Sudah Divaksin, Traveler Bisa Kunjungi Negara Ini Tanpa Karantina! (Diupdate Februari 2021)

Program vaksinasi Covid-19 sudah mulai digelar di sejumlah negara. Program tersebut pun sedikit banyak memberikan harapan akan bangkitnya sektor perekonomian di dunia, termasuk di sektor pariwisata. negara traveler sudah divaksin

Sejumlah negara pun mulai merespon dengan memberikan penawaran menarik untuk segera mengunjungi destinasi wisata yang mereka miliki. Salah satu penawaran adalah traveler bisa datang ke negara tertentu tanpa harus melakukan karantina mandiri dan menunjukkan hasil negatif tes Covid-19, dengan catatan telah mengikuti program vaksinasi alias sudah divaksin.

Nah, bagi traveler yang sudah divaksin, di bawah ini adalah sejumlah negara yang sudah mengizinkan mereka untuk datang tanpa harus melakukan karantina dan menunjukkan hasil negatif tes Covid-19. Yuk, lihat daftarnya di bawah ini!

1. Islandia

Traveler yang sudah divaksin bisa masuk ke Islandia tanpa harus menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 dan melakukan karantina. Sebagai gantinya, traveler harus bisa menunjukkan bukti valid telah melakukan dua kali vaksinasi Covid-19.

Departemen Kesehatan Islandia saat ini masih memfinalisasi solusi digital yang membolehkan setiap orang bisa menunjukkan bukti vaksinasi secara online. Bukti terssebut harus disesuaikan dengan standar Eropa dan Sertifikat Vaksinasi Internasional atau Prophylaxis. Keterangan lebih lanjut bisa dilihat di sini.

2. Georgia

Georgia - traveler sudah divaksin negara

Georgia jadi negara yang juga mengizinkan traveler yang sudah divaksinasi masuk ke negaranya tanpa pembatasan khusus, termasuk di antaranya tes Covid-19 dan karantina.

Kementerian Luar Negeri Georgia mengatakan bahwa mulai 1 Februari 2021, semua turis internasional sudah bisa masuk ke Georgia melalui jalur udara. Sepanjang mereka telah menerima dua dosis vaksin Covid-19 dan bisa menunjukkan bukti sertifikat terkait itu.

3. Rumania

Salah satu negara Eropa Timur lainnya yang juga mengizinkan traveler asing masuk ke negaranya setelah divaksin adalah Rumania. Komite Nasional untuk Situasi Darurat (CNSU) mengumumkan traveler tidak perlu melakukan karantina dengan menunjukkan bukti telah dua kali divaksin.

4. Seychelles

Negara kepulauan Seychelles juga sudah membuka pintu masuk perbatasannya untuk traveler yang sudah divaksin Covid-19. Namun, selain menunjukkan bukti telah dua kali disuntik vaksin, traveler masih harus menunjukkan hasil negatif tes Covid-19, yang pengambilan tesnya maksimal 72 jam sebelum keberangkatan.

Syarat lain yang harus dipenuhi, traveler bisa masuk ke Seychelles setidaknya setelah dua minggu pascavaksinasi dosis kedua. Bukti vaksinasi dalam bentuk sertifikat juga harus dikirimkan melalui portal Otorirasi Perjalanan Seychelles sebelum keberangkatan, bersama dengan informasi paspor, jadwal penerbangan dan akomodasi.

5. Siprus

Siprus - traveler sudah divaksin negara

Negara kecil di Eropa, Siprus, juga sudah mengizinkan traveler yang sudah divaksin masuk ke wilayahnya tanpa harus melakukan karantina dan kewajiban melakukan tes Covid-19.

Diungkapkan Menteri Transportasi Siprus, Yiannis Karousos, mengatakan bagi traveler yang datang dengan menunjukkan bukti telah dua kali divaksin tidak perlu menunjukkan hasil negatif tes Covid-19, atau menjalaninya saat tiba di bandara.

6. Polandia

Wisatawan yang sudah divaksin Covid-19 diperbolehkan masuk Polandia tanpa kewajiban karantina. Namun, ada syarat lain yang harus dipenuhi, yaitu traveler tersebut itu berasal dari sejumlah negara yang ada dalam daftar izin masuk Polandia.

Perjalanan ke Polandia saat ini dibatasi hanya untuk warga negara atau penduduk resmi Uni Eropa, Islandia, Liechtenstein, Norwegia, Swiss, Georgia, Jepang, Kanada, Selandia Baru, Thailand, Korea Selatan, Tunisia, dan Australia.

7. Estonia

Estonia menjadi negara Eropa lainnya yang mencabut kewajiban karantina bagi pelancong asal Uni Eropa (UE) yang telah divaksin, dengan catatan menggunakan vaksin yang sudah disetujui Uni-Eropa, yaitu Moderna, Pfizer-BioNTech, atau Oxford-AstraZeneca.

Estonia juga hanya menerima bukti telah divaksin dalam bentuk sertifikat vaksin yang dibuat dalam bahasa Estonia, Rusia, atau Inggris. Selain itu Estonia juga mencabut aturan tersebut bagi mereka yang memiliki bukti bahwa mereka telah pulih dari Covid-19 dalam enam bulan terakhir. Wisatawan yang sebelumnya terkena Covid-19 harus menyerahkan sertifikat dokter.

8. Thailand

Thailand menjadi negara Asia Tenggara pertama yang menyatakan kesiapan menerima warga negara asing yang sudah divaksin masuk ke negara mereka tanpa harus melakukan karantina. Namun demikian, belum ada tanggal pasti kapan kebijakan tersebut diterapkan.

Kawasan resor Phuket, Thailand dilaporkan juga siap menerima turis asing yang sudah divaksin mulai Oktober 2021. Selain itu, traveler yang sudah divaksin juga tidak wajib menjalani karantina selama dua minggu saat masuk ke Thailand.

Baca juga: WHO Tidak Sarankan Vaksinasi Covid-19 Jadi Syarat Bepergian

Nah traveler, sudah tahu negara mana saja yang bisa kamu kunjungi apabila sudah divaksin nanti? Tapi ingat, tetap jaga protokol kesehatan sebagai new normal, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru