9 Tempat Makan Kuliner Lombok Wajib Coba Untuk Pengalaman Otentik

Berwisata ke suatu daerah tidak lengkap jika tidak mencicipi makanan khas. Bahkan, sebagian turis juga mengusung misi wisata kuliner karena daerah yang dituju memiliki ragam makanan yang terkenal lezat dan unik dibandingkan daerah lainnya. Demikian pula dengan Lombok, Nusa Tenggara Barat. Wisatawan kerap mencari tempat makan kuliner Lombok yang benar-benar asli dan otentik.

Di samping ayam taliwang yang sudah melegenda, kuliner Lombok yang lain mulai merambah berbagai kota di Indonesia. Namun, jika kamu berkunjung ke Lombok, harus mencoba tempat makan kuliner Lombok rekomendasi Tripzilla berikut.

1. Nasi Balap Puyung – Lombok Tengah

Image credit: @sharebeforeeat

Nasi balap puyung merupakan salah satu menu paling dicari untuk sarapan. Maklum, orang Indonesia mengenal semboyan ‘belum makan kalau belum makan nasi’. Nasi balap puyung ini berasal dari Kampung Puyung, Dusun Lingkung Daye, Jonggat, Lombok Tengah. Penjual yang paling pertama bernama Ibu Inaq Esun yang sudah berjualan sejak tahun 90-an. Namun saat ini kamu bisa dengan mudah menemukan penjual nasi balap puyung di kota Mataram.

Image credit: @sasmitaedo

Satu porsi nasi balap puyung yang lengkap terdiri dari nasi putih dengan suwiran daging ayam bumbu pedas, kedelai goreng, kering kentang, oseng buncis, telur bacem (atau telur asin), dan tentu saja sambal khas.

Lokasi: Jalan Raya Puyung, Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah 83561
Harga: Mulai dari 17,000 IDR per porsi

2. Bebalung – Lombok Tengah

Image credit: @mamamierzha_kidswear

Dari penampakannya, mungkin kamu menganggap bebalung sebagai gulai sapi ‘biasa’. Akan tetapi, masyarakat Desa Sasak memiliki resep khusus yang membuatmu akan lebih bertenaga sesudah makan bebalung. Wah, penasaran?

Image credit: @foodjournal_daily

Sup yang memiliki cita rasa kuah yang gurih dengan daging yang lembut ini biasanya menggunakan bahan dasar iga dan tulang sapi. Namun, beberapa tempat makan kuliner Lombok menyajikan menu bebalung kuda yang dipercaya mampu meningkatkan stamina. Sebagian orang juga kerap mencari bebalung kuda untuk obat malaria. Buat kamu yang bukan pecinta kuliner ekstrem, lebih baik coba bebalung sapi dulu. Tidak kalah enak, kok!

Lokasi: Depot Kelebet (Bebalung), Jalan HOS Cokroaminoto No.10, Monjok Timur, Selaparang, Kota Mataram 83122
Harga: Mulai dari 25,000 IDR per porsi

3. Sate Bulayak – Taman Narmada

Image credit: @sasmitaedo

Setiap daerah di Indonesia sepertinya punya ragam kuliner sate, betul? Tak terkecuali Lombok, yang punya sate bulayak. Ada sate ayam, jeroan, dan sapi yang bisa kamu pilih; tetapi yang membedakan sate bulayak dengan sate pada umumnya adalah lontong yang dililit dengan daun aren atau enau. Inilah yang dinamakan ‘bulayak’.

Image credit: @dickykuliner

Hal unik lainnya dari sate bulayak adalah bumbu kacang yang dimasak dengan santan plus bumbu seperti ketumbar, jintan, bawang dan cabai. Agar lebih mantap, jangan lupa mencocol bulayak ke bumbu yang agak berkuah tersebut. Penjual sate bulayak dapat dengan mudah kamu temukan di area Narmada. Kamu bisa mencicipi sate bulayak sambil mampir ke Taman Narmada yang instagrammable.

Lokasi: Taman Narmada, Jalan Raya Narmada, Lembuak, Kabupaten Lombok Barat 83371
Harga: Mulai dari 25,000 IDR per porsi

4. Ayam Taliwang – Karang Taliwang

Image credit: @eslimah

Kuliner Lombok ini mungkin sudah tidak perlu lagi dipromosikan. Begitu mendengar kata Taliwang, kamu pasti langsung mengingat ayam bakar dengan pedas yang membakar lidah. Akan tetapi, sensasi kelezatan ayam taliwang tak mungkin kamu lewatkan jika berkunjung ke Mataram, Lombok.

Image credit: @nurulfadilah91

Asal mula ayam taliwang memang berasal dari daerah bernama Karang Taliwang, yang berlokasi di Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Lombok. Namun, resep aslinya dibuat oleh masyarakat Desa Sasak, yang memang terkenal dengan kepiawaian memasak kuliner pedas nan lezat. Ada banyak tempat makan kuliner Lombok di Mataram yang menawarkan menu ayam taliwang, tetapi yang paling tersohor antara lain: Rumah Makan Irama, Rumah Makan Kania, Rumah Makan Pak Udin, dan Rumah Makan H.M. Bahran Moerad.

Lokasi: Karang Taliwang, Cakranegara, Kota Mataram
Harga: Mulai dari 40,000 IDR per porsi

5. Sate Rembiga – Dekat Bandara Selaparang

Image credit: @eatineraryid

Provinsi Nusa Tenggara Barat punya julukan ‘Bumi Sejuta Sapi’, karena pernah menjadi pusat program pembibitan sapi lokal di Indonesia. Maka dari itu, kuliner berbahan dasar sapi mudah ditemui di Lombok dan sekitarnya. Selain sate bulayak, ada satu lagi sate yang harus kamu coba, yaitu sate rembiga. Nama ‘rembiga’ sendiri berasal dari daerah tempat sate ini banyak dijual, yaitu sebuah kelurahan di Selaparang, Mataram, Lombok.

Image credit: @saterembigaibusinnaseh

Jika kamu makan sate rembiga yang asli, kamu tidak akan menemukan sate ini disajikan dengan bumbu kacang atau bumbu apapun. Pasalnya, daging sapi yang dijadikan sate telah ditumbuk dan direndam dengan cabai merah kering, terasi, bawang putih, dan gula merah selama dua jam. Barulah kemudian sate tersebut dibakar dan dapat kamu santap panas-panas. Menarik, kan?

Lokasi: Sate Rembiga Ibu Sinnaseh, Jalan Dr. Wahidin No. 11B, Rembiga, Selaparang, Kota Mataram 83124
Harga: Mulai dari 25,000 IDR (10 tusuk sate)

6. Sate Tanjung – Lombok Utara

Image credit: @asmararestaurantlombok

Selain sate sapi, ada pula sate ikan yang bisa kamu nikmati jika kamu berkunjung ke Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Mirip dengan sate rembiga, sate tanjung tidak disajikan dengan bumbu. Beberapa warung justru menambahkan pepes kepala ikan sebagai pelengkap. Bahan utama bumbu untuk memasak sate tanjung antara lain: kencur, laos, jahe, kemiri, santan kelapa, dan jeruk limau. Saat dibakar, sate tanjung dilumuri bumbu rempah yang cukup pedas sehingga hasil akhirnya semakin menggoda selera.

Image credit: @gili_guesthouse

Para penjual sate tanjung sudah berjualan sejak tahun 70-an, lho. Mereka biasanya berjualan mulai pukul dua siang hingga malam hari. Tertarik untuk mencoba?

Lokasi: Desa Tanjung, Kabupaten Lombok Utara
Harga: Mulai dari 1,000 IDR per tusuk

7. Opak-opak Plecing – Lombok Utara

Image credit: @ida_landu

Plecing kangkung merupakan hidangan yang melengkapi ayam taliwang. Nah, menjelang bulan Ramadan seperti saat ini, masyarakat Lombok Utara gemar membuat opak-opak dan menyajikan plecing kangkung di ‘mangkok’ opak-opak tersebut. Opak-opak plecing ini biasa dihidangkan untuk menu berbuka.

Image credit: Lombok Post

Membuat opak-opak cukup mudah, hanya dengan bahan baku ubi kayu yang dikupas, diparut, lalu diperas hingga menjadi tepung kanji. Setelah tepung kanji dicampur santan dan garam, opak-opak dibentuk sedemikian rupa agar dapat dijadikan ‘wadah’ plecing kangkung. Yang membuat khas tentu adalah sambal plecing kangkung yang otentik, yang hanya bisa kamu temukan di Lombok.

Lokasi: Desa Tanjung, Kabupaten Lombok Utara
Harga: Mulai dari 1,000 IDR per porsi

8. Sayur Ares – Lombok Tengah

Image credit: @ahyar_ros

Sayur berbahan dasar pelepah pisang ini dulunya hanya bisa ditemui di acara-acara hajatan di Desa Sasak. Pisangnya pun bukan pisang sembarangan, harus pisang kepok atau pisang raja. Meski unik, bumbu untuk memasaknya sendiri cukup sederhana, yaitu bumbu kare pada umumnya.

Image credit: @tengakarta

Terkadang pelepah pisang di sayur ares digantikan oleh nangka atau pepaya muda. Namun hal ini tidak mengurangi keunikan masakan tersebut. Untuk mencobanya, kamu bisa mencari rumah makan khas Lombok yang tersebar di Kota Mataram.

Lokasi: Rumah Makan Khas Lombok Tanjung Karang, Jalan Arya Banjargentas No. 88X, Ampenan, Sekarbela, Tanjung Karang, Kec. Mataram, Kota Mataram 83115

9. Beberuq Terong – Karang Taliwang

Image credit: @roemahlangko

Beberuq terong adalah sejenis ‘lalapan’ untuk pendamping ayam taliwang atau ikan bakar. Hampir setiap rumah makan yang menjual ayam taliwang, turut menghidangkan beberuq terong. Berbahan dasar terong gelantik yang renyah, masakan ini menciptakan kesan segar. Maklum, bumbunya terdiri dari cabe merah keriting, cabe rawit, bawang putih, bawang merah, kencur, terasi bakar, gula pasir, garam, lalu disiram dengan minyak jelantah.

Image credit: @susie.agung

Kamu bisa meminta beberuq terong disuguhkan mentah atau dibakar, sesuai seleramu. Nikmati saat makan siang, awas porsi makanmu bertambah!

Baca Juga: 6 Tempat Makan Ayam Betutu Di Bali Untuk Sensasi Makan Pedas Yang Nikmat

Kuliner Lombok tidak hanya ayam taliwang atau plecing kangkung. Jadi, kapan kamu mau merencanakan wisata kuliner Lombok?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru