86 Tempat Ini Bisa Kamu Kunjungi Untuk Melihat Hilal Awal Ramadhan 1442 H

Bulan Ramadhan akan segera tiba, namun penentuan awal Ramadhan 1442 Hijriah masih akan ditentukan oleh Kementerian Agama pada Senin (12/4) pekan depan. Kemenag akan melakukan melihat hilal untuk menentukan awal ramadhan 1442 H di 86 tempat yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dijelaskan Direktur Urusan Agama Islam Kementerian Agama, Agus Salim, seperti diwartakan CNN Indonesia, pihaknya akan menurunkan sejumlah pemantau hilal di 86 lokasi yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Dari 34 provinsi di Indonesia, Jawa Timur menjadi provinsi dengan tempat pemantauan hilal terbanyak, yaitu 24 lokasi di sejumlah kota dan kabupaten, disusul Jawa Barat dengan sembilan lokasi dan Daerah Istimewa Aceh dengan delapan lokasi.

Nantinya, hasil pemantauan Hilal dan Data Hisab Posisi Hilal awal Ramadan akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat. Hal itu bertujuan supaya pemerintah bisa mengambil keputusan penentuan kapan ibadah puasa dimulai.

Adapun 86 tempat untuk bisa melihat hilal awal Ramadhan 1442 H itu antara lain:

  1. Daerah Istimewa Aceh: Observasi Tgk. Chiek Kuta Karang Lhoknga Aceh, Lhokseumawe Bukit Blang Tiron Perta Gas Arun, Aceh Jaya Gunung Cring Crang, Aceh Barat Pantai Suak Geudeubang, Aceh Selatan, Pantai Lhok Keutapang, Simeule Panatai Teluk Dalam, Sabang Tugu “0” KM.
  2. Sumatra Utara: Rooftop Gedung BMKG Wilayah Sumatera dan OIF UMSU Medan
  3. Sumatra Barat: Gedung Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat di Kota Padang
  4. Riau: Pantai di Kota Dumai
  5. Kepulauan Riau: Cafe Puncak, Tanjungpinggir, Pantai Pelawan Pangke, Tugu Khatulistiwa Desa Metunda, Pantai Teluk Buton Desa Teluk Buton Bunguran Utara, Masjid Agung Baitul Ma’mur Anambas.
  6. Jambi: Hotel O Duo Weston Kota Jambi
  7. Sumatra Selatan : Rafah Tower UIN Raden Fatah Palembang
  8. Bangka Belitung: Pantai Tanjung Raya Penagan, Pantai Tanjung Kalian Muntok, Pantai Tanjung Pendam Belitung
  9. Bengkulu: Mes Pemda Prov.Bengkulu
  10. Lampung: POB Bukit Gemulai, Pantai Canti Rajabasa Kalianda Lampung Selatan, Pantai Jukung Pesisir Tengah, Krui Pesisir Barat
  11. DKI Jakarta: Gedung Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta Masjid Al-Musyariin Basmol Jakarta Barat, Pulau Karya Kepulauan Seribu, dan Masjid KH Hasyim Asy’ari Jakarta Barat
  12. Banten : Mercusuar Cikoneng, Banten
  13. Jawa Barat: Bosscha Lembang, Subang Astahana Pondok Bali, Cirebon Pantai Gebang, Banjar Gunung Babakan, Tasik Pantai Cipatujah, Garut Pantai Santolo, Sukabumi Pelabuhanratu Cibeas, Simpenan, Imah Noong Lembang Bandung Barat
  14. Jawa Tengah: Masjid Agung Semarang
  15. DI. Yogyakarta: Bukit Syech Bela Belu Parangtritis Yogyakarta
  16. Jawa Timur: Pantai Tanjung Kodok Lamongan, Bukit Banyu Urip, Tuban, Lapan Kabupaten Pasuruan Gunung Sekekep Ponorogo, Kepanjen Kabupaten Malang, Pantai Serang Kabupaten Blitar, Pantai Srau Pacitan, Bukit Wonotorto Blitar, Pantai Nyamplong Kobong Jember, Pantai Pecinan/Pantai Kabut Situbondo, Pantai Pancur Banyuwangi, Pantai Ambat Pamekasan, Bukit Condrodipo Gresik, Pantai Gerbang Bangkalan, Bukit Wonocolo Bojonegoro, Gunung Pandan Madiun, Pantai Kalisangka Kagean, Pantai Bawean Gresik, Menara Hilal Mambaul Maarif, Bukit Gumuk Klasi Banyuwangi, Pantai Taneros Sumenep, Pantai Watukarong Pacitan, Pantai Duta Probolinggo, PP Baitul Hikmah Kota Pasuruan, Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo
  17. Bali : Pantai Patra Jasa Tuban Kuta Badung
  18. Nusa Tenggara Barat : Pantai Loang Baloq Ampenan Mataram
  19. Nusa Tenggara Timur : Rooftop Aston Hotel Kupang
  20. Kalimantan Barat : Pantai Indah Kakap Kabupaten Kubu Raya
  21. Kalimantan Tengah : Menara Masjid Raya Darussalam Palangka Raya
  22. Kalimantan Selatan : Lantai Atas Bank Kalimantan Selatan
  23. Kalimantan Timur: Tempat Menara Asmaul Husna Masjid Baitul Muttaqin Islamic Center Samarinda
  24. Kalimantan Utara : Gunung KNPI Kec. Tanjung Selor
  25. Sulawesi Utara : Manado MTC lantai R1
  26. Gorontalo : Pantai Wisata Botu Didingga Desa Dambalo Kecamatan Tomilito Kab.Gorontalo Utara
  27. Sulawesi Tengah : Gedung Hisab Rukyat Desa Manara Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala
  28. Sulawesi Barat : Tanjung Mercusuar Sumare, Simboro Kabupaten Mamuju
  29. Sulawesi Selatan : Rooftop Mall GTC Tanjung Bunga Makassar
  30. Sulawesi Tenggara : Panatai Wolulu Kelurahan Wolulu Kecamatan Watubangga Kabupaten Kolaka
  31. Maluku : Desa Wakasihu Kec. Leihitu Barat Kab. Maluku Tengah
  32. Maluku Utara: Pantai Rua Kota Ternate, Pantai Supu Kabupaten Halmahera Barat
  33. Papua Barat: Pantai Masni, Hotel Kriyad Lantai 8, Bandara Utarum, Masjid Al Hidayah
  34. Papua : PLTD Holtekam Distrik Muara Tami Kota Jayapura, Provinsi Papua

Cara dan tempat melihat hilal untuk menentukan awal Ramadhan

Dikumpulkan dari berbagai sumber, ada sejumlah cara dan metode untuk bisa melihat hilal, yang kemudian dijadikan salah satu pedoman untuk menentukan awal Ramadhan.

Perlu diketahui lebih dulu, hilal merupakan bulan sabit tertipis yang berkedudukan rendah di atas cakrawala langit barat, dan sudah bisa diamati tepat selepas terbenamnya matahari.

Metode pertama untuk bisa melihat hilal adalah dengan menggunakan mata telanjang, tanpa menggunakan alat bantu sama sekali. Cara lain adalah dengan menggunakan alat bantu seperti teleskop, namun dengan tetap mengandalkan indera penglihatan. Metode terakhir adalah dengan menggunakan alat optik yang terangkai dengan sensor atau kamera, yang memproduksi denyut elektronik yang bisa diolah sebagai citra atau gambar.

Adapun untuk tempat terbaik melihat hilal bisa bervariasi, mulai dari lokasi permanen yang disebut balai rukyat, menara masjid, hingga padang terbuka. Namun yang utama adalah tempatnya memiliki pandangan luas ke arah barat dan tidak terhalang oleh benda apapun di cakrawala baik berupa bukit, gunung, maupun sekadar pepohonan tinggi.

Baca juga: 10 Tempat Berburu Kuliner di Pasar Ramadhan Jogja

Nah, apakah kamu tertarik mengunjungi salah satu dari tempat melihat hilal yang paling dekat dengan daerah kamu, menyaksikan langsung munculnya hilal yang menentukan awal Ramadhan 1442 H nanti?


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di FacebookTwitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru