9 Tempat Wisata Di Kuching Yang Instagrammable Dan Menarik Untuk Dikunjungi

Kuching memang tidak sepopuler Kuala Lumpur, Penang atau Johor Bahru sebagai destinasi wisata di Malaysia. Padahal banyak tempat wisata yang tidak kalah keren di Kuching, yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dari destinasi wisata alam hingga wisata budaya dan sejarah, kamu bisa menemukan banyak hal di Kuching.


Cara menuju ke Kuching ⇐

Kuching berada di wilayah Malaysia Timur dengan letak geografis berada di Pulau Kalimantan. Untuk bisa sampai ke Kuching, ada sejumlah pilihan moda transportasi untuk dipilih.

Jika menggunakan jalur udara, tidak ada penerbangan langsung dari Indonesia ke Kuching. Traveler harus menuju ke Kuala Lumpur atau Johor Bahru atau Kinabalu terlebih dahulu sebelum melanjutkan penerbangan ke Kuching. Ada sejumlah maskapai yang melayani penerbangan ke wilayah ini, seperti AirAsia, Lion Air dan Malindo Air.

Jika menggunakan jalur darat, perjalanan bisa dilakukan dengan start awal dari Pontianak, Kalimantan Barat. Ada banyak perusahaan bus yang bisa dipilih, termasuk DAMRI. Lama perjalanan kurang lebih delapan jam.


Nah, bagi yang tertarik berkunjung ke Kuching, menikmati setiap keseruan di ibu kota negara bagian Serawak, Malaysia itu, di bawah ini adalah destinasi wisata dan tempat yang asyik untuk dikunjungi untuk inspirasi liburan kamu berikutnya.

1. Sarawak Cultural Village, tempat asyik belajar budaya

Sarawak Cultural Village
Salah satu atraksi budaya yang ditampilkan di Sarawak Cultural Village | Image credit: Sarawak Cultural Village

Ingin belajar budaya di Malaysia, Sarawak Cultural Village menjadi destinasi yang tepat untuk dikunjungi. Tidak hanya mengetahui garis budaya dan sejarah serta kedekatan dengan budaya yang ada di Indonesia, kamu juga bisa jauh lebih mengenal dan belajar banyak hal melalui cara yang asyik. Kamu juga bisa melihat beragam pertunjukan budaya di waktu-waktu tertentu.

Berbagai macam rumah adat di Sarawak Cultural Village | Image credit: Sarawak Cultural Village

Di Sarawak Cultural Village, kamu juga bisa melihat replika unsur budaya, dari rumah tradisional, pakaian adat hingga senjata tradisional. Keren!

Sarawak Cultural Village | tempat wisata di Kuching
Bersantai dan berwisata kuliner bisa dilakukan di Sarawak Cultural Village | Image credit: Sarawak Cultural Village

Kamu juga bisa wisata kuliner di kawasan wisata ini, lho, mengingat ada stan makanan di beberapa lokasi.

Lokasi: Damai Beach Resort, 93762, Kampung Budaya Sarawak, 93010 Kuching, Sarawak, Malaysia
Harga tiket: 54 RM (~185,000 IDR) untuk dewasa, 27 RM (~92,500 IDR) untuk anak-anak

2. Serba kucing di Museum Kucing

Museum Kucing | tempat wisata di Kuching
Image credit: Helen Huang

Bagi cat-lovers, Museum Kucing adalah tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi. Berdiri sejak 1993, museum ini menampilkan koleksi serba kucing. Apa yang bisa dilihat di museum ini? Banyak, dari artefak berbentuk kucing, hiasan dan aksesoris, mainan hingga perangko kucing yang didatangkan dari seluruh dunia.

Image credit: Eten

Kamu juga bisa belajar banyak hal tentang kucing di museum ini, termasuk sejarah dan berbagai kepercayaan yang berkaitan dengan hewan imut itu.

Souvenir yang bisa kamu dapatkan di Museum Kucing | Image credit: Firdaus Aus

Yang paling keren, kamu bisa melihat pemandangan kota Kuching mengingat posisi museum ini berada di ketinggian. Asyik banget, lho!

Lokasi: Damai Beach Resort, 93762, Kampung Budaya Sarawak, 93010 Kuching, Sarawak, Malaysia
Harga tiket: Gratis

3. Darul Hana Bridge, tempat wisata asyik menikmati sunset di Kuching

Image credit: Laurentiu Morariu

Darul Hana Bridge berada di kawasan wisata populer Kuching Waterfront, tempat berkumpulnya banyak warga untuk menikmati nuansa asyik di kota ini. Selain bisa menikmati pemandangan sekitar dari pinggiran sungai, Darul Hana Bridge juga menjadi destinasi yang asyik untuk memandangi sunset.

Kuching waterfront | tempat wisata di Kuching
Masjid terapung di Kuching Waterfront | Image credit: Sambo Ratanak

Dibuka pada November 2017, jembatan ini juga memiliki dua gardu pandang dengan akses pemandangan 360 derajat ke Sungai Sarawak. Kamu juga bisa melihat Masjid Terapung, yang juga merupakan landmark Kuching Waterfront.

Di sekitaran Darul Hana Bridge, kamu juga berwisata kuliner lho karena banyak stan makanan, restoran hingga kafe yang menawarkan berbagai masakan. Asyik, kan?

Lokasi: Kuching, Sarawak, Malaysia
Harga tiket: Gratis

4. Menjelajah alam Serawak di Kubah National Park dan Matang Wildlife Centre

Kubah National Park | tempat wisata di Kuching
Image credit: Kelab Kembara Exotic Crews

Bagi yang doyan petualangan alam harus menyambangi Kubah National Park. Banyak flora dan fauna menarik yang bisa ditemui di sini. Salah satu yang menjadi ikon tersendiri di Taman Nasional Kubah adalah tanaman karnivora kantong semar, hewan babi berjanggut hingga enggang hitam.

Image credit: Crystal Lim (kiri), Elisa Marie (kanan)

Selain pesona hutan yang rindang, kamu juga bisa menemukan air terjun di taman nasional ini. Tidak ada salahnya berendam di zona aman air terjun ini untuk merasakan kesejukan airnya.

Matang Wildlife Centre | tempat wisata di Kuching
Image credit: Afiq Senen

Kamu juga wajib mengunjungi Matang Wildlife Centre, wahana penangkaran dan pemeliharaan orangutan. Asyik banget!

Lokasi: Kampung Rayu, 93050 Kuching, Sarawak, Malaysia
Harga tiket: 7 RM (~24,000 IDR) untuk anak-anak, 20 RM (~68,000 IDR) untuk dewasa

5. Borneo Samariang Resort City yang penuh atraksi

Borneo Samariang Resort City
Image credit: Sentoria

Tempat wisata di Kuching yang satu ini sejatinya merupakan kawasan hunian dengan berbagai fasilitas hiburan. Salah satu yang paling ngetop di Borneo Samariang Resort City adalah Borneo Samariang Water Park.

Image credit: Sentoria

Ada sejumah zona bermain yang disesuaikan dengan karakter dan keseruan penggunanya, dari kolam anak, kolam ombak hingga yang menawarkan wahana ekstrim seperti Santubong Tower, di mana penggunanya akan meluncur dari ketinggian setara gedung enam tingkat. Wuih!

Lokasi: Petra Jaya, 93050 Kuching, Sarawak, Malaysia
Harga tiket: 30 RM (~102,000 IDR) untuk dewasa, 20 RM (~68,000 IDR) untuk anak-anak dan lansia

6. Mengunjungi taman nasional tertua di Malaysia, Taman Nasional Bako

Boko National Park | tempat wisata di Kuching
Image credit: Cali O (kiri), Hamda Abbas (kanan)

Bako National Park berdiri pada 1957 di semenanjung Muara Tebas, bisa ditempuh dari Kuching dalam waktu 45 menit menggunakan kapal cepat. Ada banyak hal menarik yang bisa dilihat di tempat wisata asyik di Kuching ini. Bahkan dalam perjalanan ke taman nasional ini, dengan menggunakan kapal cepat, jika beruntung, kamu bisa melihat buaya muara hingga lumba-lumba.

Image credit: Tere (kiri), Maurizio Diana (tengah) Cynthia (kanan),

Setibanya di taman nasional, kamu akan menjelajahi pantai yang indah dan berpeluang melihat bekantan atau berbagai jenis burung, tanaman khas seperti kantong semar. Tidak usah khawatir bakal tersesat jika menjelajahi taman nasional ini karena ada pemandu yang mendampingi dan 16 jalur jalan kaki yang bisa diikuti untuk mendapatkan sensasi petualangan yang berbeda-beda.

Lokasi: Kuching, Sarawak, Malaysia
Harga tiket: 10 RM (~34,000 IDR) untuk warga lokal, 30 RM (~102,000 IDR) untuk turis mancanegara

7. Wisata kuliner di Siniawan Night Market

Siniawan Night Market | tempat wisata di Kuching
Image credit: Sarawakgram

Wisata tidak akan pernah lengkap jika tidak mencicipi kuliner lokal, dan tempat terbaik di Kuching untuk mendapatkan sensasi tersebut adalah di Siniawan Night Market. Siniawan Night Market hanya buka di hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Yang khas dari pasar malam ini adalah nuansa kota tua dengan nuansa kayu dan lampu lampion sebagai atap langit.

Banyak kuliner yang bisa kamu dapatkan di sini, dari Lemang Periuk Kera, yang menjadi ciri khas dari pasar malam Siniawan ini, hingga Lui Teh dan Ngo Hiang. Ada juga makanan khas Dayak, Malaysia dan Tionghoa yang bisa kamu coba. Tidak hanya di waktu malam bisa menikmati keseruan di Siniawan, tapi juga di siang hari. Bedanya, bukan sebagai destinasi kuliner, kawasan ini menjadi sangat instagenik untuk dijadikan latar berfoto, dengan banyak gedung tua bernuansa Tiongkok. Seru, kan?

Lokasi: Malaysia, Siniawan, MY Sarawak邮政编码: 94000
Harga tiket: Gratis

8. Kuching Waterfront, tempat wisata yang tidak lekang oleh waktu

Kuching Waterfront
Image credit: Sasha India

Pada akhirnya, Kuching Waterfront adalah tempat wisata di Kuching yang wajib kamu kunjungi. Bukan hanya karena kawasan ini yang asyik dan menarik untuk dikunjungi, tapi juga karena beragam fasilitas seru untuk melengkapi pengalaman wisata kamu di Kuching.

Waterfront sepanjang 900 meter ini menawarkan pemandangan Sungai Serawak, akomodasi dengan banyak pilihan, bahkan kapal wisata untuk wisatawan berkeliling. Coba datang di waktu sore hingga malam hari untuk melihat keajaiban pemandangan kota yang memesona dan keriuhan di sana.

Lokasi: Kuching City Center, Kuching, Sarawak, Malaysia, 93200
Harga tiket: Gratis

9. Mempelajari budaya Tionghoa di Chinese History Museum

Image credit: hanshooting

Salah satu tempat lain untuk belajar budaya dan sejarah Tionghoa adalah di Chinese History Museum. Di museum ini, kamu bisa melihat rute perdagangan, yang pada akhirnya membawa bangsa China berlabuh di Pulau Kalimantan, hingga produk akulturasi budaya dengan budaya lokal.

Kamu juga bisa melihat banyak alat musik khas China, batu giok hingga keramik dari Dinasti Ming. Di depan museum ini, kamu juga bisa melihat klenteng Tua Pek Kong yang menjadi salah satu ikon dan landmark Kota Kuching. Jangan lupa berfoto di sini, ya!

Lokasi: Jalan Bazar, Sarawak, 93100 Kuching, Malaysia
Harga tiket: Gratis

Baca juga: Destinasi Wisata Malaysia Yang Harus Dikunjungi (Update 2020)

Banyak tempat wisata menarik di Kuching, kan? Jika pandemi Covid-19 sudah teratasi, tidak ada salahnya memasukkan Kuching sebagai destinasi wisata yang harus dikunjungi.

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru