Tujuh Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Mengajukan Visa Schengen

Mengajukan visa Schengen pada tahun 2024 menjadi usaha yang bisa sangat menantang untuk dilakukan. Prosesnya pengajuannya saja melibatkan penyediaan dokumentasi yang cermat, wawancara, dan membayar biaya.

Dengan adanya kenaikan biaya visa Schengen per Juni 2024 lalu, meningkat dari €80 menjadi €90, penting bagi pemohon untuk meningkatkan peluang keberhasilan dalam pengajuan permohonan visa mereka. Untuk melakukannya, penting menghindari kesalahan umum yang sering menyebabkan penolakan.

Di artikel ini, TripZilla Indonesia akan membeberkan sejumlah kesalahan umum dalam pengajuan permohonan aplikasi visa Schengen, yang bisa kamu hindari. Lihat daftarnya di bawah ini:

Visa schengenImage credit: Pixabay | Pexels

1. Mengandalkan daftar dokumen yang tidak akurat

Banyak pemohon baru mengikuti saran dari teman atau keluarga yang sebelumnya telah memperoleh visa. Namun, persyaratan visa Schengen berbeda-beda di setiap negara dan terus diperbarui secara berkala.

Tips untuk pemohon baru adalah dengan masuk ke situs resmi kedutaan salah satu negara Eropa yang masuk zona Schengen untuk mengetahui persyaratan terbaru. Selain bisa melihat kabar terbaru, kamu juga bisa melakukan konsultasi jika memang membutuhkannya.

2. Permasalahan pada paspor

Paspor yang sah harus memenuhi kriteria tertentu, seperti berlaku selama enam bulan setelah tanggal perjalanan, diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir dan berisi setidaknya dua halaman kosong. Kegagalan memenuhi standar ini dapat mengakibatkan penolakan.

3. Informasi formulir aplikasi yang tidak konsisten

Pastikan semua informasi pada formulir aplikasi sesuai dengan dokumen lainnya. Perbedaan, disengaja atau tidak, dapat menyebabkan penolakan.

4. Asuransi perjalanan yang tidak memadai

Asuransi perjalanan dengan pertanggungan minimum €30.000, termasuk pemulangan jika terjadi kematian, adalah hal yang wajib untuk dipenuhi. Pemohon harus memastikan polis mereka mencakup seluruh durasi perjalanan dan memenuhi semua persyaratan.

5. Waktu pengajuan yang tidak tepat

Pengajuan permohonan aplikasi harus diajukan tidak lebih awal dari enam bulan dan tidak lebih lambat dari 15 hari kerja sebelum perjalanan. Pengajuan di luar rentang waktu ini dapat mengakibatkan penundaan atau penolakan.

6. Mengajukan ke kedutaan yang salah

Jika mengunjungi beberapa negara Schengen, ajukan permohonan Anda ke negara tempat kamu akan menghabiskan waktu paling banyak atau negara pertama yang akan kamu kunjungi jika jumlah hari tinggal di masing-masing negara sama.

7. Tidak membawa uang tunai untuk membayar biaya visa Schengen

Biaya visa harus dibayar tunai. Pelamar harus membawa jumlah yang tepat untuk menghindari masalah.

Baca juga: Biaya Visa Schengen Naik Lagi, Efektif Mulai Juni 2024

Dengan mengatasi kendala umum ini, pelamar dapat meningkatkan peluang mereka untuk memperoleh Visa Schengen.

Preview image credit: H. Emre | Pexels

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru