Menyusuri Sejuknya Surabaya Lewat Berbagai Objek Wisata Alam Ini

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Surabaya memiliki destinasi wisata yang lengkap. Bukan hanya tanpa bermain yang menarik dan mengesankan, Surabaya juga memiliki spot wisata alam yang tidak bisa dipandang sebelah mata, lho!

Jika datang ke Kota Pahlawan, kamu harus meluangkan waktu untuk menikmati suasana pantai hingga hutan yang nyaman. Selain menyegarkan, pemandangan yang tersaji pun cantik dan instagrammable. Mau tahu seperti apa tempat destinasi wisat alam di Surabaya? Lihat lokasi-lokasi rekomendasi TripZilla Indonesia di bawah ini!

1. Bersukaria menjelajahi Pantai Kenjeran

Image credit: @hani22__

Pantai Kenjeran terbagi menjadi dua yaitu Pantai Kenjeran Lama atau yang lazim disebut Pantai Ria Kenjeran, dan Pantai Kenjeran Baru. Jika ingin melihat kecantikan alami pantai sambil menikmati hidangan laut yang segar maka berkunjunglah ke Pantai Ria Kenjeran. Selain bisa menyapukan pandang dari Jembatan Suroboyo, kamu pun dapat melihat air mancur menari.

Image credit: @osynrz

Pantai Kenjeran Baru tidak kalah menarik, dengan kawasan Kenjeran Park yang ada di dalamnya. Di sini kamu bisa puas menjelajahi berbagai lanskap yang menarik dan ikonik seperti Pagoda Tian Ti dan Patung Buddha 4 Wajah. Dari kejauhan, terlihat Jembatan Suramadu yang megah.  Pokoknya lengkap, deh!

Lokasi: Jl. Sukolilo No. 100, Sukolilo Baru, Kec. Bulak, Surabaya
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

2. Berperahu di tengah keteduhan bakau di Ekowisata Mangrove Wonorejo

Image credit: @rachoriz

Kawasan hutan bakau selalu menjanjikan suasana adem dan teduh. Hal ini pula yang akan kamu jumpai di Ekowisata Mangrove Wonorejo. Lupakan sejenak hiruk pikuk kota Surabaya yang seolah tenggelam dalam rimbunnya pepohonan di dalam kawasan ini.

wisata alam surabaya
Image credit: @rachoriz

Ekowisata Mangrove Wonorejo ini pun dapat menjadi destinasi liburan yang pas bersama si kecil. Selain mudah diakses dari pusat kota, sudah banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan di destinasi wisata alam di Surabaya ini. Kamu dapat menyewa perahu untuk mendapatkan pengalaman berbeda menjelajah hutan bakau atau mencoba keberuntungan di kolam pancing. Seru, lho!

Lokasi: Jl. Wonorejo Timur No. 1, Wonorejo, Kec. Rungkut, Surabaya
Harga Tiket: Gratis

3. Selfie seru sambil menghirup udara segar di Taman Wisata Hutan Mangrove Gunung Anyar

Image credit: @gavinahsa

Destinasi wisata ini gratis dan tidak akan mengecewakan, karena kamu bisa menikmati udara segar sekaligus menyejukkan mata. Berjalan kaki melintasi jembatan dan naik ke gardu pandang juga akan membuat tubuhmu terasa rileks. Bila ingin melakukan kegiatan sosial, kamu pun bisa turut menanam bibit bakau di sini.

wisata alam surabaya
Image credit: @lllalapow

Tidak hanya dari sisi edukasi, taman wisata ini juga asyik untuk dikunjungi karena ada spot-spot selfie unik di dalamnya. Sebut saja Dermaga Bambu atau menara pandang yang akan membuatmu merasa sedikit berdebar saat melihat panorama hutan mangrove dari ketinggian.

Lokasi: Jl. Medokan Sawah Timur, Medokan Ayu, Kec. Rungkut, Surabaya
Harga Tiket: Gratis

4. Gapura bambu yang tidak terlupakan di Hutan Bambu Keputih

wisata alam surabaya
Image credit: @linovita__

Apa menariknya melihat pohon bambu? Buktikan saja dengan mengunjungi Hutan Bambu Keputih! Kamu bisa berjalan diapit rimbunnya pohon bambu di kiri dan kananmu. Terasa sejuk dan mengesankan. Selain itu, kawasan ini dibagi menjadi tiga area yaitu Hutan Bambu, Taman Harmoni dan Taman Ruang Publik. Jika kamu sudah puas mengabadikan diri di Hutan Bambu, kamu bisa beranjak ke Taman Harmoni yang mempunyai area bermain anak dan pas untuk beristirahat melepas lelah.

Lokasi: Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Kec. Sukolilo, Surabaya
Harga Tiket: Gratis

5. Rekreasi sambil memacu adrenalin di Taman Flora Bratang

wisata alam surabaya
Image credit: @valensiaamelia

Taman Flora Bratang ini adalah tempat wisata yang serba ada. Pepohonan yang rindang dan taman bermain dapat kamu manfaatkan untuk bersantai sambil mengenang masa kecil. Tidak hanya mainan seperti jungkat-jungkit, di taman ini juga ada permainan outbound jika kamu ingin sedikit memacu adrenalinmu.

Image credit: @surabayasparkling

Menariknya lagi, di Taman Flora Bratang juga terdapat beberapa hewan seperti rusa, ikan dan burung yang bisa dilihat pengunjung. Hati-hati jangan memberikan makan sembarangan kepada hewan-hewan ini ya! Bahkan ada perpustakaan mini bagi kamu yang ingin melewatkan waktu senggang dengan membaca sambil menikmati semilir angin di sini.

Lokasi: Jl. Bratang Binangun, Baratajaya, Kec. Gubeng, Surabaya
Harga Tiket: Gratis

6. Melihat ratusan satwa yang menarik di Kebun Binatang Surabaya

Image credit:  PDTS Kebun Binatang Surabaya

Bagi kamu para penggemar hewan, wajib untuk mampir ke Kebun Binatang Surabaya. Kebun binatang ini mempunyai sekitar 981 spesies hewan dengan ribuan jenis binatang yang dipelihara di dalamnya. Kamu dapat mengakrabkan diri dengan mengabadikan hewan-hewan dalam jarak yang aman. Aktivitas lain yang menyenangkan adalah memberi makan hewan dengan pakan yang disediakan. Siapa yang tidak gemas melihat polah satwa seperti ini?

Lokasi: Jl. Setail No. 1, Darmo, Kec. Wonokromo, Surabaya
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

7. Kawasan penghijauan Kebun Bibit Wonorejo yang menjadi pengobat stres

wisata alam surabaya
Image credit:  @mercy_oei

Ingin melihat yang hijau-hijau lagi di Surabaya? Kebun Bibit Wonorejo dapat menjadi salah satu solusinya. Awalnya lokasi ini merupakan tempat pembibitan namun saat ini dikembangkan menjadi objek wisata alam di Surabaya. Tidak salah memang, karena lokasinya yang sejuk dan indah dipandang menjadikan Kebun Bibit Wonorejo digemari oleh wisatawan.

Tempat ini juga cocok bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu dengan bersepeda karena terdapat jalur yang sudah tertata untuk dilintasi. Beristirahatlah di jembatan yang instagrammable ini atau kamu bisa melanjutkan perjalananmu untuk melihat mini zoo. Di mini zoo ini terdapat rusa dan beragam unggas yang bisa kamu beri makan dengan pakan hewan yang sudah disediakan.

Lokasi: Jl. Raya Wonorejo, Wonorejo, Kec. Rungkut, Surabaya
Harga Tiket: Gratis

8. Rindangnya Hutan Kota Pakal yang menenangkan hati

wisata alam surabaya
Image credit : @yoyobani

Salah satu hutan kota yang bisa kamu sambangi di Surabaya adalah Hutan Kota Pakal. Jika datang pada musim penghujan, bisa kamu bayangkan betapa syahdunya suasana di dalam hutan ini! Namun tentu saja di setiap musim, Hutan Kota Pakal dapat menjadi tempat yang pas untuk berekreasi singkat bersama teman atau keluargamu.

Image credit: @yuyungabdi

Kamu bisa mengabadikan diri di bawah atap bambu yang unik atau menikmati suasana dari atas jembatan.  Bisa juga berpiknik dengan membawa perlengkapan dan bekal sendiri, dijamin kamu akan mendapatkan suasana lain dari yang lain!

Lokasi: Pakal, Kec. Pakal, Surabaya
Harga Tiket: Gratis

Baca juga: Dua Jam Dari Surabaya, Tempat Makan Di Pasuruan Dengan View Keren Ini Harus Dikunjungi!

Terbukti kalau Surabaya juga punya lokasi wisata alam yang indah dan menyenangkan untuk dikunjungi, kan!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru