Tempat Wisata Ala Jepang Di Indonesia, Pengobat Rindu Akan Jepang

Jepang masih melarang wisatawan asal Indonesia berkunjung ke negara mereka meski sudah membuka pintu perbatasan untuk warga negara asing. Masih tingginya kasus pandemi Covid-19 di Indonesia menjadi alasannya. Namun, bagi kamu yang ingin liburan ke Negeri Matahari Terbit, bisa memilih alternatif lain wisata, dengan mengunjungi destinasi wisata ala Jepang yang ada di Indonesia.

Tidak sedikit destinasi wisata ala Jepang di Indonesia yang asyik dikunjungi. Bukan hanya menawarkan atmosfer yang kurang lebih sama dengan yang ada di Jepang, nuansanya juga dibentuk sedemikian rupa untuk menjadikan destinasi wisata ini semirip mungkin dengan negara di Asia Timur ini.

Penasaran di mana saja destinasi wisata ala Jepang yang ada di Indonesia ini? Lihat daftarnya di bawah ini, ya!

1. Seperti di hutan bambu Kyoto – Ekowisata Boon Pring Andaman, Malang

wisata ala jepang
Image credit: Boonpring Andeman

Ekowisata Boon Pring Andaman memiliki banyak lokasi yang menarik untuk dikunjungi. Tapi jika ingin mengunjungi destinasi wisata ala Jepang di Indonesia, maka area hutan bambu menjadi titik yang harus kamu tuju. Selain itu, ada juga telaga yang sumber airnya berasal dari enam mata air. Suasananya yang asri dan menenangkan menjadikan Ekowisata Boon Pring Andaman wajib masuk dalam rencana kamu berikutnya.

Lokasi: Jl. Andeman, Dusun Kp. Anyar, Sanankerto, Kec. Turen, Malang, Jawa Timur
Jam operasional: Setiap hari, 8.00 – 16.00
Harga tiket: 10,000 IDR per orang

2. Menikmati pemandian air panas ala onsen Jepang di Batu – The Onsen Hot Spring Resort

wisata ala jepang
Image credit: The Onsen Hot Spring Resort

Ingin berendam air panas di onsen, Jepang? Jika biaya ke sana terlalu mahal, kamu bisa memilih alternatif dengan mengunjungi The Onsen Hot Spring Resort di Batu. Bayangkan, bisa berendam di onsen dengan lokasi yang asri, di tengah hutan pinus yang rimbun dengan background pegunungan? Asyik banget, kan?

wisata ala jepang
Image credit: The Onsen Hot Spring Resort

Untuk menambah nuansa Jepang, ada gerbang merah Torii yang menarik untuk dijadikan latar belakang foto kamu, dan juga Jembatan Shinkyo. Resortnya juga menyediakan akomodasi khas Jepang, lengkap dengan tatami. Ingin chato, ritual tradisional minum teh ala Jepang, dengan mengenakan Yukata juga bisa. Dijamin Jepang banget, deh!

Image credit: The Onsen Hot Spring Resort

Lokasi: Jl. Arumdalu No.98, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
Jam operasional: Setiap hari, 15.00 – 18.00 WIB
Harga tiket: 100,000 IDR
Booking The Onsen Hot Spring Resort di Agoda

3. Berkunjung langsung ke kampung Jepang – Little Japanese Jatim Park 3, Batu

Seperti apa rasanya berada di suatu kampung di Jepang? Penasaran kamu bisa dipuaskan dengan mengunjungi Little Japanese di The Legend Star, Jatim Park 3, Batu. Kamu bakal melihat bangunan dengan arsitektur khas Jepang, istana Kerajaan Jepang, rumah shogun dan juga pohon sakura. Kamu bisa berjalan-jalan di tengah perkampungan dengan mengenakan kimono dengan biaya sewa 5,000 IDR selama 20-30 menit. Menarik, kan?

Lokasi: Jl. Ir. Soekarno No.144, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur
Jam operasional: Setiap hari, 12.00 – 19.00 WIB
Harga tiket: 50,000 IDR per orang

4. Menjelajah bukit penuh sakura – Sakura Hills, Tawangmangu

Image credit: Sakura Hills Tawangmangu

Satu lagi destinasi wisata ala Jepang di Indonesia yang bisa kamu kunjungi, yaitu Sakura Hills di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Destinasi ini baru diresmikan pada Desember 2019 dengan menghadirkan wana wisata Japan-themed. Mengusung konsep ala Jepang, pengunjung bakal melihat banyak bangunan khas Negeri Matahari Terbit ditampilkan, pun demikian dengan pohon sakura dan bunganya, serta penyewaan baju kimono. Kamu juga bisa beraksi layaknya ninja di Ninja Squad Outbound. Cosplay dengan baju samurai Jepang juga ada. Dijamin keren, lho!

Lokasi: Jl. Raya Matesih-Tawangmangu No.16, Gondosuli Kidul, Tawangmangu, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Jam operasional: Setiap hari, 9.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: 30,000 IDR per orang

5. Menikmati “sakura” Tabebuya di Surabaya

Image credit: Bangga Surabaya

Bukan bunga sakura memang, tapi nuansa dan sensasinya tidak kalah dari pesona yang ditawarkan di Jepang. Bunga dari pohon tabebuya yang tersebar di hampir sepanjang jalan protokol di Surabaya, tepatnya di Jalan Ahmad Yani, Jalan Darmo dan Jalan Raya Gubeng menghadirkan pemandangan yang indah dan luar biasa. Yang ingin berfoto dan mendapatkan sensasi tidak kalah keren dari di Jepang, datang saja ke Surabaya pada April atau November untuk menikmati mekarnya bunga tabebuya ini. Instagrammable banget, lho!

Lokasi: Jalan Ahmad Yani, Jalan Darmo dan Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur

6. Menikmati keseruan musim dingin – Trans Snow World

Image credit: Trans Snow World Bintaro

Jepang di musim dingin identik dengan salju. Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan, mulai dari melakukan ski, atau menaiki kereta salju. Di Indonesia, destinasi wisata ala Jepang yang bisa dikunjungi untuk, setidaknya, memberikan kesan yang sama adalah Trans Snow World. Taman bermain di Bintaro ini menawarkan sensasi bermain salju, berseluncur es dan aktivitas menarik lain yang bisa dilakukan di salju. Yang tertarik merasakan atmosfer musim dingin di Jepang bisa mengunjungi destinasi wisata ini, ya!

Lokasi: Jl. Prof. DR. Satrio No.5, Pd. Jaya, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten
Jam operasional: Setiap hari, 10.00 – 20.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 200,000 IDR per orang

7. Melihat bunga sakura asli – Waingapu, Sumba Timur

Jika di Jepang bunga sakura bermekaran pada bulan Maret hingga April, maka bunga sakura di Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur bermekaran pada bulan Oktober hingga November. Nuansanya sangat berbeda dibanding di Jepang atau Korea. Bayangkan, berada di sabana dan berfoto di bawah pohon sakura yang bermekaran, sensasinya tidak akan kamu dapatkan, termasuk di Jepang sekalipun.

Lokasi: Kabupaten Sumba Timur, Pulau Sumba, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)

8. Seperti berada di Kyoto – Kyotoku Floating Market, Bandung

wisata ala jepang
Image credit: Kyotoku Floating Market

Selain Kota Mini dan Rainbow Garden, Floating Market Lembang juga memiliki Kyotoku, yang menawarkan destinasi wisata ala Jepang di Indonesia. Di sini, pengelola menawarkan kimono, atau hanbook, untuk disewa, bunga sakura untuk dijadikan background foto dan suasana alam yang sejuk untuk dinikmati. Jangan sampai melewatkan kesempatan berlibur di sini, ya!

Lokasi: Floating Market Lembang, Jl. Grand Hotel, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Jam operasional: Setiap hari, 8.00 – 18.00
Harga tiket: 20,000 IDR per orang

9. Menikmati taman asri khas Jepang – Taman Bunga Nusantara

wisata ala jepang
Image credit: Taman Bunga Nusantara

Jika kamu penasaran seperti apa asrinya taman di Jepang, kamu bisa langsung melongok penampakannya di Taman Bunga Nusantara, Cianjur. Kamu akan disambut dengan kemegahan pintu gerbang khas Jepang dengan taman bergaya Zen di dalamnya. Kamu juga bisa mendapati kolam dengan ikan koi, pepohonan yang rindang dan taman yang tertata rapi. Ada juga gazebo bergaya Jepang, yang memberikan nuansa yang membawa pengunjungnya ke Asia Timur.

Lokasi: Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat
Jam operasional: Setiap hari, 8.00 – 17.30 WIB
Harga tiket: 40,000 IDR per orang

10. Zona jalan-jalan rasa Jepang – Little Tokyo, Blok M, Jakarta

Ingin berada di tengah suasana dan atmosfer kota-kota besar di Jepang, langsung saja menuju ke Little Tokyo, Blok M, Jakarta. Kawasan ini memang menghadirkan semua hal yang berbau Jepang, mulai restoran dan masakan Jepang hingga ornamen klasik yang mengesankan. Bahkan, hampir setiap tahun dihelat festival Jepang, seperti festival Ennichisa, cosplay dan masih banyak lagi lainnya. Tertarik berkunjung ke sana?

Lokasi: Jl. Melawai, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam operasional: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

11. Menginap di rumah-rumah unik Jepang – Vila Air, Bandung

Salah satu lokasi di mana kamu bisa merasakan sensasi menginap di rumah-rumah khas Jepang adalah di Vila Air, Lembang, Bandung. Akomodasi yang dihadirkan memang menekankan nuansa khas Jepang dan kenyamanannya. Belum lagi udara segar khas Lembang dan pemandangan taman dan kolam yang asri, yang pastinya memanjakan mata dan hati. Yang tertarik untuk setidaknya menginap di tempat yang asyik dan menenangkan, Vila Air layak menjadi pilihan.

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi KM. 9, Lembang, Karyawangi, Parongpong, Bandung
Booking di Agoda

12. Menyusuri jalan kecil pemukiman kuno Jepang – Takayama, Gang Kepatihan, Bogor

Warga Bogor mengenal wilayah ini sebagai Kota Takayama. Bagi yang asing, kamu bisa langsung menuju ke Gang Kepatihan di Jalan Veteran, Kelurahan Kebon Kelapa, Bogor Tengah, Bogor. Gang “Kota Takayama” ini mengambil tema Little Kyoto dengan suasana tradisional Jepang di abad 17. Gang sepanjang 70 meter ini disulap sedemikian rupa menjadi kota tua Takayama. Tempatnya Instagenik, lho!

Lokasi: Gang Kepatihan di Jalan Veteran, Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat
Jam operasional: Setuap hari, 6.00 – 21.00
Harga tiket: Gratis

Baca juga: Tempat Melihat Bunga Sakura Di Indonesia Yang Tidak Kalah Keren Dari Jepang Dan Korea

Tidak perlu ke Jepang untuk mendapatkan foto, makanan atau pernak-pernik khas negara tersebut, kan? Destinasi wisata ala Jepang ini seharusnya sudah bisa mengobati kerinduan kamu akan semua hal berbau Jepang. Selain itu, tidak perlu mengeluarkan biaya jutaan rupiah untuk bisa ke tempat ini, kan?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru