10 Tempat Wisata Yang Konon Katanya Bisa Bikin Dekat Dengan Jodoh

Ragam budaya Indonesia tidak hanya terlihat dari berbagai macam adat istiadat dan keberadaan suku tradisional, tapi juga dari cerita dan legenda yang tersimpan di balik indahnya alam Indonesia. Salah satu legenda yang paling menarik untuk diketahui adalah berbagai tempat wisata yang konon katanya dipercaya mampu mendekatkanmu pada jodoh. Buat kamu para jomblo, 10 tempat wisata di bawah ini sepertinya tidak boleh kamu lewatkan! Mau tau apa saja? Yuk baca cerita lengkapnya.

1.  Air Terjun Sekar Langit, Magelang

wisata-enteng-jodoh
Image credit: @abiaquarius

Pernah mendengar legenda Jaka Tarub dan Tujuh Bidadari? Nah, Air Terjun Sekar Langit ini dipercaya sebagai tempat dimana Jaka Tarub mengintip para bidadari yang turun dari khayangan untuk mandi.

Air terjun yang berasal dari puncak Gunung Telomoyo ini dipercaya bisa menambah kecantikan wanita yang mandi di dalamnya. Sedangkan buat para jomblowan, kamu bisa melakukan ritual meditasi pada malam Jumat Kliwon atau malam Selasa Kliwon yang dipercaya bisa membuatmu enteng jodoh. Berani mencobanya?

Klik di sini untuk koordinat lokasi

2. Mendit, Malang

Image credit: @estisunarharum (kiri), @dewintaocky (kanan)

Tempat wisata yang terkenal di kalangan para jomblo ini lebih dikenal sebagai Pemandian Wendit. Konon katanya, mandi di sini bisa membuatmu enteng jodoh! Sumber airnya berasal dari mata air Sendang Widodaren yang sangat jernih dan segar.

Selain berendam dan berenang, kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas permainan air seperti perahu dayung. Cobalah datang ke sini, siapa tahu jodohmu ada di antara salah satu pengunjung Pemandian Wendit.

Klik di sini untuk koordinat lokasi

3.  Mata Air Gunung Putri, Bandung

Image credit: @smooth.advesia (kiri), @dwinandanm (kanan)

Lokasinya memang cukup jauh dari Bandung, sekitar 35 kilometer, tapi pemandangan alam di area Gunung Putri ini sungguh memikat. Dijamin tidak rugi deh datang jauh-jauh ke sini. Tebing-tebing menjulang dan hamparan sawah jadi daya tarik yang sayang jika dilewatkan. Namun jangan lupakan daya tarik utamanya yaitu mitos meminum air dari mata air di Gunung Putri yang katanya bisa bikin kamu segera bertemu dengan jodohmu lho!

Klik di sini untuk koordinat lokasi

4.  Air terjun Kolam Jodoh, Lewa, Sumba Timur

Image credit: @fransischo_cr7

Rute menuju air terjun di Sumba Timur ini cukup jauh dan tidak mudah. Meski begitu, pemandangan di sekitar air terjun yang indah menjadi harga sepadan yang terbayar lunas ketika sampai di sini. Kolam air terjunnya yang berwarna hijau tosca dijamin akan menyegarkan fisik dan pikiranmu. Bonusnya, menurut kabar dari masyarakat sekitar, mandi di sini bisa bikin kamu cepat bertemu dengan jodoh lho!

Klik di sini untuk koordinat lokasi

5.  Air Terjun Waai, Ambon

Image credit: @candrabroow (kiri), @pandatourstravel (kanan)

Pernahkah kamu melihat belut raksasa? Kalau belum, cobalah datang ke Desa Waai, Kecamatan Salahutu di Ambon dan kamu akan menjumpai belut raksasa yang dinamakan Morea. Belut ini hidup di sekitar goa dan lubang di area kolam mata air Waai.

Tapi apa hubungannya belut dengan enteng jodoh? Konon katanya, memegang belut ini bisa bikin kamu enteng jodoh! Hanya saja, waktu keluarnya belut-belut raksasa ini tidak tentu. Jika tidak sabar, kamu bisa memanggil pawang khusus dan meminta bantuan agar Morea bisa keluar dari tempat tinggalnya. Buat para jomblo yang sedang pergi ke Ambon, jangan lupa mampir ke sini ya! Siapa tau bisa beneran dapat jodoh setelah memegang Morea.

Klik di sini untuk koordinat lokasi

6.  Umbul Jumprit, Temanggung Jawa Tengah

Image credit: @imunk_surjanpetualang (kiri), @eira_arie4321 (kanan)

Umbul Jumprit merupakan mata air yang tidak pernah kering lho! Mata air ini juga punya peran penting dalam perayaan Trisuci Waisak oleh umat Buddha. Pada malam Selasa dan Jumat Kliwon, para peziarah biasanya mandi dan berendam di kolam mata air ini. Selain bisa bikin enteng jodoh, kabarnya mandi di sini bisa bikin awet muda lho! Hmm.. menarik bukan? Pada pagi hari, kamu juga bisa menikmati indahnya pemandangan matahari terbit dari balik pegunungan yang mengesankan!

Klik di sini untuk koordinat lokasi

7.  Taman Sare Madura

Image credit: @bogasphotography (kiri), @linenxiong (kanan atas), @thoyibas (kanan bawah)

Sare dalam Bahasa Madura artinya indah, jadi Taman Sare adalah taman yang indah. Taman ini memang sungguh indah karena merupakan tempat bercengkramanya raja dengan permaisuri dan selir-selirnya di jaman Kraton Sumenep.

Di bagian dalam, terdapat tiga kolam yang memiliki tiga anak tangga pada tiap sisinya. Jika ingin awet muda sekaligus enteng jodoh, kamu bisa membasuh muka pada air di anak tangga pertama. Penasaran untuk mencoba? Yuk datang ke sini!

Klik di sini untuk koordinat lokasi

8.  Pantai Mata Air Seratus, Wakatobi

Image credit: @mohammedyogi

Pantai yang lebih populer dengan nama Moli Sahatu ini memang sangat unik. Pantainya yang berair asin ternyata memiliki ratusan sumber air tawar yang muncul dari sela-sela batuan dan pasirnya. Menarik sekali bukan?

Air yang keluar dari sumber air tawar inilah yang dipercaya bisa membuat kamu bertemu dengan jodohmu. Kamu tinggal mengusapkan air ke wajah maka jodoh akan segera datang. Yuk coba datang dan buktikan sendiri di sini!

Klik di sini untuk koordinat lokasi

9.  Pohon Jodoh Bogor

Image credit: @clara.butarbutar

Jika para jomblo sedang ada di Bogor, maka cobalah datang berkunjung ke Kebun Raya Bogor dan temukan dua pohon besar di dekat jembatan gantung. Kedua pohon ini katanya merupakan sepasang kekasih jadi tidak heran bila akhirnya kedua pohon ini dinamakan pohon jodoh atau pohon cinta.

Terdapat sebuah mitos yang mengatakan bahwa siapa saja yang berkenalan dengan lawan jenis di bawah pohon ini maka hubungannya bisa langgeng hingga pernikahan lho! Ayo segera saja agendakan liburanmu ke Kebun Raya Bogor, siapa tau ada yang mau mengajak kamu kenalan di bawah pohon jodoh?

Klik di sini untuk koordinat lokasi

10.  Jembatan Akar Painan, Sumatera Barat

Image credit: @keindahan_minangkabau (kiri), @wendra.ch (kanan)

Sesuai dengan namanya, jembatan akar ini memang terbuat dari akar dua pohon kubang besar yang disambungkan. Meski sudah berumur ratusan tahun, jembatan ini tetap kokoh berdiri.  Jembatan akar Painan ini tidak hanya sangat instagramworthy tapi juga konon katanya bisa membantu para pengunjung yang sedang jomblo untuk mendapatkan jodoh. Caranya adalah dengan mandi di Sungai Bayang yang mengalir tepat di bawah jembatan. Air Sungai Bayang sendiri sangat jernih dan menyegarkan, dijamin tidak rugi deh buat mencobanya.

Klik di sini untuk koordinat lokasi

Baca juga: 10 Tempat Romantis Di Indonesia Untuk Menikmati Bulan Madu

Daripada weekend bengong sendirian di rumah, yuk, langsung datangi tempat wisata di atas saja. Siapa tahu selepas dari sana kamu bisa segera melepas status jomblomu!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru