Curug Hingga Gunung, Tempat Wisata Temanggung Yang Seru Dijelajahi

Sudah pernah mendengar tentang Temanggung? Sekilas mengenai daerah ini, Temanggung terletak di Jawa Tengah dan terkenal dengan produksi tembakaunya. Tapi tentu tidak hanya itu, Temanggung yang memiliki udara sejuk ini juga asyik untuk dijadikan tempat wisata alam.

Kamu dapat menemukan lembah, perbukitan dan gunung yang cantik di sini. Pemandangan ke Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing pun dapat dinikmati dengan leluasa. Ingin mendapatkan pengalaman liburan dan tempat wisata yang berbeda di Temanggung? Cek dulu beberapa lokasi rekomendasi TripZilla di bawah ini ya!

1. Menantikan matahari terbit di Wisata Alam Mijil Loka

Image credit: wisata_alam_mijilloka

Datang ke tempat ini ketika cuaca cerah? Maka pemandangan ini yang akan kamu temui. Asri dan sangat khas pedesaan. Namun kalau kamu tidak malas bangun pagi, maka kamu akan dapat menyaksikan pemandangan matahari terbit yang menawan.

Image credit: wisata_alam_mijilloka 

Wisata Alam Mijil Loka memang terkenal sebagai spot yang bagus untuk menyaksikan keindahan matahari terbit. Kamu pun akan dimanjakan dengan panorama Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Merapi di sini.

Alamat: Dusun Pongangan Candisari, Bansari, Sawah, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

2. Wisata Alam Posong yang membuat semua selfie jadi keren

Image credit: septiatt

Satu lagi lokasi yang juga populer untuk menyambut matahari terbit yaitu di Wisata Alam Posong. Lokasinya yang ada di lereng Gunung Sindoro menjanjikan panorama perbukitan asri dan udara yang segar. Tidak hanya saat terbit, matahari di sini juga tampak eksotis saat terbenam lho!

Image credit: tickhasarie 

Di tempat ini pun telah dibangun gardu-gardu pandang yang bisa digunakan juga untuk bersantai. Jika tidak puas hanya menyeruput kopi sambil menikmati suasana di sini, kamu pun bisa berkemah. Dengan berkemah, bisa jadi kamu dapat menyaksikan milky way saat langit malam cerah!

Alamat: Legundi, Batursari, Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 04.00 WIB – 16.30 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 20,000 IDR

3. Kejernihan air Embung Kledung yang bikin nyaman

Image credit: inggunprensidana

Bahagia itu sederhana. Ungkapan ini akan terasa nyata kalau kamu berkunjung ke Embung Kledung. Kejernihan airnya yang penuh dengan ikan dan latar gunung yang megah bisa membuatmu lupa beranjak pergi dari tempat ini. Kamu juga dapat membawa pakan untuk diberikan ke ikan-ikan yang ada di embung lho!

Image credit: wisata_embung_kledung  

Tidak lengkap kalau tidak ada lokasi menginap di tempat seindah ini. Kamu dapat menyewa tenda dari pengelola untuk berkemah agar lebih puas menikmati pemandangan yang indah. Selain itu dengan berkemah, kamu juga punya lebih banyak waktu untuk menjelajahi berbagai tempat instagramable seperti ayunan dan rumah pohon di dalam kawasan embung.

Alamat: Jl. Raya Parakan – Wonosobo, Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 05.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

4. Melihat keindahan alami di Curug Lawe

Image credit: temanggung_sangar  

Curug ini dinamai Curug Lawe karena airnya yang turun dari ketinggian tampak seperti benang-benang halus berwarna putih. Lingkungan di Curug Lawe ini masih alami sehingga menambah keindahannya. Jika kamu berkunjung ke sini, kamu pun bisa menemukan pohon buah cendul yang merupakan buah khas dari Gemawang.

Image credit: naufalherusatria  

Selain bisa menikmati pemandangan dan kesejukan airnya, ada pula mata air panas di dekat curug. Yang jelas, kamu perlu berhati-hati jika berkunjung di saat musim hujan. Selain itu, jangan lupa membawa perbekalan dan tidak membuang sampah sembarangan ya!

Alamat: Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

5. Megahnya Curug Trocoh yang bersejarah

Image credit: noorkell

Nama lain dari curug ini adalah Curug Surodipo. Surodipo diambil dari nama seorang kyai yang menjadi panglima dalam Perang Diponegoro. Pada masa perang, tempat ini dijadikan lokasi pengungsian sekaligus menyusun strategi. Konon menurut warga, makam sang kyai pun terdapat di sekitar Curug Trocoh.

Image credit: arya.pratama29 

Berketinggian sekitar 120 meter, kamu akan terpesona saat berada dekat dengan limpahan air curug. Tidak hanya karena kesejukan dan debit airnya tapi juga keasrian yang tersaji di depan mata. Lima tingkatan air terjun yang membentuk Curug Trocoh pun membuat curug ini semakin elok dipandang.

Alamat: Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

6. Bermain air dan menjelajah di Curug Titang

Image credit: rustidian

Curug Titang memang tidak terlalu tinggi bila dibandingkan dengan curug-curug lainnya. Namun kolamnya yang luas dengan bebatuan besar yang cantik jadi daya tarik yang membuat wisatawan mengunjungi curug ini. Bahkan pada musim kemarau, kamu bisa mendaki ke tebing curug tapi tetap harus berhati-hati ya!

Image credit: destinasisemarang 

Lingkungan di sekitar curug yang masih berupa hutan membuat kamu bisa bertemu dengan ayam hutan, burung jalak atau trenggiling. Fasilitas di curug ini pun sudah nyaman karena banyak gazebo yang bisa kamu manfaatkan untuk melepas lelah. Bersantai sambil menikmati nuansa alam di Curug Titang dijamin membuat waktu berjalan tidak terasa!

Alamat: Desa Nampirejo, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

7. Mendaki sambil melihat sawah menghijau di Gunung Kendil

Image credit: tesla.aan

Gunung Kendil yang berketinggian 1,800 mdpl ini cocok untuk didaki oleh pemula sekalipun. Asyiknya, jalur pendakian gunung ini pun cukup mudah sehingga sesuai untuk rekreasi. Walaupun begitu, kamu tetap akan mendapatkan pemandangan mempesona ketika sudah tiba di puncaknya.

Image credit: ekoaguslaksito 

Puncak Gunung Kendil ini lazim juga disebut dengan Bukit Sikendil. Setibanya di puncak, kamu bisa dengan leluasa melihat Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Sigandul dan Gunung Sibutak di sekelilingmu. Di bawah, lanskap persawahan dan rumah penduduk akan jadi pemandangan yang tidak terlupakan. Seru banget kan?

Alamat: Desa Sibajag, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

8. Menyapukan pandang ke Hutan Pinus Sigrowong yang menyejukkan

Image credit: kotatemanggung 

Punya waktu luang saat berada di Temanggung? Sambangi saja Hutan Pinus Sigrowong dan rasakan suasana teduh di tengah pepohonan pinus yang menjulang. Kamu dapat dengan mudah menemukan spot-spot cantik untuk berfoto apalagi jika cuaca cerah. Sinar matahari yang masuk akan membuat pemandangan dalam hutan makin indah. Coba saja buktikan sendiri!

Alamat: Dusun Sigrowong, Desa Gesing, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

9. Bersantai di gardu pandang Alam Sewu Temanggung

Image credit: Wisata Alam Sewu

Lokasi wisata Alam Sewu Temanggung ini sudah dikelola dengan baik dan tidak sulit untuk dijangkau. Kamu akan disambut padang rumput luas dengan panorama seperti di dalam lukisan. Melihatnya saja dijamin akan membuatmu langsung jadi rileks.

Image credit: Wisata Alam Sewu

Di tempat ini pun ada gardu pandang yang menyajikan pemandangan luar biasa. Jika pada hari cerah, kamu dapat duduk di sini menikmati lautan awan berlama-lama. Untuk menambah kenikmatan, kamu juga bisa memesan kopi khas Temanggung untuk menemani harimu. Pasti rasanya jauh lebih sedap deh!

Alamat: Pringsewu, Giripurno, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Jam Buka: Senin – Sabtu pukul 09.00 WIB – 17.00 WIB, Minggu pukul 05.30 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

10. Menelusuri keeksotisan di Goa Lowo

Image credit: rukman_al_hakim

Goa Lowo ini lazim juga disebut dengan Goa Lawa. Lawa yang bermakna kelelawar memang cocok disematkan menjadi nama goa ini karena kamu akan menemukan banyak kelelawar di dalamnya. Pada masa lalu, Goa Lowo ini lebih banyak dikunjungi oleh orang-orang yang ingin bermeditasi.

Image credit: luthfianasuudi

Namun saat ini, pemerintah sudah menjadikan Goa Lowo ini sebagai salah satu tempat wisata di Temanggung. Jika kamu berjiwa petualang dan ingin mendapat pengalaman yang unik, kunjungi saja goa ini!

Alamat: Ngalian, Kecamatan Bejen, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Di Wonosobo, Kota Dengan Panorama Yang Istimewa

Temanggung menawarkan obyek dan tempat wisata alam yang beragam dan semuanya menarik. Jadi jangan sampai terlewat, masukkan ke dalam bucket list liburanmu selanjutnya ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru