Visa Australia Haram Untuk Pelaku Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Ingin jalan-jalan ke Australia? Hal itu memungkinkan terwujud jika kamu tidak memiliki catatan buruk di pengadilan. Namun jika kamu memiliki catatan kriminal, utamanya sebagai pelaku kekerasan dalam rumah tangga, jangan harap bisa mendapatkan visa Australia.

Dalam undang-undang terbaru yang diterbitkan pemerintah Australia, calon pemohon visa yang terbukti secara hukum menjadi pelaku kekerasan dalam rumah tangga, tidak akan diizinkan untuk masuk ke Australia. Peraturan ini telah ditandatangani Menteri Imigrasi David Coleman dan berlaku sejak 28 Februari silam.

“Jika kamu pernah divonis atas tindak kekerasan terhadap wanita atau anak-anak, kamu tidak akan diterima. Dimanapun terjadinya aksi kekerasan tersebut, apapun sanksi yang dijatuhkan, Australia tidak memberikan toleransi untuk pelaku kekerasan dalam rumah tangga,” ujar Coleman seperti dikutip SBS.

Aturan ini memperpanjang daftar aturan terkait tindak kejahatan yang bisa menghambat siapapun untuk mendapatkan visa negeri Kanguru ini. Sebelumnya, pemerintah Australia bisa menolak memberikan visa apabila pemohon gagal dalam ujian karakter atau pernah dipenjara setidaknya hingga 12 bulan.

Warga negara Indonesia membutuhkan visa untuk bisa masuk ke Australia. Untuk kepentingan wisata, Visitor Visa (Subclass 600) Tourist Stream adalah tipe visa yang paling cocok. Visa ini berlaku selama 12 bulan, dan membolehkan kamu mengunjungi Australia seberapa banyakpun yang kamu mau, asalkan masing-masing kunjunganmu tidak melebihi 3 bulan. Harga visa ini 135 AUD (~1.4 juta IDR).

Untuk bisa mendapatkan visa ini, selain tidak memiliki catatan kriminal, ada sejumlah tips yang bisa kamu ikuti, yaitu:

  • Miliki asuransi kesehatan
  • Miliki bukti keuangan yang cukup meyakinkan. Kalau misalnya kamu berencana mengeluarkan 100 AUD (1 juta IDR) setiap harinya dan kamu akan mengunjungi Australia selama 10 hari, pastikan kamu memiliki 1,000 AUD dalam tabunganmu. Prinsipnya, semakin jelas bukti kalau kamu tidak akan kehabisan uang di sana, semakin tinggi kemungkinan permohonan visamu diterima.
  • Miliki rencana perjalanan yang cukup jelas. Tidak perlu terlalu detail, tetapi kalau kamu memiliki bukti seperti tiket pesawat atau bukti pembookingan hotel, lebih baik kamu lampirkan dengan dokumen-dokumen lainnya.

Baca juga: Panduan Mengajukan Visa Australia Untuk WNI

Nah, yang ingin jalan-jalan ke Australia, atau ke penjuru dunia sekalipun, perlakukan semua orang dengan hormat dan sikap terbaik kamu, ya! Setuju?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru