Tempat Wisata Di Ujung Kulon Dengan Suasana Alami Yang Memikat

Ujung Kulon yang terletak di provinsi Banten merupakan sebuah taman nasional yang masih alami. Kamu bisa menemukan banyak tempat wisata di Ujung Kulon yang unik, lho! Dengan tarif mulai dari 5,000 IDR, kamu sudah bisa menikmati banyak tempat wisatanya yang menarik.

Cara menuju ke Ujung Kulon

Dari Jakarta kamu bisa pergi ke arah Serang, Banten dan turun di Terminal Pakupatan. Lalu cari kendaraan untuk menuju ke Tamanjaya, Sumur dan kamu bisa mencarter kapal dari sana. Agar lebih mudah, kamu bisa mengikuti open trip sehingga tidak perlu repot dengan urusan transportasi dan tinggal duduk manis hingga tiba di tujuan.

Bukan hanya berjalan-jalan, banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan di sini. Siapkan dirimu untuk berpetualang di Ujung Kulon dengan berbagai aktivitas rekomendasi TripZilla Indonesia di bawah ini!

1. Bawa papan selancarmu untuk menikmati ombak di Pulau Panaitan

Image credit: @idhayhidayat

Pulau Panaitan dengan air lautnya yang membiru sangat menggoda untuk berenang. Namun ombaknya juga cukup besar sehingga pulau ini terkenal sebagai tempat berselancar. Selesai bermain air, kamu dapat menjelajah pulau sekaligus mengeringkan tubuh. Terdapat Gunung Raksa, yaitu bukit setinggi 329 mdpl yang dipenuhi dengan berbagai patung Hindu kuno. Kamu bisa menemukan Arca Ganesha yang menjadi daya tarik di sini. Dimana lagi ada yang seperti ini?

2. Susur sungai yang instagramable di Pulau Handeleum

Image credit: @mariafh25

Memasuki hutan mangrove, kamu akan disergap kenyamanan di Pulau Handeleum. Bukan hanya mendapatkan udara segar, kamu pun bisa menyusuri Sungai Cigenter yang membelah hutan mangrove dengan menggunakan sampan. Pejamkan matamu dan resapi keindahan alam lewat kicauan burung yang terdengar sepanjang susur sungai ini. Sungguh kemewahan yang tidak ada duanya, dan membuat perjalananmu jadi semakin mengesankan.

3. Pulau Peucang, tempat wisata di Ujung Kulon untuk menikmati pertemuan birunya laut dan langit yang mengagumkan

wisata di ujung kulon
Image credit: @timymayagi 

Pulau Peucang juga menjadi salah satu primadona di Ujung Kulon. Tidak mengherankan karena pemandangan di pulau ini sangat cantik. Kakimu akan disambut pasir putih lembut dan warna biru dari air laut akan kontras dengan hijaunya pepohonan di tepi pantai. Di pulau yang juga dihuni oleh kijang ini, kamu wajib mengulik keindahan bawah lautnya dengan menyelam. Dijuluki Amazon mini, Pulau Peucang pun menggoda untuk disusuri dengan berkano. Dijamin hangatnya matahari akan terasa semakin menyenangkan!

4. Tempat wisata di Ujung Kulon untuk ziarah di Gua Sanghyang Sirah

Gua yang lazim dikunjungi para peziarah ini juga bisa kamu intip saat berlibur di Ujung Kulon. Gua ini diyakini sebagai tempat berkumpulnya para wali dan lokasinya terpencil. Kamu perlu menyewa kapal dari Sumur menuju Bagadur dan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih satu kilometer. Bila ingin memasuki gua, maka kamu harus ditemani oleh juru kunci dan tentunya ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan sembarangan di sana. Tertarik untuk mencoba berwisata ke sini?

5. Savanna Cidaon, perpaduan pemandangan dan satwa liar yang eksotis

Image credit: @explorebantentravel

Savanna Cidaon sering juga disebut sebagai Padang Penggembalaan Cidaon merupakan tempat yang asyik untuk melihat satwa liar. Padang rumput yang luas menyenangkan untuk dijadikan lokasi trekking dan dari kejauhan kamu bisa melihat banteng, kerbau, sapi, merak hingga badak bercula satu. Badak bercula satu memang jarang ditemukan sehingga kamu beruntung jika melihatnya ketika berkunjung ke sini. Savanna ini bisa kamu kunjungi dengan berperahu atau berjalan kaki selama 3 hari kalau melewati area hutan. Rute mana pun yang kamu pilih akan tetap asyik dan keindahan padang seluas 4 hektar ini akan menjadi imbalannya!

6. Melihat lebih banyak kecantikan Ujung Kulon di Savanna Cibunar

Tidak jauh dari Savanna Cidaon, ada pula Savanna Cibunar. Ujung Kulon memang surga bagi kamu yang menyukai alam bebas dan tentunya kamu juga bisa berkunjung ke savanna ini. Selain melihat aneka satwa, kamu pun bisa mengecek rute untuk hiking ke ranger yang ada di sini. Jadi siapkan pakaian dan sepatu yang sesuai untuk menjelajah, karena pemandangannya sungguh sayang untuk dilewatkan. Bawa juga perlengkapan memotret jika kamu ingin mengabadikan keindahan alam dan hewan-hewan yang kamu temui. Bila sudah ada di Savanna Cibunar, jangan buru-buru pulang karena kamu wajib menyaksikan momen matahari terbenam yang cantik banget!

7. Bermain air dan bersantai di ademnya Curug Cikacang

Buat kamu yang gemar bermain air, maka bisa mengunjungi Curug Cikacang. Tempat yang menjadi habitat dari owa jawa ini punya air yang sejuk dan kolam yang nyaman untuk merendam kakimu. Lelah karena berjalan jauh pun akan hilang dengan dinginnya air dari curug. Bawa bekal kesukaanmu dan kamu bisa menikmati suasana piknik yang menyenangkan di sini. Mau berlama-lama duduk menikmati suasana pun boleh, agar sepulang dari sini kamu merasa lega dan segar kembali!

8. Tempat wisata di Ujung Kulon untuk menyepi di tengah indahnya pesona Pulau Oar

wisata di ujung kulon
Image credit: @fauzifirdaus___

Melihat keindahan bawah laut Ujung Kulon juga dapat kamu lakukan dengan leluasa di Pulau Oar. Lautnya yang tenang akan memudahkanmu untuk snorkeling dan berenang. Selain itu, pemandangannya juga cantik dan dengan ukuran pulau yang kecil, kamu bisa mengelilinginya dengan berjalan kaki. Kamu bisa mengabadikan diri sepuas hati di setiap sudut pulaunya agar tidak menyesal ketika sudah pulang nanti. Untuk piknik pun asyik, bayangkan mengobrol sambil mengisi perut dengan pemandangan laut seperti ini, nikmat!

9. Karang Copong, tempat wisata di Ujung Kulon yang keindahannya membuat mendaki tidak terasa melelahkan

Image credit: @firdausialkahfi107

Karang Copong dapat kamu jajal untuk melihat keindahan laut dari ketinggian. Terletak di Pulau Peucang, Karang Copong dapat menjadi tempat yang tepat untuk menikmati keindahan senja. Kamu perlu melakukan trekking dan sedikit mendaki untuk mencapai Karang Copong dengan rute melewati hutan yang masih alami. Bisa jadi kamu akan bertemu dengan babi hutan atau rusa dalam perjalanan. Bila tidak kuat mendaki, kamu tetap bisa melihat cantiknya matahari terbenam dari bawah. Namun kalau ingin mencoba, kamu dapat memanjat karang untuk memperoleh pemandangan yang lebih mengesankan. Tetaplah berhati-hati ya!

10. Pulau Umang, bersantai dengan nyaman di tengah asrinya hutan dan laut

wisata di ujung kulon
Image credit: @kurniawan_dony

Bila ingin menikmati keindahan Ujung Kulon dengan nyaman, datanglah ke Pulau Umang. Pasalnya selain aneka wahana olahraga air, sudah banyak juga penginapan dengan aneka tipe yang tersedia. Kamu bisa menghabiskan hari dengan snorkeling, bermain banana boat dan jetski sebelum beristirahat untuk menunggu matahari terbenam. Setelah itu, mengisi perut dengan berbagai hidangan laut akan menjadi pengalaman bersantap yang seru. Di malam hari, ada resort hingga rumah panggung yang bisa kamu tinggali untuk mengisi energi kembali.

11. Menghilangkan pegal-pegal dengan cara menyenangkan di Sumber Air Panas Cibiuk

Apalagi yang paling pas untuk membuat tubuh rileks selain berendam dalam air panas? Tentunya panas airnya tetap dalam suhu yang nyaman ya, dan ini yang akan kamu dapatkan di Sumber Air Panas Cibiuk. Warga sekitar percaya airnya dapat menyembuhkan beragam penyakit dan pastinya menghilangkan penat di tubuh. Kamu pun bisa menyiapkan diri untuk berendam di pemandian yang ada. Dengan panorama yang indah di sekelilingmu, hati-hati jangan sampai lupa untuk pulang ketika sudah berendam di sini!

12. Mendaki ringan untuk tiba di puncak Gunung Honje

Image credit: @ujungkulonindonesia

Satu lagi tempat wisata yang seru di Ujung Kulon, yaitu Gunung Honje. Gunung berketinggian sekitar 600 mdpl ini akan menyajikan jalur yang menawan dengan pemandangan khas Ujung Kulon. Tidak hanya mendaki, kamu pun bisa bermain air karena terdapat Curug Cihangasa yang bisa kamu jelajahi di area Gunung Honje. Curug yang bertingkat ini bisa kamu akses lewat pemukiman penduduk, dimana kamu akan melewati area persawahan yang cantik. Setelah itu, kamu bisa menentukan ketinggian curug yang ingin kamu nikmati. Tentunya semakin tinggi, semakin butuh usaha dan keterampilan untuk mendaki.

Baca juga: 10 Aktivitas Wisata Seru Di Tanjung Lesung, Surga Di Pantai Barat Jawa

Tidak hanya badak bercula satu yang ada di Ujung Kulon, tapi juga banyak tempat wisata yang menarik ini. Pastikan kamu menyiapkan waktu yang cukup untuk mengeksplorasi semuanya ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru