Toko Kue Spikoe Terkenal Yang Wajib Kamu Kunjungi Di Surabaya

Siapa yang tidak kenal dengan kue lapis surabaya? Kue ini lazim juga disebut dengan spikoe atau spiku dan berasal dari bahasa Belanda spekkoek. Seperti sebutannya, kue spikoe banyak dijual di toko-toko roti di Surabaya. Sesuai juga dengan asal katanya, kue yang bermakna kue lapis ini memang berlapis-lapis dan umumnya berwarna coklat dan kuning. Kelembutan spikoe dan kombinasi rasa gurih manis sukses membuat kue ini digemari banyak orang.

Kamu bisa menemukan toko-toko roti yang sudah terkenal dengan sajian spikoenya. Tidak hanya kue spikoe tradisional, saat ini sudah banyak spikoe kekinian yang tersebar di Surabaya. Perekat antar lapisan bukan hanya selai tetapi juga dapat diganti dengan krim aneka rasa. Selain itu, spikoe juga diberi topping sehingga rasanya makin nikmat dan cantik dipandang. TripZilla Indonesia merekomendasikan beberapa toko yang sudah terkenal dengan kreasi spikoenya. Hati-hati air liurmu menetes, ya!

1. Resep kuno yang tidak lekang oleh waktu ala Spikoe Resep Kuno 

kue spikoe surabaya
Image credit: Official Spikoe Resep Kuno

Ini adalah merek yang melintas pertama kali di pikiran mayoritas orang jika mendengar kata spikoe. Kue Spikoe Resep Kuno yang diproduksi sejak tahun 2002 ini sangat terkenal dan menjadi buah tangan khas Surabaya.

Image credit: Official Spikoe Resep Kuno

Saat ini, kamu tidak hanya dapat menikmati spikoe original di toko ini. Ada pula pilihan spikoe dengan kismis, spikoe prunes dan spikoe speculaas. Kombinasi isian ini membuat rasa spikoe jadi makin kompleks dan lezat.

Official Spikoe Resep Kuno | kue spikoe surabaya
Image credit: Official Spikoe Resep Kuno

Selain spikoe, juga terdapat produk lain yaitu cheesecake dengan nama Joika Japanese Cheesecake. Diolah dengan bahan-bahan berkualitas seperti spikoenya, rasa dari cheesecake ini juga tidak perlu diragukan lagi!

Alamat: Jl. Rungkut Madya No. 41, Surabaya
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 20.30 WIB
Harga: Mulai dari 80,000 IDR

2. Spikoe Livana yang mudah ditemui di banyak tempat

Livana Spikoe Spiku dan Lapis | kue spikoe surabaya
Image credit: Livana Spikoe Spiku dan Lapis

Spikoe Livana merupakan merek yang juga tersohor dan telah membuka banyak cabang hingga ke Jakarta. Kamu tidak perlu bersusah payah jika ingin mencicipi Spikoe Livana ini. Bagi yang belum pernah mendengar nama Spikoe Livana, jangan melewatkan toko roti ini karena koleksi spikoenya sangat kreatif!

Image credit: Livana Spikoe Spiku dan Lapis

Di sini kamu dapat menemukan sangat banyak varian spikoe. Tidak cuma lapisan coklat dan kuning, Spikoe Livana juga dapat digabungkan dengan lapis legit atau lapis brownies. Ada pula spikoe bermotif batik dan cake Seriboe Lapis yang menggabungkan berbagai bahan untuk lapisannya.

Livana Spikoe Spiku dan Lapis | kue spikoe surabaya
Image credit: Livana Spikoe Spiku dan Lapis

Rasa spikoe yang ditawarkan juga sangat beragam mulai dari kenari, pandan, moka hingga cokelat kismis. Untuk kamu yang menyukai permainan rasa, Spikoe Livana ini sesuai untuk kamu coba!

Alamat klik di sini
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 57,000 IDR

3. Tidak hanya kenari yang ada di Santi’s Cake Spiku Kenari

Image credit: Santi’s Cake Spiku Kenari

Empunya toko roti ini juga menjual aneka cake selain spikoe, maka nama Santi’s Cake pun disematkan untuk toko ini. Kue spikoenya terdiri dari dua jenis yaitu Spiku Kenari dan Spiku Kenari Coklat. Selain perbedaan rasa, ada ragam warna di spikoenya yaitu spikoe susun yang berwarna coklat dan kuning, serta spikoe biasa yang hanya berwarna kuning.

Santi’s Cake Spiku Kenari | kue spikoe surabaya
Image credit: Santi’s Cake Spiku Kenari

Santi’s Cake yang sudah berdiri sejak tahun 1999 ini menggunakan kenari dalam komposisi spikoenya karena kandungan nutrisi di dalam kenari. Jadi spikoe yang ada di sini bisa jadi pilihan cemilan yang menyehatkan, pas untuk menemani acara minum kopimu.

Image credit: Santi’s Cake Spiku Kenari

Di Santi’s Cake, kamu pun dapat membeli kue-kue lainnya seperti ontbijtkoek, cake jadul dan kue-kue kering. Jadi bagi kamu yang tidak cukup hanya makan spikoe, cicipi juga produk lainnya yang juga menggugah selera.

Alamat: Jl. Mulyosari Timur No.34, Kalisari, Kec. Mulyorejo, Surabaya
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 60,000 IDR

4. Menyantap spikoe kekinian di D’Neven Bakehouse

DNEVEN Spiku Specialist | kue spikoe surabaya
Image credit: DNEVEN Spiku Specialist

Ingin menjajal rasa-rasa spikoe yang unik? D’Neven Bake House tempatnya. Di toko roti ini, kamu akan menemukan koleksi rasa spikoe yang bikin penasaran misalnya spikoe rasa durian. Tentunya toko ini juga menjual spikoe dengan rasa tradisional bagi kamu yang menyukai rasa asli spikoe.

Image credit: DNEVEN Spiku Specialist

Lapis-lapis spikoenya tidak selalu berwarna coklat dan kuning. Ada triple vanilla spiku yang semuanya berwarna kuning atau triple chocolate spiku yang tersusun dari seluruh lapisan cokelat. Lebih unik lagi, ada menu charcoal cheesecake spiku yang menggunakan selai blueberry atau mix spiku yang merekatkan tiga rasa spikoe jadi satu.

kue spikoe surabaya
Image credit: DNEVEN Spiku Specialist

D’Neven Bakehouse juga menawarkan beragam topping untuk mendekorasi permukaan spikoe pilihanmu. Spikoe pun jadi cocok untuk dihantarkan sebagai kue ulang tahun atau hadiah untuk orang terdekatmu. Cantik dan kreatif, kan?

Alamat: Ciputra World, Gn. Sari, Kec. Dukuhpakis, Surabaya
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 80,000 IDR

5. Spikus yang berbeda dari spikoe lainnya

Image credit: SPIKUS

Ingin mencoba spikoe yang diolah dengan metode lain? Spikus menawarkan spikoe kukus yang menjadikan produk spikoenya memiliki citarasa berbeda. Tidak hanya karena dikukus, namun rasa unik juga muncul karena variannya yang berbeda dari spikoe kebanyakan.

kue spikoe surabaya
Image credit: SPIKUS

Spikus menawarkan rasa choco lava, mocha raisin atau black and white choco Silverqueen. Porsi yang ditawarkan pun menarik, tidak hanya potongan dalam boks. Di Spikus kamu juga bisa memperoleh spikoe dalam stoples kecil dengan rasa Spikus in Jar vanilla choco truffle atau strawberry smoothies.

Image credit: SPIKUS

Pilihan berbagai ukuran mulai dari stoples, boks mini atau boks besar membuat kamu leluasa untuk mengatur porsi spikoe yang kamu inginkan. Bisa juga mencicipi beberapa rasa sekaligus tanpa perlu takut kekenyangan nih!

Alamat: Jl. Gunung Anyar Harapan Blok ZD No.28, Gn. Anyar, Kec. Gn. Anyar, Surabaya
Jam Buka: Senin – Sabtu, 08.30 WIB – 16.30 WIB
Harga: Mulai dari 80,000 IDR

6. Spiku Ayu dengan spikoe gulung yang berbeda

Spiku Ayu Surabaya | kue spikoe surabaya
Image credit: Spiku Ayu Surabaya

Kue spikoe kotak sudah biasa, kamu bisa mencoba spikoe gulung di Spiku Ayu. Terlihat padat dan lembut, spikoe ini pasti tidak akan bertahan lama di meja makanmu!

Image credit: Spiku Ayu Surabaya

Aneka rasa yang tersedia seperti spikoe mochanougat, spikoe kenari green tea, spikoe keju dan masih banyak lagi akan menggoyang lidahmu. Kamu pun dapat memilih spikoe dengan kenari atau tanpa kenari.

Spiku Ayu Surabaya | kue spikoe surabaya
Image credit: Spiku Ayu Surabaya

Kreasi lain dari Spiku Ayu ini adalah Spiku Kering. Garing di luar, namun lembut setelah digigit. Jadi pilih mana nih, spikoe yang selembut bantal atau yang renyah dan garing?

Alamat: Jl. Babatan Pantai Ut. No.9 No.26, Dukuh Sutorejo, Kec. Mulyorejo, Surabaya
Jam Buka: Senin – Sabtu, 09.00 WIB – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 55,000 IDR

7. Harum dan gurih spiku ala Hamada Bakery 

Image credit: SPIKU HAMADA

Spiku Hamada mengunggulkan kualitas butter yang digunakan. Hanya dengan melihat gambarnya, kamu dapat membayangkan harum dan gurihnya spikoe ini ya!

spiku hamada | kue spikoe surabaya
Image credit: SPIKU HAMADA

Kamu bisa memilih spikoe tiga lapis atau dua lapis. Menu istimewa dari Spiku Hamada ini salah satunya adalah spikoe dengan cokelat Ferrero.

Image credit: SPIKU HAMADA

Jika kamu ingin membelinya sebagai oleh-oleh, kamu pun dapat memilih dari berbagai ukuran yang ada. Bahkan ada yg berukuran mini, yang cocok juga kalau kamu ingin mencicipi beragam rasa sekaligus.

Alamat: Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No.36, Kalijudan, Kec. Mulyorejo, Surabaya
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

8. Coba kreasi spikoe yang lain di Rumah Roti 

spiku rumah roti | kue spikoe surabaya
Image credit: Spiku Rumah Roti

Seperti namanya, Rumah Roti ini menjual berbagai jenis roti dan kue, dan tentu saja spikoe masuk dalam menu unggulan di Surabaya. Ragam rasa yang ditawarkan pun berbeda dari toko lainnya.

Image credit: Spiku Rumah Roti

Di sini kamu bisa mencoba varian spikoe klappertaart dengan taburan kelapa di atasnya. Spikoe plum, spikoe pelangi dan green tea juga dapat menjadi pilihan yang seru.

kue spikoe surabaya
Image credit: Spiku Rumah Roti

Selain rasa-rasa menarik, spikoe di Rumah Roti juga dicetak dalam bentuk yang manis. Coba berikan spikoe berbentuk hati ke sahabat atau orang tuamu, pasti akan jadi kejutan yang berkesan!

Alamat: Jl. Rungkut Mapan Utara No.15, Central Rungkut, Gunung Anyar, Surabaya
Jam Buka: Senin – Jumat pukul 06.00 WIB – 19.00 WIB, Sabtu – Minggu pukul 06.00 WIB – 18.00 WIB
Harga: Mulai dari 40,000 IDR

Baca juga: Sate Klopo Khas Surabaya Yang Maknyus Dan Lima Tempat Terbaik Menikmatinya

Meski namanya hanya kue lapis, namun berbagai kreasi kue spikoe Surabaya ini sungguh menggugah selera. Sudah tahu ingin membeli yang mana?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru