14 Tempat Wisata Di Indramayu Yang Pas Jadi Destinasi Liburan Keluarga

Indramayu selama ini mungkin lebih dikenal dengan produksi buah mangga. Tapi tahukah kamu kalau banyak tempat wisata yang menarik di Indramayu?

Wisata Indramayu menawarkan tipe wisata yang lengkap, dari wisata alam, religi hingga sejarah. Karakter tempat wisata di Indramayu juga cocok untuk semua usia. Penasaran dengan pilihan tempat wisata di Indramayu yang asyik untuk jadi destinasi wisata keluarga atau bersama sahabat, kamu bisa melihat pilihan lokasi rekomendasi TripZilla Indonesia di sini. Catat, ya!

1. Masuk dan keluar hutan di Pantai Karangsong

Image credit: @agungtazz

Dari kejauhan, kamu bisa membaca nama pantai ini dari perahumu. Pantai Karangsong tidak hanya membuatmu dapat menikmati tenangnya suasana tepi laut berkat pesisirnya yang ditumbuhi pohon bakau.

Image credit: @dsheyusnia

Meski perairannya kurang bagus untuk berenang, kamu dapat memancing dan tentunya menjelajahi hutan bakau yang ada. Kalau ingin berburu foto, spot hutan bakau ini juga cantik untuk dibidik, lho!

Lokasi: Jl. Wanasari, Karangsong, Kec. Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat
Jam Buka: Senin – Jumat pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB, Sabtu – Minggu pukul 07.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

2. Ngobrol santai tanpa beban di Taman Tjimanoek

tempat wisata di indramayu
Image credit: @husnulromero

Taman Tjimanoek adalah tempat yang pas kalau kamu berkunjung bersama anak-anak. Area duduknya yang cukup nyaman bisa membuatmu betah. Untuk tempat kopi darat juga asyik, kan?

Image credit: @dellaok_28

Pada pagi hari, taman ini juga populer untuk lokasi olahraga. Sekedar selfie atau wefie pun boleh karena kamu bisa menemukan sudut-sudut yang cantik di sini.

Lokasi: Jl. Cimanuk, Margadadi, Kec. Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 21.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

3. Jangan sampai tidak menyelam di Pulau Biawak

Image credit: @pulaubiawakindramayu_1

Pulau ini sslinya bernama Pulau Rakit. Kata biawak disematkan karena reptil ini memang mudah ditemui di sana. Tapi jangan takut untuk berkunjung, karena pemandangan bawah laut Pulau Biawak sangat indah.

Image credit: @neear1590

Bukan hanya alamnya yang masih alami dan cantik, kamu pun dapat menikmati peninggalan sejarah di Pulau Biawak. Sebut saja mercusuar yang dibangun pada tahun 1872 dan bisa kamu masuki. Kalau tidak mau capek, mengabadikan diri di depannya juga bisa jadi kenangan yang berkesan, kok!

Lokasi: Kepulauan Biawak, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 05.30 WIB – 17.30 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 400,000 IDR (menyesuaikan harga operator wisata)

4. Menambah pengetahuanmu di  Mutiara Bangsa Science Center

Image credit: Mutiara Bangsa Science Center

Mutiara Bangsa Science Center wajib dikunjungi karena menyediakan tempat belajar sekaligus mencoba aneka wahana. Selain seru, tentunya ingatanmu tentang pelajaran sains akan disegarkan kembali di sini.

tempat wisata di indramayu
Image credit: Mutiara Bangsa Science Center

Diklaim sebagai rumah ilmu pengetahuan terbesar di Indonesia, ada 48 wahana yang dapat kamu coba. Misalnya gyroextreme dan sepeda gantung yang unik. Ajak juga si kecil untuk memasuki taman bermain yang didesain untuk mempelajari aneka profesi. Menarik!

Lokasi: Komplek Waduk Bojongsari Sindang, Bojongsari, Kec. Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 08.30 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 35,000 IDR

5. Sejenak berfoto di anjungan ikonik Pantai Tirtamaya

Image credit: @ugii_32

Setiap pengunjung yang datang pasti berfoto di anjungan ini. Dari sini, kamu dapat leluasa memandang ke arah lautan. Pasir pantainya berwarna hitam kecoklatan, berbeda dengan di pantai lain. Asyiknya bersantai di Pantai Tirtamaya adalah karena banyak pohon yang bisa menjadi peneduh. Tidak ada pohon, saung pun tersedia. Kamu bisa puas duduk selonjor hingga waktunya berburu matahari terbenam yang indah.

Lokasi: Desa Juntikedokan, Kec. Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

6. Belajar sejarah wayang cepak di Sanggar Jaka Baru

Image credit: Sanggar Jaka Baru

Gemar melihat wayang? Atau malah sama sekali tidak mengerti seni wayang? Sanggar Jaka Baru adalah tempat yang perlu dikunjungi. Jenis wayang yang populer adalah wayang golek cepak atau wayang papak, berupa wayang berbahan kayu dengan bentuk kepala rata. Kamu dapat menemukan pengrajin wayang golek yang juga bisa dibeli hasil karyanya. Tonton juga pentas wayang golek dan topeng yang ada di sini. Antik dan berkesan!

Lokasi: Jl. Raya Desa Gadingan Gang Buyut Pandan, Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

7. Petik mangga sampai puas di Agrowisata Situ Bolang

Image credit: @febbyaldyn_

Terbayang rasa segar dari mangga khas Indramayu? Kalau mau menikmati proses memanen hingga makan buah mangga, datanglah ke Agrowisata Situ Bolang.

Image credit: @silvia.triyana

Kamu bisa memetik bukan sembarang mangga, tapi varietas mangga Agrimania yang pernah dinobatkan sebagai buah mangga unggul tingkat nasional. Sebelum pulang, abadikan dirimu di sudut-sudut tamannya yang cantik ini.

Lokasi: Desa Jatisura, Cikedung, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

8. Bergelantungan di tengah udara segar di Wisata Hammock Karang Jati

Image credit: Karang Jati Dukuhjeruk

Wisata ini terdapat di Desa Dukuhjeruk dan menawarkan sensasi bersantai yang anti mainstream. Pilih saja di sudut mana kamu ingin menghabiskan waktu dan memandang deretan pohon jati di sekelilingmu. Dikelola oleh warga setempat, kamu dapat mencoba hammock bersusun untuk pengalaman yang berbeda. Di sini juga dibuka perpustakaan untuk kamu yang ingin membaca sambil berayun di hammock. 

Lokasi: Desa Dukuhjeruk, Kec. Karangampel, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 2,000 IDR

9. Menikmati indahnya pemandangan di Pantai Balongan Indah

tempat wisata di indramayu
Image credit: @oktaviandev

Pantai Balongan Indah memang indah. Bebatuan pemecah ombak yang berderet di bibir pantai membuat pemandangan di sini justru semakin menarik untuk dinikmati. Perairannya juga tenang sehingga cocok untuk tempat bermain air.

Kamu bisa menyewa pelampung untuk berenang atau bermain banana boat kalau ingin merasakan pengalaman yang lebih seru. Tapi kalau malas basah-basahan, ada pula perahu untuk disewa agar kamu bisa mengelilingi pantai dengan kering dan nyaman. Bermain air tentu akan bikin perutmu lapar, tapi tidak masalah karena sudah banyak warung makan yang dibuka di sini.

Lokasi: Jl. Raya Balongan, Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.30 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 7500 IDR

10. Mengisi waktu dengan wisata religi di Islamic Center Indramayu

Image credit: @sandywahyudi97

Islamic Center Indramayu ini adalah area wisata religi seluas 12 hektar dengan pusatnya adalah Masjid Syekh Abdul Manan. Masjid yang tertata rapi dengan desain apik ini juga menarik untuk diabadikan sebagai kenang-kenangan dari liburanmu di Indramayu.

tempat wisata di indramayu
Image credit: @wwnnyn_ 

Kamu dapat bersembahyang di dalamnya dan dengan desain ala Timur Tengah, kamu akan merasakan pengalaman yang berbeda. Di depan masjid dibangun taman dengan banyak air mancur yang semakin menyegarkan pemandangan.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.1, Pekandangan, Kec. Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

11. Mencari angin di sekitar monumen ikonik Tugu Perjuangan

Image credit: @ka_cikol

Bila kamu mencari monumen yang terkenal di Indramayu, maka kamu dapat berkunjung ke Tugu Perjuangan. Di puncak tugu ini terdapat patung MA Sentot, seorang pahlawan dari Indramayu yang berperan besar dalam mengusir penjajah. Warga setempat biasa berpiknik di sekitar Tugu Perjuangan dan kamu mungkin ingin melakukannya juga. Di sekitar tugu terdapat pepohonan yang bisa membuat suasana terasa adem dan pas untuk menghabiskan waktu.

Lokasi: Jl. Pekandangan, Kec. Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 21.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

12. Kecantikan peninggalan masa lampau di Museum Bandar Cimanuk

Image credit: Museum Bandar Cimanuk

Museum adalah tempat yang asyik untuk dikunjungi saat berpelesir ke suatu daerah. Kalau sedang di Indramayu, luangkan waktumu untuk menyambangi Museum Bandar Cimanuk. Kamu bisa menikmati suasana kuno dan antik yang ada di dalamnya.

Terdapat berbagai naskah kuno, foto-foto bersejarah, benda-benda tradisional dan peninggalan bersejarah lainnya. Kamu bisa mengamati miniatur perahu khas Indramayu hingga pedati di bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1890 ini.

Lokasi: Jl. Veteran No. 5, Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat
Jam Buka: Jumat – Minggu, pukul 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

13. Memotret tenangnya suasana di Waduk Cipancuh

Image credit: @onetransport.majalengka

Waduk Cipancuh menjadi lokasi wisata yang banyak dikunjungi terutama ketika sore hari. Perpaduan permukaan air yang tenang dengan semburat warna jingga di langit akan membuatmu sulit melepaskan pandangan. Suasananya terasa damai untuk duduk-duduk santai dan juga asyik bagi kamu penggemar fotografi. Tidak sulit untuk mendapatkan hasil jepretan yang menarik di sini lho!

Lokasi: Situraja, Gantar, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

14. Mengakhiri hari dengan pemandangan romantis di Pantai Dadap

Image credit: @onetransport.majalengka

Pantai Dadap terkenal dengan pemandangan matahari terbenamnya, jadi kamu dapat berkunjung ke sini menjelang sore hari. Pantai ini punya lingkungan yang masih alami dan kalau penasaran ingin menjelajahi pantai, kamu dapat menyewa perahu dari penduduk sekitar. Sambil menghabiskan waktu, kamu bisa mengisi perut di fasilitas warung makan yang sudah ada di sini. Bayangkan betapa cantiknya suasana yang bisa dinikmati dari tepian tebingnya!

Lokasi: Desa Dadap, Kec. Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 2,000 IDR

Baca juga: 13 Destinasi Wisata Di Pangandaran Yang Eksotik

Yuk coba mengeksplorasi kota Indramayu karena keindahannya tidak kalah dengan kota-kota lainnya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru