Thailand Tiadakan Aturan Karantina Untuk Turis Internasional

Thailand berencana untuk tidak lagi menerapkan aturan karantina bagi traveler internasional yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19 secara lengkap dan berasal dari negara yang berisiko rendah.

Dilaporkan Associated Press, Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha menyatakan aturan tanpa harus menjalani karantina bagi traveler internasional akan mulai dijalankan pada bulan November 2021.

Untuk tahap pertama, Thailand akan mengizinkan traveler yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19 secara penuh dari Inggris/Britania Raya, Singapura, Jerman, China dan Amerika Serikat masuk tanpa harus menjalani karantina. Daftar negara yang warganya diizinkan masuk tanpa karantina akan ditambah pada 1 Desember dan 1 Januari mendatang.

“Tiba waktunya bagi kami untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi virus corona dan hidup berdampingan dengan mereka seperti dengan infeksi endemi dan penyakit lainnya, mengingat kita semua sudah belajar untuk hidup dengan penyakit lainnya melalui penanganan dan vaksinasi,” ujar Prayuth.

Perdana Menteri Thailand tersebut juga telah memerintahkan kepada tim Satgas Penanganan Covid-19 Thailand dan Menteri Kesehatan Masyarakat untuk mempertimbangkan dengan hati-hati pemberlakuan rencana tersebut. Selain itu, tim Satgas Penanganan Covid-19 Thailand nantinya juga menjadi pihak yang menentukan negara mana yang warganya diizinkan masuk ke Thailand tanpa harus menjalani aturan karantina.

Namun demikian, pemerintah Thailand menekankan pentingnya traveler internasional untuk mematuhi sejumlah persyaratan untuk bisa masuk ke wilayah mereka, salah satu di antaranya adalah tetap menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR sebelum keberangkatan dan menjalani tes Covid-19 kembali saat datang ke Thailand, sebelum akhirnya bisa bepergian dengan bebas.

Sebelumnya, pemerintah Thailand sudah melakukan pembukaan sektor pariwisata melalui skema Phuket Sandbox pada Juli lalu, dan sejumlah skema wisata lainnya.

Baca juga: Malaysia Berencana Buka Perbatasan Untuk Wisata Pada Desember 2021

Bagi yang tertarik liburan ke Thailand, tidak ada salahnya mulai mempersiapkan diri dengan mengikuti vaksinasi Covid-19. Tetap ikuti protokol kesehatan, ya!

 


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru