Tempat Makan Di Tangerang Yang Harus Dikunjungi Pecinta Kuliner

Siapa yang tidak mengenal Tangerang? Letaknya yang tidak jauh dari Jakarta dan perkembangannya yang pesat menjadikan banyak orang berkunjung ke sini. Namun tahukah kamu kalau di Tangerang banyak tempat makan yang menawarkan kuliner unik dan menggoda selera? Jika kamu belum pernah menjajal wisata kuliner di Tangerang, maka inilah saatnya untuk datang dan mencoba sendiri kekayaan kuliner di sana!

Variasi makanan di Tangerang sangat dipengaruhi oleh percampuran budaya Tionghoa peranakan yang lazim disebut sebagai China Benteng, Jawa dan Betawi yang mendiami tempat ini. Selain rasanya yang nikmat, harga untuk berbagai hidangan di sini juga terjangkau. TripZilla akan memberikan beberapa referensi tempat makan di Tangeran untuk berwisata kuliner, yang dapat menjadi panduan rencana jalan-jalan kamu berikutnya!

1. Dijamin akan membuatmu ketagihan – Laksa Benteng

Laksa Benteng ini adalah salah satu bukti warisan budaya Tionghoa di Tangerang. Rasanya berbeda dengan Laksa Betawi atau Bogor. Kamu dapat menjumpai banyak penjual Laksa Benteng, umumnya mereka memakai gerobak dan berjualan di depan kelenteng. Namun jika tidak mau bersusah payah, kamu bisa datang ke kompleks Kuliner Laksa Tangerang. Di sini terdapat beberapa penjual laksa dan sudah disediakan tempat duduk untuk menunjang kenyamananmu.

Image credit: @oppakuliner

Perbedaan yang terlihat dari laksa ini adalah penggunaan mi berwarna putih yang terbuat dari tepung beras, telur rebus, ayam kampung dan kuah yang dicampur dengan kelapa parut. Selain itu ada pula kentang dan kacang hijau di dalamnya. Kamu bisa memilih mau laksa dengan isian telur, ayam kampung atau keduanya. Rasa laksanya gurih, bumbunya kuat namun tidak membuat eneg dan lebih lezat saat dimakan panas-panas.

Lokasi: Jl. Mochammad Yamin No.113, RT.001/RW.004, Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118.
Harga: mulai dari 13,000 IDR per porsi.

2. Laris manis dan banyak diburu orang – Asinan Lan Jin

Asinan Lan Jin ini juga menjual otak-otak selain asinan sayur dan buahnya yang tersohor. Kebanyakan pembeli menyukai asinan sayur di tempat ini. Asinan sayurnya berisi tauge, lobak, kol, tahu, sayur asin, wortel dan kacang tanah dengan dua pilihan bumbu yaitu bumbu kacang atau bumbu cuka. Kualitas sayurnya yang selalu segar dan sensasi bumbunya yang menyegarkan membuat Asinan Lan Jin digemari banyak orang.

Image credit: @icipkakak

Pemilik tempat makan asinan di Tangeran ini bernama Lan Jin. Dulunya dia berjualan berkeliling dengan menggunakan gerobak sebelum kemudian membuka kedai di depan rumahnya sendiri, yang tidak jauh dari kelenteng Boen Tek Bio. Jangan datang terlalu siang ke sini, ya, karena bisa-bisa asinan yang kamu inginkan sudah habis!

Alamat: Jl. Bakti Saham, RT.002/RW.004, Sukasari, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118.
Harga: mulai dari 22,000 IDR per porsi.

3. Pelepas dahaga yang nikmat – Es Bun Tin

Kedai es yang sederhana ini terletak di dalam kompleks Pasar Lama, satu bangunan dengan kedai lainnya. Meskipun tampak bersahaja, jangan meremehkan rasa dari Es Bun Tin. Pilihan rasanya banyak dengan isian yang melimpah dan harga yang terjangkau. Nama dari menu-menunya pun menarik, salah satunya adalah Es Bumi Hangus. Es Bumi Hangus ini berwarna gelap karena disiram dengan kental manis coklat. Isinya adalah es serut, kurma, buah naga, buah plum, agar-agar dan cincau hitam.

Image credit: @kulinerjabodetabek

Pemiliknya, Lim Bun Tin dan istrinya yang bernama Tjoa Giok Wha sudah berjualan sejak tahun 1980. Saat ini mereka masih meracik es campur itu sendiri di kedainya. Pengunjungnya selalu ramai dan kamu harus bersabar jika ingin menikmati sajian es yang legendaris ini. Tapi jangan khawatir, kamu tidak akan menyesal ketika sudah mencoba rasanya!

Alamat: RT.001/RW.004, Sukasari, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118.
Harga: mulai dari 10,000 IDR per porsi.

4. Menu yang pas untuk memulai harimu – Nasi Uduk dan Ketupat Sayur Encim Sukaria

Tempat makan di Tangerang ini sudah berusia lebih dari 50 tahun dan juga menjual aneka kue basah seperti onde-onde dan kue cucur. Sejak pagi hari, warung yang sederhana ini sudah ramai oleh pengunjung yang hendak mengisi perut. Nasi uduknya yang terkenal berlauk bakwan udang yang renyah dan nikmat.

Nasi uduk | Image credit: @kulinerjabodetabek

Kamu juga bisa mendapatkan semur jengkol untuk pendamping nasi uduk. Semur jengkolnya memiliki rasa yang berbeda karena diolah menggunakan kecap lokal khas Benteng di Tangerang yaitu kecap Siong Hin. Ketupat sayurnya dilengkapi kari ayam kampung. Kuah karinya gurih dan daging ayam kampungnya empuk. Kualitas dari kuah kari ini menjadikan harga ketupat sayurnya lebih mahal. Namun rasanya yang lezat membuat menu ini terus dicari oleh para pelanggannya.

Alamat: Jl. Kh. Soleh Ali No.90, Sukasari, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118.
Harga: mulai dari 19,000 IDR per porsi.

5. Destinasi wajib bagi penggemar sate – Sate Ayam H. Ishak

Sate ayam yang dijual di gerobak ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Bermodalkan daging ayam yang tebal, lontong yang pulen dan bumbu kacang yang sedap, sukses menjadikan menu ini laris manis.

Image credit: @makanajadah

Jika ingin merasakan nikmatnya sate ini, kamu bisa datang pada sore hari di atas pukul 15.00. Sate ayam H. Ishak ini tidak membuka cabang di tempat lain, ya! Jadi kenakanlah pakaian yang nyaman dan kosongkan perut agar pengalaman kamu menikmati sate legendaris ini lebih maksimal!

Alamat: Jl. Kisamaun, RT.002/RW.004, Sukasari, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118.
Harga: mulai dari 15,000 IDR per porsi

6. Bubur yang tidak ada matinya – Bubur dan Bakmi Kepiting Hokie

Menu paling terkenal di tempat makan di Tangerang ini adalah bubur kepitingnya. Bubur ini unik karena selain suwiran daging ayam, juga ditambah dengan daging kepiting. Selain itu bubur ini juga menggunakan kacang mede sebagai pelengkapnya di samping abon, cakwe, kerupuk dan emping. Terbayang kan mantapnya rasa kepiting yang berpadu dengan gurihnya kacang mede?

Image credit: @lin6yun_

Bagi kamu yang penasaran dengan bubur ini, silakan datang ke kompleks Pasar Lama mulai pukul 17.00. Tersedia kursi dan meja yang cukup nyaman di sini dan akan lebih seru kalau kamu mengajak serta teman atau keluarga.

Alamat: Jl. Kisamaun No.72, RT.003/RW.004, Sukasari, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118.
Harga: mulai dari 18,000 IDR per porsi

7. Kuliner yang juga cocok untuk buah tangan – Bolu Tape Benteng Mama Bolu

Bolu ini memiliki banyak varian rasa yaitu cokelat keju, strawberry, blueberry dan kismis. Memiliki rasa tape yang enak dan tekstur yang lembut, bolu ini sudah terkenal hingga ke luar Pulau Jawa. Bolu tape ini dapat disimpan hingga tujuh hari bila kamu masukkan ke dalam kulkas.

Image credit: @mamabolu

Bolu tape ini pastinya akan makin menggugah selera jika dinikmati dengan teh atau kopi di sore hari. Berminat untuk mencoba?

Alamat: Jl. Raya Merdeka No.119, RT.2/RW.2, Sukajadi, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15114.
Harga: mulai dari 15,000 IDR.

8. Nasi bakar yang unik dan menggiurkan – Nasi Sumsum Mang Puri

Sudah pernah mencoba nasi yang ditambahkan dengan sumsum lalu dibakar? Membayangkannya saja sudah menggoda selera ya. Kalau belum, cobalah Nasi Sumsum Mang Puri yang legendaris! Dibuka sejak tahun 1941, kedai nasi ini masih terkenal sampai sekarang.

Image credit: @dewikemalahayati

Sumsum yang dipakai berasal dari sumsum sapi dan kerbau. Awalnya sang pemilik membuat resep ini untuk dimakan sendiri, tetapi karena disukai oleh para tetangganya akhirnya dibukalah warung nasi sumsum. Jejak gurih dari sumsum menambah nikmat nasi bakar di salah satu tempat makan Tangerang yang ngehits ini. Untuk mencicipinya, kamu bisa datang mulai pukul 16.00, ya!

Alamat: Jl. Kapten Swardo No.15B, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42112.
Harga: mulai dari 3,000 IDR per porsi.

9. Makan bandeng dengan cara yang berbeda – Sate Bandeng Sabajo

Sate Bandeng Sabajo ini sangat terkenal dan dapat ditemukan di berbagai toko oleh-oleh di Tangerang maupun toko daring. Sate bandeng yang dibungkus daun pisang ini dapat dihangatkan sebelum dimakan.

Image credit: @satebandeng_sabajo

Kamu akan mencium aroma rempah yang menggoda ketika daun pisangnya dibuka. Daging bandengnya lembut dengan bumbu yang gurih. Sang pengelola, Ummi Kulsum, menggunakan hanya ikan bandeng segar dan bumbu dari resep keluarga untuk membuat sate ini. Tidak heran kalau merek ini menjadi terkenal di antara sate-sate bandeng lainnya.

Alamat: Jatiwaringin, Kec. Mauk, Tangerang, Banten 15330.
Harga: mulai dari 25,000 IDR per porsi.

10. Legit dan manisnya dodol khas Tangerang – Dodol Ny. Lauw

Image credit: @ipangramadhan

Dodol Ny. Lauw ini sudah ada sejak lebih dari 49 tahun yang lalu dan hingga kini rasanya tidak berubah. Hal ini karena mereka mempertahankan proses produksi tradisional yaitu beras ketan sebagai bahan baku utamanya diolah dengan cara ditumbuk, bukan digiling. Proses ini menghasilkan dodol yang lebih legit di lidah.

Image credit: @pangnovie

Kamu bisa menyesuaikan pilihan dodol dengan seleramu karena Dodol Ny. Lauw memiliki tiga varian rasa. Ketiganya adalah dodol lapis, dodol wijen dan dodol durian. Karena dibuat dengan bahan berkualitas tentu saja rasanya tidak perlu diragukan lagi. Makanan ini juga cocok dijadikan oleh-oleh untuk teman atau saudaramu, lho!

Alamat: Gg. SPG No.55, RT.001/RW.002, Karang Sari, Kec. Neglasari, Kota Tangerang, Banten 15121.
Harga: mulai dari 17,500 IDR per bungkus.

11. Siomay non-halal yang tiada duanya – Siomay Benteng Sandy

Siomay Benteng ini dikenal juga dengan sebutan Siomay Sewan, karena pusat perdagangannya ada di Jl. Sewan, Tangerang. Siomaynya ada yang berbahan daging babi, ada juga yang terbuat dari ikan tenggiri atau udang.

Image credit: @boysuhartono

Kenikmatan siomay ini terletak dari kepadatan dagingnya yang menimbulkan rasa gurih saat dicecap. Selain itu, mereka juga menggunakan kecap lokal produksi Tangerang yaitu Kecap Siong Hin atau biasa disingkat Kecap SH. Jangan lupa ke tempat makan di Tangerang ini untuk merasakan siomay yang berbeda dan nikmat! Satu porsi pasti tidak akan cukup!

Alamat: Jl. Sewan, Jl. Rw. Kucing No.37, RT.001/RW.001, Mekarsari, Kec. Neglasari, Kota Tangerang, Banten 15129.
Harga: mulai dari 5,000 IDR per potong.

12. Bukan hanya sekedar bubur – Bubur Ayam Ko Iyo

Bubur ayam ini tidak kalah legendarisnya karena sudah berdiri sejak tahun 1966 dan merupakan pelopor pertama bubur ayam khas Benteng. Bubur ayam ini menggunakan isian ayam cincang, tong cai, cakwe, ati ampela dan daun selada.

Image credit: @the_lucky_belly

Meskipun terdengar tidak lazim, namun rasanya nikmat dan daun selada yang diberikan menambah tekstur dalam bubur ini. Jika ingin rasa yang lebih kuat, kamu bisa menambahkan merica dan kecap asin ke dalamnya.

Alamat: Jl. Kisamaun No.114, Sukasari, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118.
Harga: mulai dari 15,000 IDR per porsi.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Di Tangerang Yang Anti-Mainstream Dan Mengesankan

Selain berbagai lokasi di atas, masih ada tempat makan lain di Tangerang yang dapat kamu jadikan pilihan. Tinggal sesuaikan dengan anggaran dan selera agar petualangan kuliner kamu lebih seru. Bagaimana, sudah siap untuk berwisata kuliner di Tangerang?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru