Taman Nasional Komodo Akan Ditutup Selama Setahun

Punya rencana liburan ke Taman Nasional Komodo dalam waktu dekat? Jika iya, tidak ada salahnya mempercepat jadwal kunjungan kamu melihat binatang purba di habitat aslinya itu karena pemerintah Nusa Tenggara Timur berencana menutup kawasan wisata ini selama setahun.

Diungkapkan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat di Kupang seperti dikutip Antara, penutupan Taman Nasional Komodo dilakukan untuk meningkatkan populasi koodo dan juga rusa yang menjadi makanan utama hewan ini. Ditambahkannya, pemerintah NTT juga akan melakukan penataan terhadap kawasan Taman Nasional Komodo agar menjadi lebih baik, sehingga habitat komodo dan rusa bisa jauh lebih berkembang.

Image credit: @tintin_beijing

Penataan kawasan Taman Nasional Komodo juga perlu dilakukan sebagai bentuk perlindungan yang dilakukan negara terhadap komodo sebagai habitat langka dan dilindungi dari kepunahan.

Dijelaskan Viktor, rencana penutupan kawasan taman nasional ini dimunculkan setelah pihaknya melihat kondisi habitat komodo dan rusa yang sudah semakin berkurang. Selain itu, kondisi tubuh komodo dinilainya juga tidak sebesar dulu karena populasi rusa sebagai makanan utama juga semakin berkurang. Hal ini dinilai cukup mengkhawatirkan karena ada kemungkinan komodo akan saling memangsa untuk bertahan hidup.

Image credit: @iimwhitehouse

Namun demikian, Viktor belum memastikan kapan taman nasional ini akan mulai ditutup untuk publik.

Sebelumnya Viktor menyatakan pemerintah Nusa Tenggara Timur akan menyiapan dana sebesar Rp 100 miliar untuk mendanai pembangunan Pulau Komodo. Dana tersebut rencananya akan digunakan untuk membudidayakan ternak dan mendesain ulang taman, termasuk menanam sejumlah pohon. Jika desain ulang sudah selesai, pihaknya akan membuka kembali kawasan tersebut dan memasang harga tiket masuk mencapai 500 USD per orang.

Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo, NTT masuk dalam sepuluh destinasi prioritas pemerintah, atau yang lebih dikenal sebagai 10 Bali Baru. Taman Nasional Komodo, yang mencakup kawasan Pulau Komodo dan Pulau Rinca sebagai habitat dari komodo juga merupakan destinasi wisata bagi turis dunia.

Baca juga: 10 Taman Nasional Di Indonesia Yang Tidak Kalah Indah dari Taman Nasional Komodo

Kamu puna pendapat mengenai rencana penutupan taman nasional ini?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru