Syarat Perjalanan Ke Amerika Serikat Saat Pandemi Covid-19 Dicabut Untuk Sementara Waktu

Syarat perjalanan ke Amerika dicabut untuk sementara waktu, menyusul mulai terkendalinya penyebaran virus corona dalam beberapa waktu terakhir.

Dilaporkan CNN International, pemerintah Amerika Serikat mencabut aturan dan syarat perjalanan dan masuk ke wilayahnya, yang terkenal super ketat, pada 12 Juni waktu setempat. Namun demikian, pencabutan syarat perjalanan tersebut hanya bersifat sementara dan akan kembali diberlakukan apabila ada peningkatan jumlah kasus atau ditemukannya varian baru.

CNN menambahkan dalam laporannya, Pusat Pengendalian Dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat akan melakukan evaluasi dan peninjauan kembali kebijakan pencabutan syarat perjalanan ke Amerika Serikat tersebut dalam 90 hari sebelum kemudian mengambil kebijakan lainnya lagi.

Sebelumnya, Amerika Serikat dinilai sebagai salah satu negara yang menerapkan syarat perjalanan dan masuk ke wilayahnya dengan tingkat pembatasan yang relatif lebih ketat dibanding negara lainnya. Warga negara asing atau penduduk Amerika Serikat yang ingin masuk ke wilayahnya melalui jalur udara harus memenuhi sejumlah ketentuan.

Ketatnya aturan dan syarat perjalanan ke Amerika tersebut dikeluhkan oleh perusahaan maskapai penerbangan dan mereka yang bergerak di industri pariwisata. Pihak-pihak tersebut sudah mendesak pemerintahan Joe Biden untuk mengakhiri pengetatan seperti negara-negara di Eropa.

Salah satu syarat masuk yang harus dipenuhi adalah dengan menunjukkan bukti hasil negatif Covid-19, yang tesnya diambil sehari sebelum keberangkatan. Sementara mereka yang ingin masuk ke Amerika Serikat dan pernah menjadi pasien kasus Covid-19 dalam 90 hari terakhir wajib menunjukkan surat keterangan sehat dan telah pulih sebelum melakukan perjalanan ke Amerika Serikat.

Yang terakhir, mereka yang melakukan perjalanan ke Amerika juga harus telah menjalani vaksinasi Covid-19 dalam dosis lengkap, dan bisa dibuktikan dalam bentuk sertifikat vaksin yang sudah terverifikasi. Sementara untuk mereka yang masih berusia di bawah 17 tahun tidak diharuskan menjalani program vaksinasi tersebut.

Baca juga: Syarat Perjalanan Ke Amerika Serikat, Ini Aturan Yang Harus Kamu Tahu

Dengan syarat perjalanan ke Amerika dicabut ini, apakah kamu berencana untuk plesiran ke Negeri Paman Sam dalam waktu dekat?

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru