Daftar Universitas Terbaik Di Dunia Dirilis, Kampus Indonesia Peringkat Berapa?

Ada banyak hal yang perlu dinilai terkait universitas terbaik di dunia, mulai dari tempat yang tepat untuk bidang studi yang bisa kamu pilih hingga tingkat kepuasan mahasiswa. Dan salah satu peringkat paling bergengsi di luar sana baru saja mengungkapkan daftar universitas terbaik di dunia untuk tahun 2025.

Tahun ini, QS World University Rankings mengevaluasi lebih banyak institusi daripada sebelumnya, yaitu dengan 1.500 universitas yang diteliti. Hasilnya, universitas asal Amerika Serikat telah mengklaim posisi teratas untuk tahun ketiga belas.

Sekolah tinggi tersebut adalah Massachusetts Institute of Technology (juga dikenal sebagai MIT). Untuk kesekian kalinya, MIT menduduki peringkat sebagai universitas terbaik di dunia.

Tentang MIT, QS Top Universities mengatakan: 'Saat didirikan pada tahun 1861, MIT awalnya merupakan komunitas kecil pemecah masalah dan pecinta sains yang ingin membawa pengetahuan mereka ke dunia. Kini, MIT telah berkembang menjadi raksasa pendidikan, dengan sekitar 1.000 anggota fakultas dan lebih dari 11.000 mahasiswa sarjana dan pascasarjana."

Faktanya, enam institusi Amerika masuk dalam 20 besar, termasuk Harvard, Stanford, dan Cornell. Imperial College London menempati posisi kedua, mengalahkan Oxford dan Cambridge (meskipun keduanya juga masuk dalam 10 besar). Dua institusi sekolah tinggi di Singapura, dua institusi Tiongkok, dan tiga institusi Australia juga masuk dalam 20 besar. Anda dapat melihat daftar selengkapnya di bawah ini.

Inilah 20 universitas terbaik di dunia tahun 2025

  1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

  2. Imperial College London

  3. University of Oxford

  4. Harvard University

  5. University of Cambridge

  6. Stanford University

  7. ETH Zurich

  8. National University of Singapore

  9. University College London

  10. California Institute of Technology (Caltech)

  11. University of Pennsylvania

  12. University of California, Berkeley

  13. The University of Melbourne

  14. Peking University

  15. Nanyang Technology University, Singapore

  16. Cornell University

  17. The University of Hong Kong

  18. The University of Sydney

  19. The University of New South Wales

  20. Tsinghua University

Lalu, bagaimana peringkat universitas asal Indonesia? Menurut QS Top Universities, Universitas Indonesia menjadi sekolah tinggi dengan urutan terbaik di Indonesia, meski masih di luar daftar 200 universitas terbaik di dunia. UI menempati urutan ke-206 dengan skor secara keseluruhan sebesar 45,7.

Dalam daftar tersebut juga tertera Universitas Gadjah Mada di peringkat 239, Institut Teknologi Bandung di posisi 256, Universitas Airlangga di peringkat 308, Institut Pertanian Bogor di peringkat 426, Institut Teknologi Sepuluh Nopember di peringkat 585 dan Universitas Padjadjaran Bandung di peringkat 596. Sementara Universitas Diponegoro di Semarang dan Universitas Brawijaya Malang berada di urutan 700-an dan 800-an.

Baca juga: Negara Bebas Visa Di Eropa Yang Bisa Kamu Kunjungi

Apakah kamu sudah mempertimbangkan bakal kuliah di mana tahun 2025 mendatang?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru