Kemlu Peringatkan Traveler Indonesia Yang Ingin Ke Hong Kong Dan Makau

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia mengeluarkan imbauan khusus untuk traveler yang ingin ke Hong Kong atau Makau, terkait kondisi cuaca yang tidak kondusif.

Melalui laman Safe Travel, Kemlu mengimbau kepada pelaku perjalanan asal Indonesia untuk mempersiapkan diri menghadapi suhu tinggi.

"Waspadai suhu tinggi hingga capai 37oC selama musim panas di Hong Kong dan Makau, yang berlangsung sejak bulan Juni hingga September. Pada periode ini, angin kencang atau taifun berpotensi terjadi hingga level T8 atau T10," demikian imbauan yang dirilis Safe Travel.

Laporan dari Google Weather memang menunjukkan peningkatan suhu udara di kawasan Hong Kong dan Makau dalam beberapa hari terakhir. Google Weather bahkan memberikan label "Severe weather alert" dengan status Excessive Heat untuk kondisi suhu Dan temperatur udara di Hong Kong.

Kemlu juga mengimbau kepada warga negara Indonesia yang tinggal atau melakukan perjalanan ke wilayah Hong Kong dan Makau untuk terus memantau perkembangan cuaca. Kemlu merekomendasikan aplikasi digital milik Pemerintah Hong Kong, My Observatory, untuk memantau kondisi cuaca dan temperatur udara di kawasan tersebut.

Selain itu, Kemlu juga meminta warga negara Indonesia yang berada, atau yang akan melakukan perjalanan ke Hong Kong untuk melakukan persiapan menyeluruh, termasuk memiliki asuransi perjalanan.

"WNI yang akan bepergian ke wilayah Hong Kong dan Makau diimbau untuk memiliki tiket pulang pergi serta asuransi perjalanan," demikian kutipan dari laman Safe Travel.

Terlepas dari kondisi cuaca dan peningkatan suhu udara di Hong Kong, pemerintah setempat melalui Hong Kong Tourism Board (HKTB) malah gencar mempromosikan momen liburan musim panas ke wilayah mereka. Beberapa destinasi populer seperti Water World Ocean Park Hong Kong menggelar Frenzy Summer Party Time. Sejumlah event Dan konser juga akan digelar di sepanjang periode musim panas bertajuk Summer Chill Hong Kong.

Baca juga: Panduan Dan Tips Liburan Di Tengah Panas Ekstrem

Yang harus melakukan perjalanan ke Hong Kong atau Makau, tetap waspada dan ikuti tips meminimalkan efek gelombang panas ekstrim di atas, ya!

Preview image credit: Alexas_Fotos | Pixabay

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru