Tips Untuk Tidak Sakit Saat Liburan Ke Luar Negeri

Liburan kini menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh banyak orang. Tingginya tingkat stress menjadi alasan mengapa banyak orang menjadikan liburan sebagai cara untuk melarikan diri dari rutinitas. Siapa juga yang tidak tertarik melihat pemandangan alam yang indah, budaya yang kaya dan hal-hal baru yang bisa kamu dapatkan di tempat liburan kamu.

Namun, liburan bisa saja berjalan tidak sesuai harapan, terutama karena masalah kesehatan. Statistik menunjukkan mereka yang kerap bepergian untuk liburan atau kepentingan lainnya, ternyata sepuluh kali lebih berisiko mengalami sakit dibanding orang yang lebih memilih tinggal di rumah.

Nah, kamu bisa meminimalkan risiko sakit saat liburan dan tetap mengikuti itinerary wisata kamu di tempat tujuan. Tips di bawah ini bisa menjadi panduan kamu untuk wisata yang menyenangkan. Cekidot, ya!

1. Bersih-bersih pesawat

Masuk ke pesawat itu sama dengan masuk ke tempat yang banyak kuman dan bibit penyakit. Mulai dari tempat duduk, sandaran tangan bahkan meja di depan kamu merupakan tempat kuman berkembang biak. Malahan, hasil penelitian pada 2015 menunjukkan fakta bahwa meja lipat di kursi kamu adalah tempat terkotor di pesawat dengan menjadi tempat hidup 2,155 koloni kuman dalam setiap satu inci persegi. Wow!

Rendahnya tingkat kelembaban di kabin pesawat juga bukan hal yang baik bagi kesehatan kamu. Udara yang kering bisa mengganggu mekanisme pembersihan pada paru-paru dan kuman bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh lewat pernafasan.

Untuk meminimalkan risiko tersebut, kamu bisa melakukan bersih-bersih pesawat. Tidak perlu harus menyapu, mengepel atau mencuci bodi pesawat, kamu bisa membersihkan tempat duduk kamu, termasuk sandaran tangan dan meja lipat dengan tisu basah disinfektan yang banyak dijual di banyak tempat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan masker untuk menghindarkan masuknya kuman dan bakteri lewat pernafasan.

2. Membawa obat-obatan yang dibutuhkan

Penting sekali untuk membawa obat-obatan yang kamu butuhkan saat melakukan perjalanan ke luar atau dalam negeri. Mengalami sakit saat liburan dengan tanpa membawa bekal obat yang kamu butuhkan akan sangat mengganggu.

Selain itu, akan sangat bijak jika kamu bisa melakukan vaksinasi sebelum liburan ke tempat yang baru untuk menghindari infeksi atau kendala kesehatan lainnya. Idealnya, vaksinasi bisa dilakukan delapan minggu sebelum perjalanan agar vaksin bisa membantu tubuh kamu menciptakan imun tubuh.

Baca juga: 6 Vaksin Wajib Yang Harus Diambil Sebelum Liburan Ke Luar Negeri

3. Waspada dengan kondisi air

Mengunjungi tempat yang sepenuhnya baru, kamu harus waspada dengan air yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Soalnya, air menjadi media yang paling rentan kemasukan kuman dan bakteri, yang bisa mengganggu kesehatan kamu.

Meminum air keran secara langsung juga harus diwaspadai. Di beberapa negara maju seperti Singapura, hal tersebut sangat mungkin dilakukan. Tapi tidak demikian ketika kamu mengunjungi Tiongkok atau India.

4. Persiapkan diri dengan asuransi

Asuransi memang terlihat mahal, tapi memiliki asuransi saat bepergian akan sangat membantu ketika kamu mendapatkan kesialan atau jatuh sakit saat liburan, dan harus menjalani perawatan di rumah sakit. Biaya perawatan di rumah sakit di luar negeri bisa sangat mahal, lho!

Memiliki asuransi kesehatan saat liburan ke luar negeri juga memberikan ketenangan tersendiri pada pikiran, yang pada akhirnya ikut membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga: Tips Dan Panduan Buat Traveler Memilih Asuransi Perjalanan

Pada akhirnya, menjaga kebersihan diri dan sekitar menjadi cara paling baik untuk menghindari kemungkinan sakit saat liburan. Jangan sungkan untuk cuci tangan atau menggunakan hand sanitizers untuk meminimalkan risiko infeksi. Kamu tidak ingin, kan, liburan kamu malah diwarnai gambar selfie sedang berada di rumah sakit negara orang?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru