Wisata Taipei, Sisi Lain Taiwan Untuk Dijelajahi

Taipei yang merupakan ibukota dari negara Taiwan, adalah salah satu tempat yang mengasyikkan untuk dijelajahi. Perpaduan dari gedung pencakar langit, taman kota yang indah hingga pemandangan alam yang indah menjadi ciri khas kota ini. Selain Taipei, ada Kota Taipei Baru (New Taipei City) yang letaknya berdekatan. Keduanya mempunyai objek wisata yang berbeda, jadi akan lebih baik kalau kamu meluangkan waktu untuk berkeliling. Beberapa objek wisata Taipei yang menarik direkomendasikan TripZilla Indonesia, cek di bawah ini!

Baca Juga: Transit di Taiwan? Kamu Bisa Ikut Tur Gratis Setengah Hari Keliling Kota

1. Liberty Square, alun-alun yang keren untuk jalan santai

Image credit: @taipeitravel

Hal yang mencolok dari Liberty Square yang juga disebut sebagai Freedom Square adalah gerbang putih yang megah. Di dalam area ini pun terdapat Chiang Kai-shek Memorial Hall, National Concert Hall dan National Theater of Taiwan. Pada waktu-waktu tertentu, kamu dapat melihat pertunjukan kesenian di lapangan ini dan gratis untuk dinikmati. Berbagai acara besar di Taipei pun sering diadakan di sini. Bila kamu datang di malam hari, tempat ini akan bersinar dengan tata cahaya yang cantik. Foto-foto wajib hukumnya kalau sudah berada di sini!

Lokasi: No. 21號, Zhongshan S Rd, Zhongzheng District, Taipei City, Taiwan
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

2. Chiang Kai-shek Memorial Hall, wisata Taipei yang bersejarah

Image credit: @jiying_tseng

Jangan lewatkan tempat ikonik di Taipei yaitu Chiang Kai-shek Memorial Hall. Tempat ini didirikan untuk menghormati presiden pertama Tiongkok yaitu Chiang Kai-shek. Mulai dibangun sejak tahun 1976, saat ini kamu bisa berwisata di dalamnya dengan jasa pemandu. Jadwal tur keliling ada di hari Senin sampai Jumat pada pukul 9 pagi hingga 5 sore. Kamu bisa melihat berbagai pameran yang selalu diadakan di sini, mulai dari yang tematik hingga koleksi permanennya. Lukisan, artefak sampai karya seni digital semuanya menarik untuk disimak.

Lokasi: Zhongzheng District 100, Taipei City, Taiwan
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 - 18.00

3. Mau tahu peninggalan sejarah Taiwan, kunjungi saja National Palace Museum

Image credit: @national_palace_museum

Sesuai namanya, National Palace Museum menjadi rumah bagi benda-benda bersejarah di Taiwan. Bila kamu penggemar sejarah dan budaya, tentu museum adalah tempat yang sayang untuk dilewatkan. Koleksi artefak dari berbagai dinasti akan memukau matamu dengan keunikannya. Luangkan waktu yang cukup panjang karena ada ratusan ribu koleksi yang tersedia. Di luar museum ini pun ada Taman Zhishan dengan danau yang tenang dan paviliun khas Tiongkok yang indah. Enak dipandang dan bikin tubuh serasa segar kembali.

Lokasi: No. 221, Sec 2, Zhi Shan Rd, Shilin District, Taipei City, Taiwan
Jam Buka: Selasa - Minggu, 09.00 - 17.00

4. Daan Park, wisata Taipei yang hijau di tengah kota

Image credit: Tzu-hsun Hsu | Wikimedia Commons

Layaknya oase, Daan Park menghadirkan suasana hijau yang membuat lanskap kota Taipei terlihat adem. Patung Buddha dan hutan bambu serta jalur pejalan kaki dan panggung terbuka menjadikan taman ini asyik untuk tempat nongkrong di waktu senggang. Bila ingin merasakan kehidupan seperti warga lokal, menikmati suasana taman ini dapat dimasukkan ke dalam agenda. Manfaatkan juga fasilitas taman bermain anak-anak dan penyewaan sepeda yang ada. Sudah nyaman, gratis lagi!

Lokasi: No. 1號, Section 2, Xinsheng S Rd, Da’an District, Taipei City, Taiwan
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

5. Jalan-jalan sambil makan tahu hanya di Shenkeng Old Street

Image credit: Rutger van der Maar | Flickr

Mungkin kamu berpikir apa yang istimewa dari Shenkeng Old Street? Meski hanya jalanan, namun tempat ini kaya dengan nuansa tradisional yang terasa artistik dan berbeda. Jajanan khas dari Shenkeng Old Street yaitu stinky tofu, terbuat dari tahu yang sudah difermentasi dan diolah dengan cara digoreng, direbus atau dipanggang. Siapkan dirimu untuk berbelanja dan berfoto kala melintas di jalan-jalan penuh bangunan tradisional ini. Teguk juga teh Wenshan Baozhong untuk menyegarkan kerongkongan setelah menyantap jajanan khas yang ada. Seru lho!

Lokasi: No. 110, Shenkeng St, Shenkeng District, New Taipei City, Taiwan
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 - 21.00

6. Taipei 101, lihat kerennya kota Taipei dari ketinggian

Image credit: AnthonySantiago101 | Wikimedia Commons

Taipei 101 merupakan gedung tertinggi kedua di dunia, ini alasan pertama untuk mengunjunginya. Alasan kedua, terdapat dek observasi di lantai 89 dan 91 untuk melihat kota Taipei dari titik tertinggi. Di lantai 89, kamu bisa menikmati sky lounge area dan di lantai 91 juga ada area luar ruang. Pemandangannya dijamin mantap sepanjang hari. Saat siang hari kamu bisa menikmati lautan awan dan ketika malam tiba, penampakan bulan dan lampu-lampu kotanya luar biasa. Selain itu, ada pusat perbelanjaan mewah di dalam gedung untuk kamu yang doyan belanja.

Lokasi: No. 45 號, City Hall Rd, Xinyi District, Taipei City, Taiwan
Jam Buka: Senin - Kamis dan Minggu pukul 11.00 - 21.30, Jumat - Sabtu pukul 11.00 - 22.00

7. Cuci mata dan lemaskan kaki di Taipei Botanical Garden

Image credit: Foxy Who \(^∀^)/ | Wikimedia Commons

Kalau kamu biasanya termasuk mager alias malas gerak, hal itu bisa berubah di Taipei Botanical Garden. Taman ini termasuk destinasi wisata Taipei yang populer dan sudah ada sejak tahun 1921. Telah melalui tahap restorasi, saat ini ada sekitar 100 spesies tanaman dan sembilan kolam yang cantik untuk dipandang. Warga lokal biasa melepas lelah di sini dan tentunya tidak dipungut biaya. Selain melihat-lihat, kamu juga bisa menyentuh dan mencium tanaman yang berbau harum. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan tidak memetik tanamannya ya!

Lokasi: No. 53號, Nanhai Rd, Zhongzheng District, Taipei City, Taiwan
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 - 20.00

8. Shifen Waterfall, wisata Taipei bagi penyuka main air

Image credit: Jen | Flickr

Datang ke Shifen Waterfall dan bersiaplah kagum dengan tirai-tirai air terjunnya. Sebaiknya kamu berkunjung saat musim panas agar lebih aman dan tubuh pun terasa segar saat terpercik airnya. Ada yang menjuluki tempat ini sebagai Niagara Falls dari Taiwan karena strukturnya yang terlihat mirip. Kolam air terjun ini juga mendapat nama sebagai Kolam Pelangi karena ketika matahari bersinar, cahayanya dapat membias dan membentuk pelangi di sekitar kolamnya. Tidak boleh lupa bawa kamera untuk membidik pelanginya ya!

Lokasi: 226, 乾坑10號, Pingxi District, Taipei City, Taiwan
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

9. Taipei Zoo, buat kamu yang selalu gemas dengan binatang lucu

Image credit: Laika ac | Wikimedia Commons

Suka melihat aneka satwa atau berwisata bersama si kecil? Taipei Zoo tepat untuk kamu kunjungi. Aneka jenis serangga dan hewan-hewan seperti panda, penguin dan koala yang imut pun ada di sini. Kebun binatang ini terbagi dalam beberapa area seperti Children's Zoo, Insectarium, Formosan Area, Desert Area, Temperate Zone dan masih banyak lagi. Setiap area memiliki koleksi satwa yang berbeda. Disebut juga sebagai Muzha Zoo, kebun binatang yang punya sekitar 400 spesies satwa ini seru dan bagus untuk wisata edukasi.

Lokasi: No. 30號, Section 2, Xinguang Rd, Wenshan District, Taipei City, Taiwan
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 - 17.00

10. Wisata Taipei dengan udara segar di Yangmingshan National Park

Image credit: Hong Ming Nan | Wikimedia Commons

Yangmingshan National Park menawarkan udara yang menyegarkan dan lanskap perbukitan hijau. Kamu bisa menikmati pemandian air panas sambil melihat panorama pegunungan. Dikelilingi oleh Gunung Shamao, Gunung Datun, Gunung Qixing dan Gunung Guanyin, bisa kamu bayangkan seindah apa pemandangannya. Ada jalur-jalur untuk hiking yang dapat dipilih, restoran dan hotel yang sudah menjamur di sekeliling taman nasional. Sebelum memutuskan untuk datang, kamu bisa mengecek dulu rute perjalanan agar tidak tersesat. Karena kawasannya sangat luas, akan lebih baik jika kamu meluangkan waktu untuk menginap di sini.

Lokasi: No 1-20, Zhuzihu Rd., Beitou District, Taipei City, Taiwan
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 - 16.30

Baca Juga: Cuci Mata dengan Keindahan Tempat Wisata di Nantou, Taiwan

Banyak atraksi menarik di Taipei untuk mengisi liburanmu. Berkeliling kota atau wisata alam, mana yang kamu pilih?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru