Masih Berpotensi Erupsi, Kawasan Wisata Tangkuban Perahu Ditutup Sementara

Kawasan wisata Tangkuban Perahu ditutup sementara oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kepolisian Daerah Jawa Barat, menyusul erupsi yang terjadi pada Jumat (26/7) silam. Penutupan dilakukan selama tiga hari hingga hari Senin (29/7) dan akan dibuka kembali setelah melihat perkembangan kondisi terkini gunung Tangkuban Perahu.

Penutupan salah satu kawasan wisata ngehits di Bandung ini dipastikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. Dirinya mengimbau, meski laporan yang didapatnya terkair erupsi Tangkuban Perahu tidak membahayakan manusia, warga masyarakat mengikuti arahan dan instruksi dari aparat berwenang, serta menghindari aktivitas di sekitar gunung berapi guna meminimalkan ancaman yang membahayakan warga.

Image credit: @kabutpelangi_

“Jadi jangan melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak dianjurkan pemerintah,” ujarnya seperti dikutip dari Antaranews.

Keputusan Pemprov Jawa Barat juga diperkuat oleh Polda Jabar, yang juga memutuskan melakukan penutupan kawasan wisata gunung Tangkungan Perahu selama tiga hari, karena erupsi berpotensi masih bisa terjadi. Selain kawasan wisata Tangkuban Perahu, area wisata Jayagiri juga ditutup.

“Untuk tiga hari ini statusnya tidak boleh ada pengunjung sampai dengan kita melihat perkembangannya lagi tiga hari ke depan,” ungkap Irjen Rudy Sufahriadi, Kapolda Jabar.

Image credit: @ramdanauthentic

Ada pun kondisi Gunung Tangkuban Perahu saat ini berstatus normal. Penetapan kondisi tersebut berdasarkan hasil pemantauan di Pos Pantau Gunung Tangkuban Perahu pada Minggu (28/7) malam, meski seismograf masih menunjukkan aktivitas tremor.

Sementara itu, pengelola zona wisata Kawah Ratu Gunung Tangkuban Perahu sudah melakukan persiapan untuk membuka kembali kawasan tersebut pada hari ini. Persiapan yang dilakukan di antaranya adalah dengan melakukan pembersihan sisa abu vulkanik.

“Kita akan buka besok (hari ini, red). Sebelum itu kita akan melakkukan briefing terlebih dulu dengan petugs dan pedagang. Kita lihat kondisinya besok, apakah cclean and clear,” ujar Direktur Utama Graha Rani Putra Persada, pengelola wisata Tangkuban Perahu, Putra Kaban.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Gratis di Bandung yang Instagramworthy Sekali

Jika kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu ditutup, masih ada alternatif spot wisata di tempat lain di Bandung, lho!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru