Gratis dan Instagrammable, 10 Tempat di Singapura ini Wajib Masuk Itinerary Liburanmu!

Traveling kerap kali membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu banyak orang yang sudah merencanakan liburannya dari jauh-jauh hari dengan membuat itinerary untuk mengatur budget yang harus dikeluarkan seperti biaya penginapan, makan, destinasi wisata, transportasi, hingga oleh-oleh. Selain berburu promo, salah satu cara mudah lainnya untuk menghemat biaya pengeluaran saat berlibur adalah mengunjungi tempat-tempat yang tidak dikenakan biaya masuk atau gratis, tapi instagrammable yang banyak dijumpai di Singapura.

Banyak negara yang melakukan strategi pemasaran pariwisatanya dengan menggratiskan biaya masuk untuk menarik lebih banyak wisatawan, salah satunya Singapura. Negara tetangga satu ini memang dikenal dengan biaya hidup yang cukup mahal dibandingkan Indonesia, namun kamu tidak perlu khawatir lagi saat berlibur di sana karena banyak destinasi wisata menarik yang gratis biaya masuk.

Tidak selamanya destinasi wisata yang gratis itu tidak worth it. Di Singapura sangat mudah menemukan tempat-tempat gratis yang anti mainstream dan sangat instagrammable. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya postingan foto-foto menarik destinasi wisata Singapura yang diunduh di sosial media. Kira-kira tempat mana saja yang gratis, instagrammable, dan worth it untuk dimasukan ke itinerary liburanmu?

1. Library@Orchard


Image credit: @zachspassport

Kawasan Orchard tak melulu soal belanja, tapi ada perpustakaan yang akhir-akhir ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Bernama Library@Orchard ini memiliki konsep dan interiornya yang begitu kekinian dan minimalis. Perpustakaan ini berdiri di bawah naungan National Library Board atau Dewan Perputsakaan Nasional Singapura dengan koleksi buku yang cukup lengkap. Walau terbuka untuk umum, hanya pengunjung khusus yang telah terdaftar saja sebagai member yang dapat meminjam buku di sini.


Image credit: @diarysivika

Lokasi perpustakaan ini juga cukup unik karena berada di sebuah mall bernama Mall Orcahrd Gateway, tepatnya di lantai 3. Perlu diingat jika ingin berfoto-foto, sebaiknya untuk selalu tenang menjaga sopan santun karena bagaimanapun tempat ini merupakan perpustakaan tempat untuk membaca yang dibutuhkan ketenangan dan kesunyian.


Image credit: @goodgoodeat123

Jam buka: Setiap hari, 11.00 AM – 09.00 PM

2. Haji Lane


Image credit: @issauycalixto

Bisa dikatakan Haji Lane merupakan satu tempat untuk semua kalangan. Pertama, bagi pecinta seni, tempat ini dipenuhi banyak mural berwarna-warni yang sangat digemari oleh kalangan muda. Kedua, bagi fashionholic, butik-butik yang berdiri di jalan ini menjual pakaian dengan berbagai macam style fashion keren. Ketiga, bagi pecinta musik, kamu dapat menemukan toko-toko musik yang menjual kaset, CD hingga vinyl (piringan hitam) yang akan melengkapi koleksi musikmu.


Image credit: @lele.avila

Tak hanya itu, di kawasan ini kamu akan menemukan banyak kafe dan restoran yang memiliki konsep dan interior yang sangat unik seperti dinding yang penuh dengan mural. Musik-musik asik juga ikut meramaikan kafe, restoran serta jalanan ini. Benar-benar sangat instagrammable dan worth it!


Image credit: @christianutamaa

3. Gardens by the Bay


Image credit: @swedishnomad

Taman cantik yang selalu menjadi tempat favorit bagi wisatawan, manalagi kalau bukan Gardens by the Bay. Dengan luas sekitar 101 hektar, taman ini dipenuhi oleh 700,000 tanaman asli tumbuh dan dihias sedemikian indahnya sehingga sering dijuluki sebagai salah satu tempat instagrammable di Singapura. Biaya masuk area utama taman ini gratis, namun terdapat juga area tertentu yang dikenakan biaya.


Image credit: @witandfolly

Untuk melihatnya, kamu cukup datang saat pagi, siang, sore atau bahkan malam hari yang memiliki pemandangan yang berbeda. Jika pagi saat sore akan terlihat dominan warna hijau yang asri, maka saat malam hari taman ini akan dipenuhi oleh gemerlap lampu warna-warni. Hiburan menarik berupa pertunjukan musik dan cahaya bertema Garden Rhapsody Music & Light Show dapat kamu nikmati secara gratis mulai pukul 07.45 PM.


Image credit: @michellemocek

Jam buka: Setiap hari, 05.00 AM – 02.00 AM

4. Bugis Street


Image credit: @winsennliang

Bisa dikatakan tempat instagrammable yang satu ini cukup tersembunyi. Hal ini dikarenakan letaknya yang berada di Bugis Street, di samping tempat berbelanja paling terkenal di Singapura. Bangunan berlatar warna putih dengan tangga, pintu, serta jendela yang berwarna-warni ini bisa menjadi salah satu spot instagrammable yang wajib dikunjungi sambil beristirahat ditengah kegaiatan berbelanjamu.


Image credit: @j_anandary

Tips untuk berfoto di sini adalah kamu harus pintar mencari angle foto terbaik agar bangunan nampak terlihat sempurna. Pastikan juga untuk memilih waktu terbaik saat pagi atau sore hari agar kulit tidak terbakar oleh paparan sinar matahari.


Image credit: @jovianekaputra

5. Little India


Image credit: @taramilktea

Dilihat dari namanya saja, maka kamu sudah dapat menebaknya jika ini merupakan kawasan ras India. Tempat yang ini begitu populer dengan ciri khas bangunan warna-warni yang mencolok dan seringkali dikunjungi para wisatawan untuk berjalan-jalan, mencicipi kuliner, atau sekadar berfoto-foto saja.


Image credit: @puputpujatama

Bangunan yang kental dengan nuansa khas India serta bendera Singapura yang terpampang ini menjadi spot foto paling favorit wisatawan di kawasan ini. Tempat ini juga cocok dikunjungi bagi obat rindu yang sudah pernah ke India atau bahkan menjadi obat bagi kamu yang ingin pergi ke India tapi masih terhalang oleh beberapa alasan.


Image credit: @joeabad

6. Koon Seng Road


Image credit: @thesundaychapter

Dibalik kemajuan Singapura dengan gedung-gedung pencakar langitnya yang terlihat mewah, terdapat bangunan-bangunan warna-warni yang indah dengan kesederhanannya. Tepatnya di Koon Seng Road atau Jalan Koon Seng, kamu akan menemukan banyak wisatawan yang berfoto di depan rumah warga Tionghoa Peranakan yang satu sama lain memiliki warna yang berbeda.


Image credit: @smallcrazy

Selain warna-warna pastelnya yang menarik perhatian, arsitektur bangunan serta detail motifnya pun sangat indah. Tidak ada salahnya untuk kamu meluangkan waktu untuk berfoto di salah satu tempat instagrammable yang gratis di Singapura ini agar koleksi fotomu semakin beragam.


Image credit: @valerialauu

7. Marina Bay Sands


Image credit: @joshuagan94

Selain patung air mancur berbentuk singa, ikon Singapura seringkali digambarkan dengan bangunan unik bernama Marina Bay Sands. Perlu diketahui bahwa bangunan berbentuk kapal di puncaknya ini merupakan sebuah pusat hiburan populer yang terdiri dari hotel, ruang pameran, teater, restoran, dan lainnya.


Image credit: @witandfolly

Baik saat langit masih terang atau saat gelap, bangunan Marina Bay Sands seringkali dijadikan background foto para wisatawan. Sebuah tips agar fotomu kali ini lebih terasa spesial, cobalah untuk mengambil gambar saat senja. Kombinasi warna oranye pada langit serta lampu-lampu pada bangunan membuat kombinasi foto ini begitu indah.


Image credit: @mari.explores

8. Helix Bridge


Image credit: @wonderlust.singapore

Bukan sembarang jemabatan biasa, Helix Bridge atau Jembatan Helix ini merupakan jembatan yang dikenal sangat instagrammable. Banyak wisatawan melintasinya tidak hanya sekadar untuk pergi ke Marina Center dari Marina South atau sebaliknya, tapi juga sambil berfoto-foto.


Image credit: @paisleyparade

Saat siang hari, visual jembatan terlihat modern dengan sebagian atapnya dari kaca berwarna biru muda. Sedangkan saat malam hari, jembatan terlihat lebih menyala dengan efek cahaya dari lampu pada atap jembatan yang senada dengan gelapnya langit malam.


Image credit: @cherryc__

9. Singapore Botanic Gardens


Image credit: @witandfolly

Tahukah kamu jika Singapore Botanic Gardens merupakan tempat pertama di Singapura yang dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO? Taman yang didirakan pada tahun 1859 ini menawarkan koleksi tanaman yang jumlahnya sekitar 60,000.


Image credit: @alisewild

Kecantikan Singapore Botanic Gardens sangat patut diacungi jempol karena selain asri, taman ini juga di desain dengan sangat indah. Gerbang-gerbang kecil dari tanaman di sini seringkali dijadikan spot foto favorit wisatawan yang sangat instagrammable. Taman ini sangat cocok untuk dikunjungi saat kamu ingin bersantai setelah lelah menjelajahi keindahan negara ini serta menjadi tempat wisata yang sangat direkomendasikan bagi keluarga.


Image credit: @lpthao.alr

Jam buka: Setiap hari, 05.00 AM – 00.00 AM

10. Ministry of Communications and Information (MCI)


Image credit: @alohacrabs

Apa kesan pertamamu melihat bangunan berwarna-warni ini? Instagrammable bukan? Walaupun memiliki tampilan yang sangat indah, tapi siapa sangka jika bangunan bersejarah ini dulunya merupakan penjara pertama di Singapura. Bangunan klasik ini dengan jendela serta pintu yang penuh warna ini kini telah beralih fungsi menjadi kantor Ministry of Communications and Information (MCI) atau Kementrian Komunikasi dan Informasi Singapura.


Image credit: @thesundaychapter

Sangat mudah menemukan bagunan ini, caranya cukup mencari petunjuk ke Old Hill Street Police Station atau Ministry of Communications and Information (MCI) dengan aplikasi pencari lokasi. Sesampainya di tempat, segera keluarkan kamera atau smartphone kamu untuk berfoto di depan bagunan yang unik ini.


Image credit: @witandfolly

Baca juga: Itinerary Wisata Akhir Pekan Di Singapura Bersama Buah Hati Untuk Wisata Penuh Atraksi Dan Edukasi

Itulah referensi 10 tempat yang tak ada salahnya untuk kamu masukkan ke itinerary liburanmu di Singapura. Selain instagrammable, tempat tersebut juga gratis sehingga membantu meminimalisir pengeluaranmu karena mengingat biaya hidup di Singapura yang tidak murah. Jadi bagaimana, gratis belum tentu tidak worth it kan?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru