Hidden Gem Di Sulawesi Utara, Kota Tomohon Tawarkan Tempat Wisata Kece Badai

Wisata Tomohon tak jarang luput dari perhatian traveler Indonesia. Padahal keindahan dan keseruan wisata yang ditawarkan kota di Sulawesi Utara ini tak kalah dengan permata indah di Indonesia timur lainnya.

Lanskap alam yang dimiliki Kota Tomohon bisa dikatakan sangat lengkap. Kamu akan bisa melihat gunung berapi, taman bunga hingga danau keren dengan nuansa dan atmosfer yang bersahabat khas Indonesia. Kulinernya juga tak kalah mengesankan, pas banget buat kamu yang ingin memberikan sensasi dan pengalaman baru saat berpetualang rasa.

Penasaran dengan wisata Tomohon dan tempat serta destinasi yang bisa dituju serta aktivitas menarik dan mengesankan yang bisa dilakukan, cek rekomendasi TripZilla Indonesia di bawah ini, ya!

1. Bukit Doa Mahawu, wisata sekaligus beribadah di Tomohon

Image credit: @syashandy

Panorama di Bukit Doa Mahawu tidak akan mudah dilupakan. Kapel di atas bukit yang hijau dengan latar pegunungan di dataran tinggi, terasa seperti dalam angan-angan bukan?

wisata tomohon
Image credit: Bukit Doa Mahawu

Terdapat amphiteater yang dapat digunakan untuk ibadah luar ruang dan pementasan seni di waktu tertentu. Ada pula fasilitas jalan salib yang ramah bagi pengguna kursi roda, kafe, kapel, gua untuk berdoa hingga rumah retreat dan camping ground. Lengkap dan akan membuat ibadahmu terasa semakin nyaman!

Lokasi: Jl. Lingkar Timur No. 99, Kakaskasen Dua, Kec. Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulawesi Utara
Jam Buka: Senin – Sabtu pukul 09.00 WITA – 17.00 WITA, Minggu pukul 10.00 WITA – 17.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 20,000 IDR

2. Tuur Ma’asering, spot wisata kuliner di tengah hutan aren di Tomohon

wisata tomohon
Image credit: @mysteryqueen89

Tuur Ma’asering adalah salah satu destinasi wisata yang unik. Kamu dapat menikmati indahnya deretan pohon aren sambil mengisi perut di tempat peristirahatan yang cantik.

Image credit: @santosoofrnsin

Untuk mengawali wisatamu, tiket masuk yang kamu beli dapat ditukar dengan minuman lokal yaitu saguer dan minuman cap tikus. Nikmati pemandangan indah pepohonan dan ikuti juga proses pembuatan minuman cap tikus yang merupakan olahan air nira dari pohon aren. Setelah itu kamu bisa memesan makanan dan duduk santai di saung yang instagrammable di sini.

Lokasi: Kumelembuay, Kec. Tomohon Timur, Kota Tomohon, Sulawesi Utara
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WITA – 20.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

3. Hutan Kota Tomohon, bermain di tengah rimbunnya pepohonan kota

Image credit: @sriayudm

Kalau ingin wisata murah meriah tapi menyegarkan, pilihannya adalah Hutan Kota Tomohon. Deretan pepohonan akan menjadi latar alami yang indah untuk diabadikan.

Image credit: @komodo_bitung

Hutan kota ini dilengkapi juga dengan berbagai wahana seperti flying fox, panjat dinding hingga skate park. Tentunya ada biaya tambahan jika ingin mencoba beragam wahana tersebut. Namun kamu akan terhibur dengan pemandangan di sekitarmu dan setelah itu, kamu dapat menghabiskan waktu di fasilitas tempat makan yang ada.

Lokasi: Jl. Sumeseper, Talete Satu, Kec. Tomohon Tengah, Kota Tomohon, Sulawesi Utara
Jam Buka: Senin – Sabtu pukul 08.00 WITA – 17.00 WITA, Minggu pukul 04.00 WITA – 17.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

4. Cartenz Hills, spot asyik menikmati hangatnya paparan sinar matahari

Image credit: @lhaw_

Cartenz Hills menjadi tempat wisata populer berkat pemandangan Gunung Lokon dan hamparan padang rumput yang luas. Panorama perkebunan yang leluasa untuk dinikmati membuat keindahan tempat ini tidak diragukan lagi.

Bagi kamu yang ingin mencari ketenangan, Cartenz Hills juga bisa jadi tujuan yang tepat. Lokasinya jauh dari keramaian serta sudah ada fasilitas untuk berfoto di sudut-sudut tertentu. Bawalah bekal agar kunjunganmu ke Cartenz Hills semakin menyenangkan ya!

Lokasi: Matani Dua, Kec. Tomohon Tengah, Kota Tomohon, Sulawesi Utara
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WITA – 18.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

5. Keindahan pagoda yang sulit dilewatkan di Vihara Buddhayana

wisata tomohon
Image credit: @findi_39

Satu lagi tempat untuk wisata religi di Tomohon adalah Vihara Buddhayana. Selain untuk beribadah, kombinasi warna dan kemegahan dari wihara ini sangat cantik dan sayang jika tidak diabadikan.

Masih berada dalam kompleks wihara, terdapat Pagoda Ekayana setinggi 9 lantai. Selain pagoda yang menakjubkan, ada pula patung-patung yang tersebar dan makin menambah keelokan kompleks Vihara Buddhayana. Menjelajahi wihara ini sangat mengasyikkan namun jangan lupa menjaga sikap agar tidak mengganggu pengunjung yang sedang beribadah ya!

Lokasi: Jl. Sunge No. 57, Kakaskasen Tiga, Kec. Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulawesi Utara
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

6. Puncak Rurukan, tempat wisata Tomohon untuk berinteraksi dengan alam

Image credit: @ulbachdar

Desa Rurukan yang punya banyak perkebunan sayur dan Gunung Mahawu yang terlihat dari kejauhan menjadikan pemandangan di Puncak Rurukan keren abis. Berkeliling atau duduk di properti yang disediakan sambil merasakan belaian angin di wajah, waktu akan berlalu tanpa terasa di sini.

Image credit: @a.novalinn

Hal lain yang membedakan Puncak Rurukan dengan tempat lainnya adalah adanya rangka besi berbentuk pohon dengan rumah-rumah merpati. Kamu dapat naik ke sini dan memberi makan merpati-merpati yang akan datang berkerumun. Pada malam hari, pencahayaan di Puncak Rurukan akan menimbulkan kesan yang berbeda.

Lokasi: Rurukan Satu, Kec. Tomohon Timur, Kota Tomohon, Sulawesi Utara
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

7. Kai Santi Flower Garden, pemandangan sawah keren yang tidak ada habisnya

wisata tomohon
Image credit: @fitriyanahaerudin

Kai Santi konon bermakna pohon dengan bunga berwarna merah yang merupakan flora khas kota Tomohon. Kamu dapat menjumpai bunga-bunga tersebut di Kai Santi Flower Garden.

wisata tomohon
Image credit: @ikharhy

Sisi yang populer di kalangan pengunjung adalah balkon yang menghadap ke arah sawah dengan siluet Gunung Lokon. Pengelola sudah menyediakan kursi dan bean bag untuk bersantai sepuasnya. Agar semakin maksimal, kamu bisa memesan minuman dan makanan ringan dari kafe yang sudah dibuka di sini.

Lokasi: Jl. Woloan Kayawu, Woloan Dua, Kec. Tomohon Barat, Kota Tomohon, Sulawesi Utara
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WITA – 20.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 35,000 IDR

8. Air terjun Tekaan Telu, merasakan derasnya air dari jauh dan dekat

wisata tomohon
Image credit: @maria_mk07

Air Terjun Tekaan Telu dikenal juga dengan nama Air Terjun Tinoor. Air terjun yang memancar dari beberapa titik ini memang indah apalagi dengan kondisi alamnya yang masih asri.

wisata tomohon
Image credit: @thaliatumanduk

Bila kamu tidak ingin berjalan turun, kamu dapat menikmati keindahan air terjun dari anjungan yang ada. Dijamin kamu tetap dapat merasakan serunya melihat air terjun ini! Namun bagi kamu yang gemar berpetualang, maka mendekat ke air terjun ini bisa jadi pilihan yang menarik!

Lokasi: Tinoor Satu, Kec. Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulawesi Utara
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

9. Menyapukan pandang ke eksotisnya kawah Gunung Lokon

wisata tomohon
Image credit: @sakyatusahra

Gunung Lokon yang elok dilihat dari kejauhan, juga menyenangkan untuk didaki. Gunung yang ramah pendaki ini berketinggian sekitar 1,580 mdpl dan punya kawah yang eksotis untuk dijelajahi.

Image credit: @alviandanang

Walau tidak sulit didaki, kamu tetap wajib menyiapkan atribut yang sesuai. Medan pendakian yang berbatu-batu akan lebih nyaman dilalui dengan sepatu bersol khusus dan trekking pole. Setibanya di bibir kawah, kamu dapat mengagumi uap belerang yang mengepul dari dalamnya. Jika ingin menyongsong matahari terbit, kamu juga bisa berkemah di sini, lho!

Lokasi: Kakaskasen Dua, Kec. Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulawesi Utara
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

10. Bukit Narwastu, tempat asyik menikmati teh dan kopi yang semakin asyik

Image credit: @wfstephany

Tentu bukan tanpa alasan Narwastu Hills menjadi objek wisata yang digemari. Dengan membayar tiket masuk, kamu sudah mendapat fasilitas minum teh dan kopi gratis. Ditemani pemandangan yang kece, maka minumanmu pasti terasa makin nikmat!

Image credit: @tisya_chia

Sudut-sudut untuk berfoto dan kafe luar ruang juga tersedia di sini. Jadi kamu tidak hanya bisa mengabadikan momen dengan keindahan yang alami. Aneka properti nan estetik akan melengkapi alam Tomohon sehingga terlihat makin keren.

Lokasi: Walian, Kec. Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Sulawesi Utara
Jam Buka: Setiap hari, 09.30 WITA – 21.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 30,000 IDR

11. Danau Linow, danau di antara dua gunung yang eksotis

wisata tomohon
Image credit: @mariakalengkongan

Jika sudah mendengar nama Tomohon, pasti kamu juga mengetahui keberadaan Danau Linow. Tidak afdol berwisata ke Tomohon tanpa menyambangi danau yang diapit Gunung Lokon dan Gunung Mahawu ini.

Image credit: Tuama Leos Kayak n Coffee

Keunikan danau ini adalah warna airnya yang seakan berubah-ubah mulai dari warna biru, hijau atau kuning kecoklatan. Hal ini berhubungan dengan kadar belerang yang ada di dasar danau. Selain berpose dengan aneka gaya, kamu pun dapat mencoba mendayung kayak. Kamu dapat menghubungi salah satu penyedia olahraga air ini lewat akun @tuamaleoskayaklinow

Lokasi: Lahendong, Kec. Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Sulawesi Utara
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WITA – 18.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 30,000 IDR

12. Air terjun Tumimperas, tempat wisata asyik dengan curahan air yang indah

wisata tomohon
Image credit: @axxelnn

Air Terjun Tumimperas akan menguji niat dan kekuatan kakimu. Pasalnya kamu akan disambut sekitar 800 anak tangga sebelum bisa memuaskan diri menikmati keindahan curahan airnya. Tapi tentu saja, pegal di kakimu akan lenyap ketika menemukan hidden gem ini. Tidak cuma cantik, lingkungan di sekitarnya pun bersih sehingga makin asyik untuk nongkrong sambil bermain air.

Lokasi: Pinaras, Kec. Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Sulawesi Utara
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

13. Gunung Mahawu, jalur penjelajahan menakjubkan yang harus disambangi

Image credit: @kreyxx_

Gunung Mahawu yang siluetnya terlihat di seantero kota Tomohon juga menarik untuk didaki. Gunung api yang sudah tidak aktif ini mempunyai kawah yang sama terkenalnya seperti kawah Gunung Lokon.

Image credit: @erlanrksenmle

Gunung Mahawu menyenangkan untuk didaki karena medannya tidak sulit. Kamu dapat mengajak keluargamu ikut serta dan sambil melangkah, nikmati pemandangan di kiri dan kananmu. Setibanya di puncak, kamu bisa menjelajahi kawahnya yang sudah kering dari air belerang. Pada pagi hari, aneka jenis burung juga dapat ditemukan di sini.

Lokasi: Kakaskasen Satu, Kec. Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulawesi Utara
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

14. Air Terjun Ranowawa, tempat berpetualang di lingkungan yang masih alami

Image credit: @marvinlaunics

Air Terjun Ranowawa memang belum memiliki banyak fasilitas. Namun itulah yang membuatnya menarik untuk dijelajahi. Bagi kamu yang berjiwa petualang, medan yang masih alami dan belum terawat akan jadi tantangan seru. Tentunya siapkan perbekalan dan juga alas kaki yang tepat ya! Setelah itu kamu dapat menikmati quality time yang berkesan di air terjun ini.

Lokasi: Kumelembuay, Kec. Tomohon Timur, Kota Tomohon, Sulawesi Utara
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

15. Amphitheater Woloan, spot wisata asyik di Tomohon untuk menikmati hangatnya sunset yang manis

Image credit: Amphitheater Woloan

Amphitheater Woloan menjadi pilihan tempat lain bagi kamu yang ingin mendapatkan panorama kota Tomohon dari ketinggian. Apalagi saat matahari terbenam, dijamin suasana di sini tidak akan terlupakan!

wisata tomohon
Image credit: Amphitheater Woloan

Selain melihat keindahan alam, kamu pun dapat menonton pementasan di waktu tertentu. Pementasan teater oleh warga lokal ini tentunya menarik dan akan memperkaya pengalaman wisatamu. Di dalam kompleks amphitheater pun terdapat waruga atau makam kuno dan ornamen-ornamen bersejarah.

Lokasi: Woloan Satu, Kec. Tomohon Barat, Kota Tomohon, Sulawesi Utara
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WITA – 17.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 20,000 IDR

16. Puncak Valentine, berpose di anjungan yang unik

wisata tomohon
Image credit: @viruscaps88

Kamu adalah penggemar selfie dan wefie di anjungan? Maka Puncak Valentine adalah lokasi yang cocok untukmu. Spot ikonik di puncak ini adalah properti berbentuk hati warna merah jambu yang dapat kamu abadikan.

Image credit: @hallowulandari

Tentunya tidak hanya banyak pilihan anjungan yang unik, pemandangan yang terhampar di bawahnya juga cantik. Kalau capek berpose, kamu dapat beristirahat di gazebo yang tersedia. Setelah itu, siap lanjut bergaya lagi deh!

Lokasi: Woloan Satu Utara, Kec. Tomohon Barat, Kota Tomohon, Sulawesi Utara
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WITA – 17.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

17. Pasar Ekstrim Tomohon, tempat wisata belanja daging yang tak biasa

Image credit: @rikagigs

Kalau kamu ingin melihat sisi lain kota Tomohon, kamu dapat mengunjungi Pasar Ekstrim. Disebut ekstrim karena di dalamnya kamu bisa menemukan penjualan daging hewan-hewan yang tidak biasa seperti ular, kelelawar, kucing dan anjing.

Image credit: @samsulanwar.id

Walau banyak menimbulkan pro dan kontra, namun aktivitas di pasar ini tetap berjalan. Ada daging yang dijual dengan diberi bumbu seperti rica-rica, kecap atau dibakar biasa. Harga yang ditawarkan di pasar ini konon lebih terjangkau dibandingkan tempat lainnya. Kamu ingin melihat saja atau malah tertarik untuk mencicipinya?

Lokasi: Paslaten Satu, Kec. Tomohon Timur, Kota Tomohon, Sulawesi Utara
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WITA – 13.00 WITA
Harga Tiket: Gratis

18. Wale Ne Reideen, bersukaria di tempat wisata foto yang unik di Tomohon

wisata tomohon
Image credit: @graciafergina_

Wale Ne Reideen terkenal juga dengan sebutan Rumah Miring. Sekali lagi, Tomohon menyediakan tempat bagi kamu yang hobi berfoto. Kamu bisa puas selfie dengan latar rumah yang unik di sini.

Image credit: @likaa_08

Tentu saja latar ikoniknya adalah rumah-rumahan yang tampak miring. Tidak heran jika lokasi ini populer untuk tempat merayakan ulang tahun atau foto pre wedding. Kenakan outfit yang keren agar sesuai dengan warna-warni bangunan di belakangmu ya!

Lokasi: Talete Dua, Kec. Tomohon Tengah, Kota Tomohon, Sulawesi Utara
Jam Buka: Senin – Kamis pukul 10.00 WITA – 18.00 WITA, Jumat – Minggu pukul 09.00 WITA – 20.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

Baca juga: 15 Destinasi Wisata Di Manado dan Sekitarnya Yang Memesona

Kota Tomohon memang cantik dilihat dari semua sudut. Siapkan kameramu agar tidak ada momen yang terlewatkan!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru