pegunungan Alpen Swiss. Alamnya subur, dengan desa pegunungan, dan padang rumput yang dipenuhi sapi.

Cerdanya menawarkan perpaduan terbaik antara kehangatan Mediterania dan kesejukan pegunungan salju. Camino de Santiago juga menjadi destinasi yang harus dikunjungi di wilayah ini. Untuk berkeliling kawasan ini, wisatawan bisa dengan mudah melakukannya, mengingat semua desa terhubung dengan jalan, dan menjelajah dengan berjalan kaki atau bersepeda bisa sangat menarik untuk dilakukan.

Baca juga: 14 Alasan Mengapa Spanyol Harus Menjadi Destinasi Utama Liburan Kamu Berikutnya!

Banyak destinasi wisata menarik di Spanyol yang tersembunyi di luar Madrid dan Barcelona, kan? Destinasi yang mana yang paling menarik perhatian dan keinginan kamu untuk dikunjungi?

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Spanyol, silahkan kunjungi situs resmi Spain Tourism Board


 Dipersembahkan oleh Spain Tourism Board

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru