Singapore Tourist Pass (STP) atau EZ Link, mana yang lebih hemat?

Singapura, negara tetangga kita yang dikenal dengan biaya hidup mahal ini memang selalu menjadi destinasi favorit wisatawan Indonesia untuk menghabiskan liburan. Walaupun dikenal mahal, bagi kamu yang akan backpacker-an di Singapura atau tanpa ikut tur, ada baiknya kamu menggunakan transportasi umum seperti kereta listrik bawah tanah atau biasa dikenal MRT dan bus untuk menekan budget.

Bagi turis asing yang ingin menggunakan transportasi umum, Singapura menyediakan berbagai pilihan jenis tiket yang bisa digunakan. Untuk MRT, kamu bisa menggunakan tiket harian, Singapore Tourist Pass (STP), atau EZ Link. Sedangkan, bagi kamu yang ingin mencoba berkeliling kota dengan bus, kamu hanya dapat menggunakan STP atau EZ Link saja.

Nah karena pada umumnya wisatawan lebih banyak memilih STP dan EZ Link karena lebih hemat dibandingkan tiket harian, maka TripZilla Indonesia akan menjelaskan perbedaan keduanya secara lengkap. Simak baik-baik ya!

Singapore Touris Pass (STP)

Image credit: @singaporetouristpass

Pertama, Singapore Touris Pass (STP) adalah jenis kartu untuk menggunakan transportasi umum seperti MRT, LRT, dan bus di Singapura yang menawarkan kelebihan bebas pakai tanpa batas. STP sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang menghabiskan liburan dalam waktu singkat karena STP hanya bisa digunakan untuk pemakaian maksimal 3 hari saja. Selain itu STP ini akan lebih hemat dibandingkan dengan EZ Link jika kamu akan mengunjungi banyak tempat dan berpindah-pindah menggunakan transportasi umum selama 1 hingga 3 hari.

Berikut 3 pilihan STP berdasarkan lama pemakaian.

Lama pemakaian Biaya pemakaian Biaya deposit Biaya total
1 Day Pass $ 10 $ 10 $ 20
2 Day Pass $ 16 $ 10 $ 26
3 Day Pass $ 20 $ 10 $ 30

 

Misalnya saja, kamu akan berlibur di Singapura selama 3 hari dengan itinerary yang padat dan banyak destinasi wisata yang akan dikunjungi, maka kamu cukup membayar $30 di awal saja dengan rincian $20 biaya pemakaian dan $10 uang deposit yang akan dikembalikan di akhir sebelum meninggalkan SIngapura. Coba bayangkan hanya $20 saja, kamu dapat menaiki MRT, LRT, dan bus di Singapura sepuasnya tanpa harus repot mengisi ulang.

Sayangnya, STP tidak dapat dibeli di semua stasiun MRT. Hanya counter-counter tertentu saja yang bisa kamu pilih untuk membelinya, seperti:

Stasiun Jam buka
Ang Mo Kio Setiap hari, 8.00 – 21.00
Bayfront Sabtu, Minggu, & libur nasional, 12.00 – 15.45 dan 16.45 – 18.00
Senin – Jumat: tutup
Bugis Setiap hari, 10.00 – 21.00
Changi Airport Setiap hari: 8.00 – 21.00 (Terminal 2)
Kios STP otomatis tersedia 24 jam (Terminal 2 & 3)
Chinatown Setiap hari, 8.00 – 12.30, 13.00 – 16.00, 17.00 – 21.00
City Hall Setiap hari, 9.00 – 21.00
Farrer Park Setiap hari, 12.00 – 15.45, 16.45 – 19.30
HarbourFront Setiap hari, 8.00 – 16.00, 17.00 – 21.00
Jurong East Setiap hari, 12.00 – 15.45, 16.45 – 19.30
Kranji Jumat – Sabtu: 12.00 – 15.45, 16.45 – 19.30
Senin – Kamis & libur nasional: tutup
Lavender Setiap hari, 12.00 – 15.45, 16.45 – 19.30
Libur nasional: tutup
Orchard Setiap hari, 8.00 – 21.00
Raffles Place Senin – Jumat: 8.00 – 21.00
Sabtu: 8.00 – 17.00
Minggu & libur nasional: tutup
Somerset Setiap hari, 10.00 – 14.00, 15.00 – 18.00
Libur nasional: tutup
Tanjong pagar Senin – Jumat, 12.00 – 15.45, 16.45 – 19.30
Sabtu: 12.00 – 15.45, 16.45 – 18.00
Minggu & libur nasional: tutup
Woodland Setiap hari, 8.00 – 21.00

Sumber: The Singapore Tourist Pass

Selain menjadi tempat membeli STP, 16 counter pilihan itu juga menjadi tempat untuk menukar STP dan mengambil uang deposit $10 milikmu. Apabila kamu telat melakukan penukaran baik mulai dari satu hari, maka uang deposit kamu tidak akan bisa dikembalikan alias hangus. Duh sayang banget kan, jadi sebelum pulang sebaiknya perhatikan untuk kamu menukar STP di counter stasiun yang tersedia ya.

Baca juga: Mengenal Singapore Tourist Pass (STP) dan Cara Penggunaannya

EZ Link

Image credit: @wiltan

EZ Link adalah jenis kartu berupa e-money yang biasa kita pakai di transportasi umum di Indonesia, namun dikeluarkan oleh pemerintah setempat. Perbedaan yang mencolok dari EZ Link yaitu pada masa pemakaian dan harga. Untuk masa pemakaian, EZ Link bisa digunakan dengan masa hingga 5 tahun yang mana berarti bisa kamu simpan dan pakai lagi ketika kembali ke Singapura.

Sedangkan untuk harganya, EZ Link akan dikenakan biaya sesuai dengan jarak tempuh perjalanan. Semakin jauh perjalanan, maka tentu saja biaya yang akan dikeluarkan lebih besar. Mungkin sekilas terdengar ribet, tapi kamu bisa mengunakannya dengan cara mengisi saldo, lalu mengisi ulang jika kartu sudah mencapai minimal saldo yaitu kurang dari $3.

Untuk mendapatkan EZ Link juga bisa dibilang lebih mudah daripada STP karena setiap stasiun MRT, terminal bus, dan toko 7-Eleven menyediakan EZ Link. Jika kamu membeli di stasiun MRT, maka cukup kunjungi bagian ticket office, lalu beli EZ Link dengan harga $12 yang mana terdiri dari saldo pemakaian $7 dan saldo $5 untuk biaya kartu.

Lama pemakaian Biaya pemakaian Biaya deposit Biaya total
Hingga 5 tahun 7 SGD 5 SGD 12 SGD

 

Perlu diperhatikan bahwa biaya sebesar $5 ini tidak dapat diuangkan kembali. Bagi pengguna EZ Link, kamu dapat menyimpannya dan menggunakannya lagi kapanpun selama 5 tahun, atau mengambil uang sisa kembalian di counter sebelum mengakhiri perjalanan di Singapura. Misalnya, selama di Singapura kamu hanya menghabiskan $3 saja, maka sisa $4 dari keseluruhan saldo $7 bisa kamu terima dengan syarat kartu akan kembali menjadi milih pihak stasiun dan biaya kartu $5 akan hangus.

Lalu, bagaimana jika kita akan melanjutkan perjalanan namun saldo sudah kurang dari $3? Maka disarankan kamu untuk mengisi ulang di mesin tiket atau 7 Eleven dengan minimal $10. Ingat, walaupun besar, tapi uang sisa pemakaian masih bisa kamu dapatkan kembali lho!

EZ Link ini direkomendasikan untuk wisatawan yang ingin berlibur ke Singapura dalam jangka waktu lama atau jangka pendek namun tidak akan terlalu banyak menggunakan transportasi umum. Tak hanya itu, bagi kamu yang akan kembali lagi ke Singapura dalam selama 5 tahun, maka kamu bisa menyimpan EZ Link dan menggunakannya lagi.

Catatan: Walaupun kartu ini berlaku hingga 5 tahun, tapi EZ Link akan dikenakan biaya administrasi 1 SGD per bulannya. Untuk menghemat biaya, jika saldo di EZ Link masih sisa banyak, maka sebaiknya kamu melakukan proses refund atau pengembalian kartu sebelum meninggalkan Singapura.

Masa pemakaian Penggunaan Pembayaran Stasiun pembelian
Singapore Tourist Pass (STP) 1 – 3 hari MRT, LRT, dan bus (kecuali Fast Forward, NightRider, Night Owl, Express Services, Chinatown Direct, bus premium, dan lainnya) Bayar di awal, lalu gunakan tanpa batas Stasiun tertentu
EZ Link Hingga 5 tahun MRT, LRT, bus, taksi, makan di restoran, belanja, naik monorail ke Sentosa Island, dan lainnya. Biaya berdasarkan jarak tempuh Semua stasiun, terminal bus, dan toko 7-eleven

 

Baca juga: Panduan dan Cara Penggunaan EZ Link Untuk Liburan Hemat di Singapura

Jadi, sudah paham kan perbedaan STP dan EZ Link? Kedua jenis kartu masing-masing memiliki kelebihan yang bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Lalu untuk mana pemakaian yang lebih hemat, maka STP akan lebih hemat digunakan untuk wisatawan dengan jangka waktu satu hingga tiga hari dengan destinasi banyak. Sedangkan EZ Link akan lebih hemat digunakan untuk kamu yang akan berlibur dalam waktu singkat atau lama dan dengan penggunaan transportasi umum yang tak terlalu banyak.

Ingat, mau pilih STP atau EZ link itu semua kembali sesuai dengan kebutuhanmu ya! Sebaiknya untuk menghitung sendiri berapa kali kamu akan menggunakan transportasi umum sehingga akan terlihat mana yang lebih hemat untuk kamu pilih.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru