14 Tempat Wisata Malam Di Malang Yang Memikat Untuk Dikunjungi

Jika kamu pernah berpelesir ke daerah Jawa Timur, tentu kamu sudah tahu betapa terkenalnya kota Malang dan Batu. Kedua kota ini hanya berjarak sekitar 20 kilometer dan seringkali dikunjungi secara berbarengan oleh para turis. Selain jaraknya dekat, baik Malang ataupun Batu sama-sama menawarkan kecantikan alam dan fasilitas wisata yang menarik dari pagi hingga malam hari.

Kalau malam sudah tiba saat kamu berada di Batu atau Malang, jangan hanya tidur-tiduran ya! Hawa yang sejuk memang bisa bikin malas bergerak, tapi berbagai obyek wisata yang makin cantik saat malam hari sudah menanti untuk dikunjungi. Kalau saat siang hari kamu akan dipuaskan melihat hijaunya perbukitan atau kebun binatang, maka di malam hari ada banyak destinasi wisata dan sensasi berbeda melihat sudut-sudut kota Malang dan Batu dengan penerangannya. Berbagai lokasi rekomendasi TripZilla Indonesia di bawah ini juga punya spot-spot instagramable untuk kamu jelajahi, lho!

1. Berfoto dengan instalasi lampu yang artistik di Malang Night Paradise

Malang Night Paradise | wisata malam malang
Image credit: Wikimedia

Malang Night Paradise ini asyik banget untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga. Kamu akan menemukan banyak instalasi menarik dari lampu berwarna-warni dan lampion-lampion di salah satu destinasi wisata malam di Malang dan Batu ini.

Malang Night Paradise
Image credit: Malang Night Paradise

Terdapat area replika dinosaurus yang juga menyala sehingga dijamin membuat anak-anak kegirangan dan juga taman lampion. Selesai berfoto, kamu pun dapat mencoba wahana-wahana yang ada seperti Fun Clown, Mini Pendulum atau Magic Journey. Nggak sia-sia, deh, berkunjung ke sini!

Alamat: Jl. Graha Kencana Raya Jl. Raya Karanglo No.66, Karanglo, Balearjosari, Kec. Blimbing, Malang
Jam Buka: Jumat – Minggu, 17.45 – 22.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 50,000 IDR

2. Berkumpul di Alun-Alun Kota Batu yang bukan sekedar tanah lapang

Alun alun Batu | wisata malam malang
Image credit: zainulabidin._

Apa sih yang ada di alun-alun? Jangan salah, tidak cuma bengong, kamu bisa melihat berbagai atraksi menarik di alun-alun ini. Ada bianglala dengan lampunya yang cantik, sangat cocok kalau kamu ingin memotret diri dengan latar yang unik. Ada pula arena bermain anak-anak, air mancur, mobil hias dan Pasar Laron.

Di Pasar Laron, kamu bisa membeli aneka pernak-pernik dan berwisata kuliner. Jangan sampai nggak mencoba kuliner khas Batu seperti Pos Ketan Legenda 1967, sate kelinci dan sate lok lok yang nikmat!

Alamat: Alun – Alun Kota Wisata Batu, Jl. Diponegoro, Sisir, Kec. Batu, Batu
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

3. Melihat hasil karya warga sekitar di Wisata Kampung Lampion Wangi

Kampung Lampion Wangi | wisata malam malang
Image credit: Kampung Lampion Wangi

Kampung Lampion Wangi terletak di dalam Kampung Jodipan yang terkenal dengan rumah warna-warninya. Kalau di siang hari kamu dapat melihat berbagai paduan warna cerah menyeruak di sini, maka di malam hari terdapat banyak lampion hias yang menarik.

Kampung Lampion Wangi
Image credit: Kampung Lampion Wangi

Tempat wisata malam di Malang ini bisa jadi alternatif spot untuk selfie karena lampion-lampion yang bergelantungan akan menciptakan kesan unik di fotomu. Kamu juga dapat menikmati aneka mural yang menarik di Kampung Lampion Wangi ini.

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda 9a No.23, Jodipan, Kec. Blimbing, Malang
Jam Buka: Jumat – Minggu, 09.00 – 22.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 3,000 IDR

4. Serasa melayang di lokasi Paralayang Gunung Banyak

Paralayang Gunung Banyak | wisata malam malang
Image credit: peyekkeyep

Pada pagi hingga sore hari, tempat ini menjadi lokasi berolahraga paralayang. Selain berudara sejuk karena terletak di ketinggian, pemandangan perbukitan hijau juga akan menyambut para pengunjungnya. Namun di malam hari, udara makin sejuk dan lampu-lampu kota Batu yang seperti kunang-kunang dijamin membuatmu susah berkedip. Bawa kamera, pakailah outfit yang kece dan kamu bakal betah di sini untuk mengabadikan setiap sudutnya yang cantik. Jadi suasana gelap bukan halangan untuk menikmati pemandangan indah, kan?

Alamat: Jl. Gn. Banyak, Songgokerto, Batu
Jam Buka: Setiap hari, 07.30 – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

5. Merasakan nuansa pedesaan yang luar biasa di Omah Kayu

Omah Kayu
Image credit: Omah Kayu

Kalau kamu sudah capek berdiri tapi masih ingin menikmati keindahan lanskap kota Batu, pindahlah ke spot lain yang juga hits yaitu Omah Kayu. Sesuai namanya, Omah Kayu ini terbuat dari kayu dengan balkon menjorok ke perbukitan.

Omah Kayu | wisata malam malang
Image credit: Omah Kayu

Nggak mau pergi dari tempat ini? Jangan khawatir karena Omah Kayu juga disewakan bagi kamu yang ingin menginap di dalamnya. Terdiri dari 6 hingga 8 unit kamar, Omah Kayu terbuat dari bahan kayu yang kuat sehingga aman untuk ditinggali. Bayangkan jika matahari terbit hingga terbenam kamu lewatkan di sini! Seru banget, kan?

Alamat: Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Batu
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 – 24.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

6. Berpose di Taman Langit Gunung Banyak dengan instalasinya yang unik

taman langit gunung banyak | wisata malam malang
Image credit: taman langit gunung banyak

Satu lagi spot menarik yang bisa kamu jelajahi di kawasan Gunung Banyak, yaitu Taman Langit. Dengan kontur berbukit-bukit, instalasi yang ada di taman ini jadi tampak makin unik.

taman langit gunung banyak
Image credit: taman langit gunung banyak

Pada malam hari tempat ini tampak lebih keren karena lampu-lampunya yang menyala, sedangkan pada siang hari kamu dapat lebih menikmati suasana perbukitannya. Mulai dari gerbang Taman Langit pun sudah dibuat instagramable karena terbuat dari akar-akar kayu. Dari kejauhan, kamu dapat melihat jalan setapaknya yang menuju ke arah sudut-sudut taman sehingga acara jalan-jalanmu jadi makin nyaman.

Alamat: Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Batu
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 – 24.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

7. Melihat kolam teratai yang estetik di Alun-Alun Tugu Malang

wisata malam malang
Image credit: m.sairoji.a

Dahulu tempat ini disebut dengan Alun Alun Bundar Malang dan tugu yang dibangun punya makna sejarah juga, lho! Bentuk tugu ini menyerupai bambu runcing yang melambangkan senjata rakyat Indonesia ketika melawan penjajah. Selain itu juga ada aksen rantai yang melambangkan persatuan rakyat Indonesia.

Image credit: charentrans

Jika datang di malam hari, tidak hanya kolam teratai namun kamu pun dapat menyaksikan air mancur warna-warni yang cantik. Trotoar yang sudah dibangun membuat jalanan di sekitar Alun Alun Tugu ini asyik untuk nongkrong santai sambil menikmati suasana di sekitarnya.

Alamat: Jl. Tugu, Kiduldalem, Klojen, Malang
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

8. Dapatkan latar untuk foto yang futuristik di Infinity World

Infinity World | wisata malam malang
Image credit: susantiwjy

Terletak di dalam Jatim Park 3, Infinity World ini merupakan rumah kaca dengan lampu-lampu LED yang ditata sedemikian rupa. Saat memasuki tempat ini, kamu diwajibkan mengenakan sarung tangan dan kaos kaki untuk menjaga kebersihan dan kualitas kaca. Tapi tidak heran kalau dibutuhkan perawatan ekstra, sebab tempat ini memang keren banget! Penuh dengan cahaya, mudah bagimu untuk menemukan sisi-sisi yang menarik untuk memperkaya feed sosial mediamu. Jangan lupa pakai outfit yang keren juga supaya fotomu makin maksimal, ya!

Alamat: Jatim Park 3, Jl. Ir. Soekarno No.144, Junrejo, Batu
Jam Buka: Setiap hari, 12.00 WIB – 20.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 40,000 IDR

9. Berkeliling di kawasan cagar budaya Idjen Boulevard

Idjen Boulevard | wisata malam malang
Image credit: travelingwithjuan

Idjen Boulevard ini merupakan kawasan yang tertata rapi dengan bangku taman, jalan setapak dan keran yang bisa kamu minum airnya. Populer sebagai lokasi untuk olahraga lari pagi, kamu juga dapat melihat Idjen Boulevard pada malam hari. Tempat ini telah dilengkapi penerangan yang memadai sehingga saat hari gelap tetap terlihat menarik. Kamu juga dapat berjalan berkeliling di bawah deretan pohon palemnya dan melewati beberapa obyek wisata seperti Museum Brawijaya dan Monumen Pahlawan Trip.

Alamat: Jl. Besar Ijen, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Malang
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

10. Batu Night Spectacular yang memang spektakuler

Batu Night Spectacular | wisata malam malang
Image credit: Batu Night Spectacular

Kalau ingin melewatkan malam dengan keseruan, kunjungi Batu Night Spectacular alias BNS. Banyak wahana yang tersedia dan bisa mengobati kebosananmu semisal Sepeda Udara, Flying Swinger atau Gokart.

Batu Night Spectacular
Image credit: Batu Night Spectacular

Kalau sudah puas bermain, kamu dapat masuk ke Lampion Garden untuk berfoto sekaligus beristirahat. Museum trick art, dance entertainment dan air mancur warna-warni juga akan menghiburmu di sini. Sebelum pulang, tentunya kamu bisa membeli buah tangan di Night Market untuk geng atau keluarga tercinta. Semua ada di tempat wisata malam di Malang dan Batu ini, jadi nggak perlu repot-repot lagi mencari kebutuhan berliburmu!

Alamat: Jl. Hayam Wuruk No.1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Batu
Jam Buka: Jumat – Minggu, 15.00 WIB – 23.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 35,000 IDR

11. Nongkrong sederhana tapi nyaman di Taman Kunang-Kunang

Image credit: malang.chronicles

Kenapa tempat ini disebut Taman Kunang-Kunang? Karena tidak sekadar bercahaya, lampu-lampu di taman ini dapat berkedip dengan ritme tertentu sehingga menyerupai cahaya kunang-kunang. Terdiri dari 5 bagian, di setiap bagiannya terdapat pencahayaan dengan formasi yang berbeda-beda. Selain itu, pepohonan yang rindang pun membuat acara kumpul malammu bakal makin seru. Jangan lupa menjaga kebersihan supaya tamannya tetap cantik, ya!

Alamat: Jalan Jakarta Oro-oro Dowo, Penanggungan, Kec. Klojen, Malang
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

12. Melihat koleksi moda transportasi antik di Museum Angkut

Museum Angkut Official | wisata malam malang
Image credit: Museum Angkut Official

Museum Angkut ini juga merupakan salah satu tempat yang sangat populer di Batu. Beberapa zona keren yang ada di sini misalnya Zona Edukasi Toyota, F1 Simulator, Flight Simulator dan Gangster Town. Kamu dapat menambah wawasan dengan cara yang asyik dan bonus mendapat spot-spot foto yang instagramable banget.

Museum Angkut
Image credit: Museum Angkut Official

Pada malam hari, suasana di tempat ini semakin meriah karena lampu-lampu cantiknya sudah menyala semua. Museum Angkut ini sangat cocok untuk wisata keluarga karena berbagai wahananya yang bisa dinikmati semua usia.

Alamat: Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Batu
Jam Buka: Setiap hari, 12.00 WIB – 20.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 80,000 IDR

13. Jalan dan jajan di Pasar Apung Nusantara

Pasar Apung Nusantara
Image credit: malangrayatour

Masih dalam area Museum Angkut, ada satu lokasi lagi yaitu Pasar Apung Nusantara. Tempat ini dapat jadi pilihan menarik untuk mengisi perut dengan cara yang nggak biasa.

Taman Apung Nusantara | wisata malam malang
Image credit: bufferdotcom

Banyak perahu-perahu di sini yang dapat disewa jika kamu ingin berkeliling di atas air. Tentunya ini akan jadi pengalaman yang menarik dan juga menambah latar foto selfie biar nggak membosankan. Di samping kiri dan kanan danau buatannya terdapat kedai-kedai jajanan untuk berwisata kuliner dan membeli buah tangan.

Alamat: Jl. Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kec. Batu, Batu
Jam Buka: Rabu – Senin, 11.30 WIB – 20.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 60,000 IDR

14. Makan di lokasi rooftop Sky Room The 101 OJ Hotel dengan panorama indah

THE 101 Malang OJ
Image credit: THE 101 Malang OJ

Wah, terbayang kan serunya duduk di tempat ini bareng gengmu sambil memandang lanskap kota Malang? Jika kamu datang saat matahari terbenam, pemandangannya pun sangat menarik dan ketika malam tiba, lampu-lampu yang atraktif akan memanjakan matamu. Dekorasi di restorannya juga kekinian dan mudah untuk dijadikan latar foto yang menarik.

Jika ingin makan malam romantis dengan pasangan, tersedia paket yang bisa kamu pilih. Hidangan yang tersaji akan terasa makin nikmat kalau dimakan di tempat seperti ini ya!

Alamat: Jl. Dr. Cipto No.11, Rampal Celaket, Kec. Klojen, Malang
Jam Buka: Setiap hari, 13.00 WIB – 21.00 WIB
Harga Menu: Mulai dari 30,000 IDR

Baca juga: 7 Tempat Wisata Alam di Batu, Malang yang Ngehits Banget!

Nah, terbukti kalau kota Batu dan Malang tidak hanya cantik saat hari terang? Jadi mulai dari pagi hingga malam hari, kamu bisa menjelajahi aneka lokasi wisata yang seru di Malang dan Batu!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru