Tips Menemukan Kamera Tersembunyi Di Hotel Atau Airbnb Kamu

Di dunia yang penuh dengan bahaya dan kejahatan ini, tidak ada salahnya untuk tetap waspada dan hati-hati. Hal ini juga berlaku saat kamu menginap di hotel atau airbnb saat berlibur.

Bukan hanya kemungkinan menjadi korban perampokan atau pencurian, tamu yang menginap di hotel juga bisa menjadi korban iseng orang tidak bertanggung jawab yang meletakkan kamera tersembunyi tanpa sepengetahuan orang. Alhasil, banyak orang yang privasinya rusak, data penting diambil dan masih banyak lagi lainnya.

Faktanya, kejadian dan insiden, di mana ada kamera tersembunyi yang merekam semua kegiatan kita tanpa diketahui, banyak terjadi di sekililing kita. Hal tersebut tentu menjadi masalah tersendiri yang harus diselesaikan. Selain berharap pada kebijakan penegak hukum yang adil, kamu juga bisa berperan langsung untuk meminimalkan terjadinya tindak kejahatan dan keisengan tersebut. Dengan sejumlah cara, kamu bisa menemukan kamera tersembunyi untuk tindak pencegahan. Ingin tahu seperti apa caranya, Tripzilla membagikan tips menemukan kamera tersembunyi di hotel atau airbnb di bawah ini.

Selalu waspada di hotel/airbnb kamu, guys! | Image credit: Sevinos Erotokritou

1. Inspeksi secara langsung

Cara terbaik untuk menemukan kamera tersembunyi adalah dengan melakukan inspeksi secara langsung. Untuk bisa mengetahui letak kamera tersembunyi ini, kamu harus tahu prinsip dasar dan kerja kamera tersebut, yaitu:

  • sudut pandang yang tepat untuk bisa mengambil gambar secara maksimal
  • cukup cahaya untuk membantu pengambilan gambar
  • sumber tenaga yang bisa diandalkan

Di sejumlah film, banyak yang menempatkan kamera tersembunyi di langit kamar atau dinding. Namun, tidak sedikit juga yang menempatkan bersama barang-barang elektronik yang umum ada di hotel untuk meminimalkan kecurigaan, mengingat kamera juga membutuhkan sumber listrik untuk bisa menyala.

Di bawah ini adalah barang yang umum ada di hotel dan biasa menjadi tempat kamera “bersembunyi’, yaitu cermin, telpon, sensor alarm, lampu duduk dan meja, colokan listrik, jam dinding dan detektor asap. Pastikan juga kamu memerhatikan lubang kecil dan area yang transparan, ventilasi, langit kamar dan tempat yang sekiranya orang bisa menempatkan kamera di sana.

2. Mendeteksi dengan menggunakan ponsel

Jika memang inspeksi mendasar tidak menemukan kamera tersembunyi, kamu bisa menaikkan pencarian ke tahap yang lebih tinggi, yaitu dengan menggunakan ponsel pintar. Setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan, menggunakan fasilitas aplikasi telepon pintar atau menggunakan fasilitas yang sudah dimiliki ponsel kamu.

Untuk cara pertama, menemukan kamera tersembunyi bisa dilakukan dengan kamera lensa ponsel. Memaksimalkan prinsip dasar lensa yang memantulkan cahaya, cara paling mudah menemukan kamera tersembunyi adalah dengan menutup tirai, mematikan semua lampu dan menggunakan fasilitas senter di ponsel dan kemudian memindai kamar dengan perlahan.

Jika ada cahaya yang memantul atau berpendar di area yang tidak biasa, kamu harus waspada. Namun, teknik ini tidak efektif jika kamera tersembunyi diletakkan di balik cermin, atau tempat lain yang juga memantulkan cahaya.

Sementara cara kedua, menggunakan aplikasi yang tersedia di layanan PlayStore maupun App Store juga menjadi teknik yang efektif menemukan kamera tersembunyi di hotel atau airbnb kamu.

Aplikasi yang bisa kamu “tanamkan” di ponsel pintar kamu antara lain Scout Hidden Camera Finder, Fing, Eilimy, Hidden Camera Detector App, Anti Spy Hidden Camera Detector dan Spy Hidden Camera Detector. Enam aplikasi ini memberikan beragam pilihan layanan yang sangat menguntungkan dalam upaya menemukan kamera tersembunyi di hotel atau airbnb kamu.

Mengambil gambar tanpa izin adalah tindak kejahatan

Apa yang harus dilakukan jika ditemukan kamera tersembunyi?

Perlu diketahui, kamera tersembunyi di kamar hotel adalah hal ilegal dan merupakan pelanggaran yang serius. Karena itu, jika sampai ditemukan kamera tersembunyi di akomodasi yang kamu tempati, ada sejumlah hal yang bisa kamu lakukan.

  • Kamu bisa membantu orang lain untuk tidak menjadi korban dengan mengambil kamera tersembunyi yang sudah kamu temukan dan mencabutnya dari sumber listrik.
  • Kamu bisa merekam situasi dan temuan untuk menjadi bukti
  • Kamu harus melaporkan situasi ini dan bukti yang ada ke otoritas keamanan setempat sekaligus menyerahkan bukti foto atau video
  • Jika memungkinkan, jangan meminta pindah kamar, tapi langsung meninggalkan akomodasi tersebut dan pindah ke tempat lain.

Baca juga: Tips Untuk Tidak Sakit Saat Liburan Ke Luar Negeri

Saya harap, tips menemukan kamera tersembunyi di atas bisa menjadi salah satu langkah untuk melindungi privasi sekaligus meningkatkan kewaspadaan untuk liburan yang menyenangkan dan aman.

 

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru