Panduan dan Cara Penggunaan EZ Link Untuk Liburan Hemat di Singapura

Punya rencana liburan ke Singapura dalam jangka waktu lebih dari 3 hari? Pas banget nih karena TripZilla Indonesia akan kasih tips jalan-jalan hemat dengan EZ Link di Singapura. EZ Link adalah jenis kartu berupa e-money seperti yang biasa kita pakai di transportasi umum di Indonesia, namun dikeluarkan oleh pemerintah setempat.

EZ Link ini berbeda dari Singapore Tourist Pass (STP) karena sistem pembayarannya yang sesuai dengan kebutuhan. Keunggulan dari EZ Link ini tidak hanya bisa digunakan untuk membayar transportasi umum, seperti bus dan MRT, tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai alat pembayaran taksi, makan di restoran, belanja, naik monorail ke Sentosa Island, dan lainnya.

Harga dan jangka waktu

Biaya pemakaian EZ Link tergantung pada kebutuhan. Semakin sedikit menggunakan transportasi umum, maka tentunya biaya yang dikeluarkan akan sedikit pula. Tak hanya itu untuk jarak jauh dan jarak pendek juga berbeda sehingga akan lebih hemat.

Untuk jangka waktu, EZ Link memiliki lama pemakaian yang cukup lama yaitu hingga 5 tahun. Hal ini berarti EZ Link dapat disimpan dan digunakan kembali jika kamu akan berlibur ke Singapura lagi selama 5 tahun sejak saat pembelian.

Lama pemakaian Biaya pemakaian Biaya deposit Biaya total
Hingga 5 tahun 7 SGD 5 SGD 12 SGD

 

Biasanya saat pertama kali kamu membeli EZ Link maka saldo yang terisi adalah seperti tabel di atas. Nah, perlu diketahui bahwa EZ Link tidak akan bisa digunakan jika saldo aktif pada kartu kurang dari 3 SGD. Jadi jika kamu sudah menggunakannya berkali-kali, maka sebaiknya untuk memerika sisa saldo di mesin tap saat terakhir kali dan mengisi ulang jika saldo sudah mencapai batas minimum.

Catatan: Walaupun kartu ini berlaku hingga 5 tahun, tapi EZ Link akan dikenakan biaya administrasi 1 SGD per bulannya. Untuk menghemat biaya, jika saldo di EZ Link masih sisa banyak, maka sebaiknya kamu melakukan proses refund atau pengembalian kartu sebelum meninggalkan Singapura.

Tempat penjualan

Bukan hal yang sulit untuk mendapatkan EZ Link sebelum kamu berjalan-jalan di Singapura dengan menggunakan transportasi umum. Berikut tempat penjualan EZ Link di Singapura:

  • Stasiun MRT
  • Terminal bus
  • Toko 7-Eleven

Tak ada tempat tertentu, semua stasiun MRT, terimanl bus, dan toko 7-Eleven menyediakan kartu EZ Link dengan jam operasional yang berbeda-beda.

Panduan top up atau isi ulang

Image credit: @richardjusup

Seperti yang sudah dijelaskan jika kamu masih ingin menggunakan EZ Link untuk menaiki transportasi umum dan kebetulan saldomu kurang dari 3 SGD, maka sebaiknya kamu segera untuk mengisi ulang. Untuk pengisian ulang EZ Link, kamu dapat mengunjungi mesin tiket di Stasiun MRT, ATM, dan toko 7-Eleven.

Namun jika kamu akan melakukan pengisian ulang di mesin tiket yang tersedia di Stasiun MRT, maka berikut panduannya:

  • Letakkan EZ Link di bagian tengah atau tempat khusus EZ Link yang tersedia
  • Pilih Add Value
  • Pilih Cash untuk pembarannya
  • Masukkan uang
  • Pilih nominal saldo 10 SGD, 20 SGD, atau 50 SGD
  • Tunggu sebentar dan jangan angkat kartu sebelum ada perintah untuk memastikan kartu sudah terisi ulang

Tak perlu khawatir mengisi ulang dalam nominal besar karena sisa saldo di EZ Link dapat digunakan lagi dengan jangka waktu hingga 5 tahun atau sisa saldo dikembalikan namun biaya kartu sebesar 5 SGD akan hangus.

Panduan penukaran

Sudah dijelaskan bahwa EZ Link ini memang bisa digunakan hingga 5 tahun lamanya, namun akan dikenakan biaya administrasi sebesar 1 SGD untuk setiap bulannya. Jika kamu merasa tidak akan kembali lagi ke Singapura atau memiliki banyak saldo, sebaiknya kamu mengembalikan EZ Link ke counter khusus di Stasiun MRT.

Misalnya, saldo akhir di EZ Link masih tersisa 15 SGD, maka kamu bisa menukarnya dan mendapatkan uang 15 SGD dengan dengan syarat kartu akan kembali menjadi milih pihak stasiun dan biaya kartu 5 SGD akan hangus. Perlu diingat, penukaran saldo EZ Link biasanya dapat ditukar di stasiun MRT tertentu di counter bertanda Ticketing Office.

Cara penggunaan

Image credit: @wiltan

Menggunakan EZ Link cukup mudah. Kamu hanya disuruh men-tap atau menempelkan kartu ke mesin saat masuk dan keluar stasiun MRT. Bagi pengguna bus, kamu cukup men-tap kartu di mesin yang tersedia di dekat pintu dan supir bus. Saat sesampainya di halte tujuan, kamu juga diwajibkan untuk men-tap kartu lagi pada mesin yang tersedia di bus.

Pastikan untuk men-tap-nya sekali saja ya agar tidak terjadi eror. Namun apabil kartumu mengalami eror, jangan panik karena para petugas setempat akan membantumu hingga kamu dapat menggunakannya kembali.

Baca juga: Mengenal Singapore Tourist Pass (STP) dan Cara Penggunaannya

Bagaimana, hemat dan mudah menggunakan EZ Link? Jika kamu masih bingung, jangan sungkan untuk bertanya kepada kami ya.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru