9 Tips Fotografi Perjalanan Untuk Membuat Feed Instagram Kamu Keren

Artikel mengenai tips fotografi perjalanan ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini. Read here for the English version.

Pernahkah kamu dibuat terkesima oleh postingan salah satu influencer Instagram, yaitu foto yang luar biasa terkait suatu tempat, meski kemudian harus mengakui tempat yang difoto tidak seindah seperti yang ada di dalam gambar?

Postingan Instagram yang keren dengan foto pasir putih dan sunset keemasan yang diatur sedemikian rupa menjadi salah satu bentuk pelarian bagi mereka yang jenuh dengan rutinitas kantor atau mereka yang bosan dengan tugas sekolah.

Tidak sedikit pula yang berpikir gadget seperti iPhone atau handphone Android kamu akan menjadi senjata yang cukup untuk menciptakan foto yang Instagram-worthy. Jika kamu salah satu yang berpikir demikian, mungkin kamu harus mempertimbangkan lagi pemahaman tersebut. Faktanya, kamu tidak perlu kamera mahal atau Adobe Photoshop untuk mengolah dan kemudian membagi foto petualangan kamu. Tinggal datang dan klik kamera handphone kamu.

Tapi, untuk bisa mendapatkan hasil yang keren dan Instagram-worthy, sembilan tips fotografi ini bisa menjadi panduan kamu dalam urusan mengambil gambar saat berwisata.

1. Ambil ide apapun mengenai foto yang kamu inginkan

Tidak ada aturan baku mengenai hal ini dan semuanya tergantung pada seberapa liar dan kreatif ide yang kamu miliki. Tentunya, melakukan sedikit riset mengenai tempat yang kamu datangi bisa menjadi awal yang bagus. Setidaknya hal itu bisa memberikan ide yang lebih jelas mengenai apa yang akan diambil dengan kamera kamu.

2. Ingat aturan “Rule of Thirds”

Bagi yang belum tahu, “rule of thirds” atau aturan sepertiga adalah petunjuk bagaimana caranya memosisikan objek di sepertiga bagian dalam foto agar lebih enak dilihat, terutama dalam mengkomposisikan objek ke dalam satu bingkai, dengan posisi yang tepat mengikuti acuan aturan ini.

Namun perlu diingat, keindahan dalam fotografi ada pada fleksibilitasnya. Setelah menguasai Rule of Thirds, kamu bisa bebas bermain dengan komposisi, sudut pandang dan banyak cara lain untuk bisa menangkap satu objek tertentu.

3. Semuanya mengenai angles

Pada intinya, mengambil gambar erat kaitannya dengan kreativitas. Jadilah fleksibel dan hindari mengambil gambar hanya dalam satu posisi. Teruslah bergerak dan mencoba sudut pandang baru di setiap pengambilan gambar. Selain itu, dengan banyak bergerak ke posisi baru, kamu akan bisa memahami dan mengerti positif dan negatifnya dari setiap posisi yang berbeda. Lagi pula, kamu tidak akan tahu gambar yang mana yang menghasilkan foto Instagram-worthy sebelum kamu benar-benar mengambilnya, kan?

4. Hindari penggunaan zoom digital

Menggunakan zoom memang sangat membantu untuk mengambil gambar dari kejauhan, tapi berimbas pada kualitas gambar yang menurun. Jika memungkinkan, mengapa tidak berjalan mendekati objek untuk mendapatkan hasil foto dengan kualitas yang lebih tajam?

5. Jangan menjauhkan diri dari kamera kamu

Tidak sedikit fotografer pemula yang memegang kameranya dengan tangan yang terulur panjang. Padahal hal tersebut bisa membuat kamera dan tangan tidak dalam posisi yang stabil, dan pastinya memengaruhi ketajaman dan kualitas foto. Kamu tidak ingin, kan, hasil foto jadi blur? Karena itulah, sangat penting memegang kamera kamu dekat dengan badan untuk cengkraman dan kestabilan yang lebih baik, sekaligus keseimbangan yang pas.

6. Jadikan tripod mini sebagai sahabat terbaik kamu

Tongkat selfie sempat menjadi booming, dan masih banyak yang menggunakannya sampai saat ini. Banyak yang ngefans malahan. Tapi, jika kamu menginginkan kualitas gambar yang lebih baik, tripod mini bisa memberikan kestabilan dan keseimbangan yang kamu butuhkan.

7. Tidak ada salahnya menggunakan aplikasi editing foto, lho!

Mengedit bukan hal yang curang, lho! Malahan ada yang bilang, editing termasuk salah satu bentuk seni dan kreativitas. Melakukan percobaan dengan aplikasi edit foto pastinya bisa semakin mengeluarkan kualitas dari foto yang kamu ambil, sekaligus membuat kamu menjadi lebih paham mengenai beragam elemen pendukung seperti warna, pencahayaan, kontras dan yang lainnya lagi.

8. Pilih hasil terbaik untuk sentuhan akhir

Ingin membagi hasil foto kamu dan memperlihatkannya kepada dunia? Jika iya, kamu harus memilih mana hasil terbaik yang harus ditampilkan. Hal ini akan membuat akun Instagram kamu menjadi terlihat lebih terorganisir dan keren secara estetika. Jangan asal-asalan memposting gambar. Pilih yang paling menarik perhatian dan memiliki kualitas yang baik. Tips kecil lainnya, merupakan hal yang bagus menggabungkan sejumlah tipe foto dalam akun Instagram kamu!

9. Yang terpenting, jangan terlalu banyak berpikir dan ambil gambar sebanyak mungkin!

Terlalu banyak berpikir bisa jadi menjadi musuh terbesar kamu untuk mendapatkan gambar yang indah. Belajarlah dari pengalaman dan coba segala hal baru. Dapatkan kepercayaan diri untuk bisa lebih berkembang. Seharusnya, tujuan akhir kamu adalah untuk menginspirasi orang lain dengan karyamu, jadi buat hal ini menjadi proses yang menyenangkan buat kamu sendiri. Jangan gampang kesal jika tidak mendapatkan hasil gambar yang bagus. Kamu akan menjadi lebih baik selama belajar dari kesalahan dan pengalaman kamu!

Baca juga: 5 Tips Menabung Untuk Traveling Yang Sangkil Dan Mangkus

Nah, tips fotografi perjalanan ini cukup mudah diikuti, kan?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru