Negara Paling Aman Untuk Dikunjungi Di 2024, Dua Negara Asia Tenggara Masuk Daftar

Saat merencanakan liburan atau pindah ke negara baru, faktor keamanan dan keselamatan menjadi prioritas utama untuk dipertimbangkan banyak orang. Namun, mendapatkan pengalaman yang bebas stres memerlukan waktu tersendiri. Untungnya ada Global Peace Index, yang memungkinkan semua orang mengetahui negara paling aman di dunia yang bisa kamu kunjungi.

Daftar Global Peace Index (GPI) merupakan daftar yang berisi 163 negara bagian dan wilayah independen berdasarkan tingkat keamanan, yang mencakup 99,7 persen populasi dunia.

Institute for Economics and Peace (IEP) menjadi pihak yang bertanggung jawab merilis daftar ini. IEP menggunakan 23 indikator kualitatif dan kuantitatif dari sumber yang kredibel dan mengukur kondisi suatu negara, dengan menggunakan tiga faktor pengukuran, yaitu tingkat keselamatan dan keamanan masyarakat, tingkat konflik domestik dan internasional yang sedang berlangsung dan tingkat militerisasi.

Tahun ini, IEP memperkenalkan ukuran baru kemampuan militer global yang menggabungkan kecanggihan militer, teknologi, dan kesiapan tempur menjadi satu ukuran tunggal untuk lebih memberikan wawasan tentang tingkat kedamaian dan keamanan setiap negara.

Di antara kualitas yang paling menonjol dari sebuah negara yang aman adalah tingkat kekayaan secara ekonomi, kesejahteraan sosial, dan pendidikan yang tinggi. Selain itu, sistem peradilan pidana yang efektif dan pemerintah yang menjaga hubungan yang sehat dengan warga negaranya merupakan faktor utama lain yang berkontribusi terhadap keamanan.

Selain itu, faktor lain yang berkontribusi terhadap keamanan suatu negara adalah tingkat kejahatan yang rendah, khususnya tingkat kejahatan dengan kekerasan, stabilitas politik, dengan risiko rendah demonstrasi kekerasan dan konflik internasional yang sedang berlangsung, serta penegakan hukum yang efektif dan sistem peradilan yang kuat.

Stabilitas politik juga memegang peranan penting dalam memengaruhi keamanan suatu negara. Lingkungan politik yang stabil biasanya menghasilkan lembaga penegak hukum yang berfungsi lebih baik. Selain itu, ketika suatu negara stabil secara politik, negara tersebut cenderung menarik investasi dan mempertahankan pertumbuhan ekonomi, yang berujung pada penciptaan lapangan kerja dan pengurangan kemiskinan.

Dalam lingkungan politik yang stabil, cenderung juga ada kohesi sosial dan kepercayaan yang lebih besar terhadap lembaga pemerintah. Kepercayaan ini mendorong kerja sama masyarakat dengan penegak hukum dan langkah-langkah keamanan lainnya, yang meningkatkan keamanan secara keseluruhan.

Lalu, negara mana saja yang masuk dalam daftar negara paling aman untuk dikunjungi di 2024? Menurut IEP melalui Global Peace Index, di bawah ini adalah 15 negara paling aman untuk dikunjungi di 2024. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk tinggal di negara-negara ini, lho!

1. Islandia

Islandia tetap menjadi negara paling damai dan aman di dunia, posisi yang telah dipegang sejak 2008. Namun, skornya sedikit menurun dibanding tahun lalu karena peningkatan jumlah demonstrasi yang disertai kekerasan. Meskipun demikian, Islandia memiliki skor konflik dan militerisasi terendah secara global. Selain itu, Islandia menempati peringkat pertama pada subindeks domain keselamatan dan keamanan sosial, menjadikannya salah satu negara teraman untuk ditinggali dan bekerja.

2. Irlandia

Irlandia, tujuan wisata yang populer, muncul tahun ini sebagai negara paling damai kedua di dunia. Negara ini menempati peringkat ke-7 pada subindeks konflik domestik dan internasional yang sedang berlangsung dan ke-13 pada subindeks domain keselamatan dan keamanan sosial. Konflik internal sangat jarang terjadi di Irlandia. Selain itu, negara ini memiliki stabilitas politik yang sangat tinggi, hubungan yang damai dengan negara-negara tetangga, dan tingkat kejahatan yang rendah.

3. Austria

Austria adalah negara Eropa lain yang muncul sebagai salah satu negara teraman di dunia dengan tingkat konflik domestik dan internasional yang sangat rendah, selain keamanan dan keselamatan masyarakat yang sangat stabil, menjadikannya salah satu tempat terbaik untuk tinggal dan bekerja.

4. Selandia Baru

Selandia Baru adalah negara paling damai di kawasan Asia-Pasifik dan menempati peringkat ke-4 secara global. Kawasan ini menjadi kawasan paling damai kedua di dunia, posisi yang telah dipegang sejak 2017. Meskipun berada di peringkat ke-4, skor Selandia Baru sedikit menurun dalam setahun terakhir karena peningkatan indikator impor dan ekspor senjata serta peningkatan pengeluaran militer. Namun, negara ini masih berada di peringkat atas dalam hal keamanan dan keselamatan masyarakat.

5. Singapura

Berada di peringkat ke-5 dalam indeks perdamaian global, Singapura menempati posisi pertama secara global dalam kategori keamanan dan keselamatan, tepat di atas Islandia. Selain itu, negara ini menempati peringkat sebagai negara teraman kedua di kawasan Asia-Pasifik setelah Selandia Baru. Peraturan ketat dan penegakan hukum yang efektif di negara ini berkontribusi pada reputasinya dalam hal keselamatan dan keamanan.

6. Swiss

Di Eropa, Swiss menempati peringkat ke-4 sebagai negara teraman dan ke-6 teraman di dunia. Seperti banyak negara lain dalam daftar ini, Swiss memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah. Alasan mengapa negara ini menonjol adalah karena negara ini berfokus pada rehabilitasi daripada hukuman bagi pelanggar dalam sistem peradilannya.

7. Portugal

Pada tahun 2024, Portugal menempati peringkat ke-7 sebagai negara teraman dan paling damai di dunia dan ke-5 teraman di Eropa. Portugal memiliki tingkat kejahatan yang rendah, sistem politik yang relatif stabil, dan tingkat kohesi sosial yang tinggi. Negara ini menempati peringkat sebagai salah satu negara dengan militer paling sedikit di dunia, tepat di bawah Islandia.

8. Denmark

Di peringkat ke-8 secara global adalah Denmark, negara yang terkenal dengan standar hidup yang tinggi, lembaga yang berfungsi dengan baik, dan sistem politik yang stabil. Reputasi negara ini dalam hal keselamatan dan keamanan disebabkan oleh lembaga yang dikelola dengan baik, tingkat kejahatan yang rendah, dan penegakan hukum yang efektif. Khususnya, negara ini juga termasuk dalam tiga negara paling bahagia di dunia. Denmark juga menempati peringkat ke-6 sebagai negara paling damai di Eropa dengan salah satu tingkat keamanan dan keselamatan masyarakat tertinggi di dunia.

9. Slovenia

Tepat setelah Denmark, ada Slovenia, negara Eropa lainnya dengan tingkat kejahatan yang sangat rendah dan stabilitas politik yang tinggi, menjadikannya tujuan wisata yang populer bagi pecinta alam dan arsitektur abad pertengahan.

10. Malaysia

Malaysia termasuk dalam negara teraman di dunia karena tingkat konfliknya yang sangat rendah. Khususnya, Malaysia adalah negara teraman ke-3 di kawasan Asia-Pasifik setelah Selandia Baru dan Singapura.

11. Kanada

Selain menempati peringkat ke-15 negara teraman di dunia, Kanada juga menempati peringkat pertama di Amerika Utara. Meskipun kawasan ini mencatat kemerosotan rata-rata terbesar dari semua kawasan, kawasan ini tetap menjadi kawasan paling damai ketiga di dunia, setelah Eropa dan Asia-Pasifik. Kedamaian secara keseluruhan memburuk di Kanada untuk pertama kalinya sejak 2020.

12. Republik Ceko

Negara Eropa lainnya yang masuk dalam peringkat 15 negara teraman di dunia adalah Republik Ceko. Negara ini berada di peringkat ke-12 secara global dan ke-8 di Eropa pada Indeks Perdamaian Global, menjadikannya salah satu negara teraman di dunia dengan tingkat kejahatan yang rendah dan konflik domestik dan internasional yang sangat rendah.

13. Finlandia

Finlandia juga merupakan salah satu negara teraman di Eropa dengan peringkat ke-9 di kawasan ini dan ke-13 di dunia. Negara ini terkenal dengan tingkat kejahatan yang rendah dan lingkungan yang aman, menjadikannya tujuan yang menarik bagi wisatawan. Negara ini berada di peringkat ke-5 dalam keselamatan dan keamanan masyarakat secara global.

14. Hongaria

Negara Eropa lainnya yang masuk dalam peringkat 15 negara teraman di dunia adalah Hongaria. Negara Eropa Tengah ini berada di peringkat ke-14 secara global dan ke-10 di Eropa pada Global Peace Index. Hongaria memiliki salah satu tingkat militerisasi terendah dan skor keselamatan dan keamanan sosial tertinggi secara global, menjadikannya salah satu negara teraman di dunia untuk ditinggali dan dikunjungi.

15. Kroasia

Terakhir adalah Kroasia, yang menduduki peringkat ke-15 sebagai negara teraman di dunia dan ke-11 di Eropa. Kroasia aman karena konflik domestik dan internasional yang sangat jarang terjadi. Selain itu, negara ini memiliki peringkat yang sangat tinggi pada subindeks keselamatan dan keamanan sosial. Tingkat kejahatan yang rendah dan lingkungan yang aman di negara ini menjadikannya tujuan yang menarik bagi wisatawan dari seluruh dunia.

Baca juga: Negara Teraman Untuk Dikunjungi

Tertarik berkunjung ke salah satu negara paling aman di dunia versi Global peace Index 2024 ini?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru